Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Pembeli Banyak Mampir dengan Pakai Bebas Ongkir

Aktifkan Bebas Ongkir, banyak promo yang bisa tarik banyak pembeli ke tokomu

Diperbarui 26 Sep Baca 2 menit

Hai, Seller! Sebagai salah satu promosi yang paling disukai oleh pembeli, Bebas Ongkir terus mengembangkan layanannya melalui berbagai promo yang bisa membantu Seller menarik lebih banyak pembeli, di antaranya yaitu Bebas Ongkir layanan Same Day, Bebas Ongkir 20 Ribu, dan Bebas Ongkir khusus untuk pembeli di daerah tertentu.

Secara umum, berikut adalah masing-masing perbedaan promo Bebas Ongkir:

article

Biaya layanan yang dikenakan kepada Seller tetap sama, yaitu 1.5% untuk Power Merchant PRO, 2.25% untuk Power Merchant, dan 3% untuk Reguler Merchant terhitung dari kuantitas produk terjual. Untuk simulasi perhitungan biaya layanan bebas ongkir bisa dibaca di sini.

Perlu dipahami bahwa biaya layanan ini berlaku untuk seluruh jenis program Bebas Ongkir dan Seller yang sudah mengaktifkan layanan Bebas Ongkir, secara otomatis akan ikut serta dalam seluruh program Bebas Ongkir yang berlaku di Tokopedia.

Promo Bebas Ongkir

1. Bebas Ongkir dengan layanan pengiriman Reguler

Informasi mengenai Bebas Ongkir Reguler dapat dibaca di sini

2. Bebas Ongkir Non-Reguler

Pembeli bisa mendapatkan Bebas Ongkir Non Reguler hanya apabila nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/Same Day/Kargo. Jika ini terjadi, maka Seller tidak dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir, karena pengubahan kurir berasal dari sistem Tokopedia, bukan dari pembeli ataupun Seller.

Baca juga: Info Bebas Ongkir Non-Reguler

3. Bebas Ongkir dengan Pengiriman Same Day

Mulai 1 Agustus 2022, layanan Bebas Ongkir dapat digunakan untuk layanan pengiriman Same Day (GoSend, GrabExpress, dan Anteraja). Dengan adanya program ini, pembeli bisa menerima paket di hari yang sama dengan biaya ongkos kirim yang lebih murah, yakni hanya Rp7.000 (flat) untuk pengiriman dalam kota.

Untuk menyediakan layanan ini ke pembeli, Seller cukup mengaktifkan layanan Bebas Ongkir dan layanan pengiriman Instant atau Same Day (GoSend, GrabExpress, dan Anteraja Same Day) di pengaturan pengiriman. Khusus untuk Seller yang hanya mengaktifkan layanan Anteraja Reguler, berpotensi mendapatkan pesanan Bebas Ongkir Same Day dengan Anteraja Same Day apabila Seller telah mengaktifkan salah satu layanan Instant atau Same Day.

Penting!

  • Pastikan pinpoint alamat Seller telah aktif untuk dapat menerima pesanan Bebas Ongkir, termasuk Bebas Ongkir layanan Same Day.
  • Seller perlu mengatur Pengiriman per Produk apabila ada produk yang tidak seluruhnya dapat dikirim dengan layanan Same Day. Info mengenai pengaturan Pengiriman per Produk dapat dibaca di sini.

Jika Bebas Ongkir dan pengiriman instant sudah aktif, maka Bebas Ongkir dengan pengiriman Reguler dan Same Day akan muncul di pilihan pengiriman pembeli, seperti tampilan berikut:

article

Pembeli bisa memilih layanan pengiriman apa yang ingin digunakan dengan Bebas Ongkir. Jika pembeli menggunakan layanan Same Day, maka pastikan pesanannya diproses lebih cepat ya, Seller!

4. Bebas Ongkir Khusus Pembeli di Medan & Makassar

Sejak 6 April 2022, pembeli yang berada di Kota Medan dan Makassar ataupun pengiriman ke daerah tersebut dapat menikmati subsidi Bebas Ongkir lebih maksimal.

Dengan benefit subsidi ongkir yang sama, Tokopedia menyediakan tambahan pilihan durasi pengiriman yang berbeda sehingga memungkinkan pembeli untuk memaksimalkan subsidi Bebas Ongkir yang diberikan. Misalnya, semakin lama durasi pengiriman yang dipilih oleh pembeli, maka biaya ongkos kirim yang dikeluarkan akan lebih murah.

article

Jenis pengiriman untuk durasi pengiriman yang lebih lama adalah layanan Ekonomi dari SiCepat dan Anteraja. Pilihan durasi akan otomatis muncul di pilihan pengiriman pembeli yang berada di kota Medan dan Makassar jika Seller sudah mengaktifkan layanan Bebas Ongkir, meskipun tidak mengaktifkan layanan pengiriman Ekonomi SiCepat dan Anteraja sebelumnya.

Pilihan durasi pengiriman yang berlaku di kota Medan dan Makassar hanya tersedia untuk pengiriman dari luar kota (contohnya Jakarta-Medan atau Palembang-Medan) dan tidak berlaku untuk pengiriman dalam kota (Medan-Medan atau Makassar-Makassar). Berikut adalah simulasinya:

article

*Waktu estimasi tiba di atas hanyalah ilustrasi

5. Bebas Ongkir 20 Ribu

Pada tanggal-tanggal tertentu di Tokopedia, Bebas Ongkir menawarkan gratis biaya pengiriman reguler hanya dengan minimal belanja Rp20.000. Cek info selengkapnya di sini.

Yuk, manfaatkan berbagai promo ini untuk menarik lebih banyak pembeli ke tokomu. Aktifkan Bebas Ongkir sekarang dengan mengklik tombol hijau di bawah, ya!

Baca juga: Pertanyaan Seputar Bebas Ongkir

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual