Info COVID-19: PSBB di Sumatera Barat, Tokopedia Tetap Menjalani Aktivitas Seperti Biasa

Hai Seller, 

Dalam upaya menanggulangi penyebaran virus COVID-19, Gubernur Provinsi Sumatera Barat menerbitkan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 20 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat. Kebijakan tersebut berlaku mulai 22 April 2020 hingga 5 Mei 2020.

Seller Tokopedia tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa berjualan online seperti biasa dan bantu #JagaEkonomiIndonesia dari rumah. Tokopedia akan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa selama kebijakan ini berlangsung. 

Berikut beberapa isi dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Sumatera Barat

  1. Pada saat PSBB dilaksanakan, maka seluruh masyarakat Sumatera Barat wajib mencuci tangan tangan dengan menggunakan sabun atau pembersih tangan berbasis alkohol (sanitizer) dan menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) serta menggunakan masker di luar rumah sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 20 tahun 2020.
  2. Untuk sekolah, fasilitas umum, taman, balai pertemuan, tempat ibadah,  tempat hiburan milik swasta dan tempat hiburan milik pemerintah akan tetap tutup untuk sementara waktu.
  3. Sesuai dengan Pasal 8 Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 20 tahun 2020 maka seluruh aktivitas kerja dan kegiatan perkantoran akan dihentikan kecuali pada beberapa sektor yang tidak dilarang, antara lain:
    • Kesehatan (termasuk industri yang memproduksi alat kesehatan, distributor alat kesehatan atau UMKM yang menjual alat kesehatan);
    • Bahan pangan, makanan dan minuman;
    • Energi;
    • Komunikasi dan teknologi informasi;
    • Keuangan;
    • Logistik dan distribusi barang;
    • Perhotelan;
    • Konstruksi;
    • Industri strategis;
    • Pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu; dan
    • Kebutuhan keseharian dan penjual ritel (warung, toko kelontong, UMKM dan toko di pusat perbelanjaan).

Seller Tokopedia merupakan kategori usaha pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sehingga tetap bisa beroperasi seperti biasa.

  1. Untuk sektor yang dikecualikan maka sesuai Pasal 12 ayat (3) Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 20 tahun 2020 maka pemilik usaha wajib mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    • Mengutamakan pemesanan barang yang dijual secara daring (online) dengan fasilitas layanan antar;
    • Turut menjaga stabilitas ekonomi dan kemampuan daya beli konsumen dengan tidak menaikkan harga barang;
    • Melakukan desinfeksi secara berkala pada tempat usaha;
    • Melakukan deteksi dan pemantauan suhu tubuh karyawan dan memastikan karyawan yang bekerja tidak dalam keadaan sakit atau demam ringan;
    • Menerapkan pembatasan jarak antar sesama pekerja (physical distancing) paling sedikit dalam rentang 1 (satu) meter;
    • Mewajibkan setiap karyawan untuk menggunakan pakaian kerja sesuai dengan pedoman kesehatan dan keselamatan kerja salah satunya dengan menggunakan masker kain dan sarung tangan; dan
    • Melaksanakan anjuran cuci tangan dengan sabun dan/atau hand sanitizer termasuk menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses oleh karyawan.
  1. Selama pemberlakuan PSBB, semua kegiatan pergerakan orang di Sumatera Barat akan dibatasi kecuali untuk membeli kebutuhan pokok atau untuk menjalankan kegiatan di sektor yang dikecualikan dari pembatasan tersebut
  2. Pengiriman barang atau logistik tetap berjalan normal seperti biasa baik untuk barang yang dikirimkan menggunakan jasa perusahaan logistik (Tiki/JNE/Sicepat/Anteraja/Wahana/PosIndonesia) maupun menggunakan jasa ojek daring (GOJEK/GRAB).

Temukan selengkapnya Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sini.

Hingga  saat ini, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah diterapkan juga untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Makassar, Banten, dan Tegal. 

Baca juga: Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Makassar

Pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Apakah ada perubahan terkait layanan pengiriman dari partner logistik Tokopedia? 

Hingga hari ini, tidak ada perubahan terkait layanan pengiriman dari partner logistik Tokopedia. Seluruh partner logistik Tokopedia bisa kamu gunakan untuk pengiriman pesanan. Namun, akan ada potensi terjadi keterlambatan pengiriman. Pelajari skenario pengiriman paket selama masa pandemi COVID-19 di sini.

2. Apakah saya masih bisa mengirim barang ke luar Sumatera Barat?

Pada Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 20 Tahun 2020 tidak ada pembatasan pengiriman barang. Seller masih bisa mengirim barang ke luar wilayah Sumatera Barat seperti biasa. Pelajari skenario pengiriman paket selama masa pandemi COVID-19 di sini.

3. Apakah ada perpanjangan waktu untuk pemenuhan pesanan selama masa pandemi COVID-19? 

  • Konvensional (Reguler, Next Day, Kargo, dan Ekonomi) dari 48 jam menjadi 72 jam sejak pesanan masuk.
  • Same Day dan Instant kurir (Grab, GOJEK, dan AnterAja) dari 24 jam menjadi 48 jam sejak pesanan masuk.

Pelajari selengkapnya di sini.

4. Sampai kapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini berlaku?

  • Kebijakan PSBB  untuk wilayah DKI Jakarta berlaku mulai 10 April 2020 hingga 22 Mei 2020. 
  • Kebijakan PSBB untuk wilayah Jawa Barat (Bogor, Depok, Bekasi) berlaku mulai 15 April 2020 hingga 28 April 2020. 
  • Kebijakan PSBB untuk wilayah Bandung Raya berlaku mulai 22 April 2020 hingga 5 Mei 2020. 
  • KebijakanPSBB untuk wilayah Banten (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) berlaku mulai 18 April 2020 hingga 3 Mei 2020. 
  • Kebijakan PSBB untuk wilayah Sumatera Barat berlaku mulai 22 April 2020 hingga 5 Mei 2020. 
  • Kebijakan PSBB untuk wilayah Makassar berlaku mulai 24 April 2020 hingga 7 Mei 2020. 
  • Kebijakan PSBB untuk wilayah Tegal berlaku mulai 23 April 2020 hingga 7 Mei 2020. 

Tokopedia akan memberikan informasi lebih lanjut jika ada perkembangan selanjutnya.


Apabila Seller memiliki pegawai yang harus melakukan perjalanan ke tempat usaha atau mengirim paket ke pembeli setiap harinya, pegawai tersebut dapat didampingi dengan surat pernyataan dari pemilik toko.

Catatan:

Seller dengan ini memahami dan setuju bahwa template surat pernyataan yang diberikan oleh Tokopedia hanya merupakan rujukan untuk membantu Seller dalam membuat surat pernyataan berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 20 Tahun 2020 tentang PSBB. Template surat pernyataan tersebut tidak bersifat mengikat dan Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kelengkapan, kebenaran dan keabsahan dari surat pernyataan masing-masing toko.

Unduh surat pernyataan di sini:

Unduh Surat Pernyataan

 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller