Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi, media sosial kini memiliki peran penting dalam hampir setiap aspek kehidupan. Media sosial adalah salah satu alat bantu paling efektif yang dapat mendukung promosi usaha Anda. Apa yang dapat dilakukan pemilik usaha offline maupun online terkait tren ini? Mereka menggunakannya sebagai alat pemasaran. Banyak pemilik usaha memanfaatkan media sosial gratis seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mempromosikan produk dan mendapatkan pembeli. Awalnya, mereka mengumpulkan pengikut (follower) di berbagai media sosial. Kemudian, secara konsisten mereke memuat produk-produk yang dijual sehingga dapat dillihat oleh para followers di media sosial.

Jika saat ini Anda memutuskan untuk menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran, Anda perlu mengetahui lebih lanjut tentang cara mengembangkan ide-ide menarik untuk mendapat lebih banyak followers baru, juga cara menciptakan konten yang dapat ‘memancing’ mereka untuk membeli produk Anda. Simak tips dan trik berikut ini!

Cara Promosi Toko dengan Media Sosial

Facebook

Tak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, Anda yang memiliki usaha atau bisnis dapat menggunakan Facebook sebagai sarana promosi efektif. Anda bisa memulainya dengan konten-konten berikut ini:

  1. Promosikan produk dan toko Anda
  2. Ceritakan visi-misi dari toko Anda
  3. Bagikan konten-konten menarik yang masih relevan dengan toko Anda (resep, panduan, maupun tips dan trik berjualan)

Instagram

Instagram sangat ideal untuk berbagi foto gaya hidup dan foto behind the scenes. Anda dapat mencantumkan foto, caption, dan memberi tag pada foto tersebut. Instagram Stories juga kini dapat digunakan sebagai cara efektif untuk membuat followers berpartisipasi aktif (melalui poll, pertanyaan, dll) serta mengarahkan mereka ke website toko Anda (bila ada). Instagram memiliki fitur Analytics yang bisa Anda manfaatkan untuk menganalisa minat dan tren yang sedang berkembang di kalangan target pasar. Pengetahuan tentang minat dan tren ini kemudian bisa Anda olah untuk membuat promosi atau menciptakan kreasi produk selanjutnya.

Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki ciri-ciri khusus karena hanya bisa menulis sebanyak 280 karakter. Namun, keterbatasan ini justru memungkinkan Twitter untuk memuat percakapan instan dan efektif. Anda sebagai Merchant dapat memanfaatkan Twitter untuk berinteraksi langsung dengan pembeli. Twitter kini juga punya fitur polling (untuk mencari tahu minat pasar) dan Highlights/Moments (untuk memuat produk-produk yang ingin Anda tonjolkan –misalnya, produk sale atau produk terlaris bulan ini). Salah satu fitur Twitter lain yang paling berguna untuk membuat koneksi dan mempromosikan toko adalah hashtag, yakni kata atau frase yang ditandai dengan simbol #, seperti #handmade atau #SellerTokopedia.

Jadi, media sosial apa yang Anda gunakan untuk memasarkan produk di toko, Merchant? Yuk bagi suka-duka penggunaan ketiga media sosial di atas pada kolom komentar di bawah!

 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller