[#DariNakama] Solusi Penjualan Naik Turun Setelah Bikin Promosi

BARU! Sekarang bisa pantau performa promosi toko di halaman Wawasan Toko

Diperbarui 10 Nov  • Baca 2 menit

Merasa performa jualan masih stagnan, alias jalan di tempat? Padahal beragam jenis promosi seperti campaign di sosmed hingga ikut flash sale sudah kita jalani. Jika sudah begitu, mungkin kamu bisa coba tanyakan ke diri sendiri: apakah strategi promosi yang dijalankan sudah tepat untuk kondisi tokomu?

Artikel kali ini akan mengajak Andri Prabowo selaku Product Manager Tokopedia mengupas tuntas fitur terbaru untuk pantau performa promosi toko, seberapa baik strategi promosi yang sudah kamu terapkan, serta beberapa tips kembangkan ulang strategi promosi sesuai dengan kondisi tokomu.

Cek performa promosimu di halaman Wawasan Toko

Sekarang, kamu bisa pantau performa seluruh fitur promosi/campaign yang sedang berlangsung atau sudah berakhir di halaman Wawasan Toko, yaitu di bagian Performa Fitur Promosi! Temukan Performa Fitur Promosi dengan scroll ke bawah, tepatnya di bawah Jumlah Potensi Penjualan. Fitur ini dapat diakses di dashboard Tokopedia Seller di desktop, ya!

Di sini, kamu bisa cek potensi penjualan, estimasi pengeluaran, pesanan baru, dan produk dilihat dari promosi tokomu. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengecek Performa Fitur Promosi di halaman Wawasan Toko:

  • Gunakan filter yang sesuai. Widget Performa Fitur Promosi bertujuan untuk mengevaluasi promosi tokomu setelah 1 hari dan seterusnya. Jadi, kamu bisa atur filter dengan rentang waktu di atas 1 hari, misalnya 7 hari terakhir atau 30 hari terakhir.
  • Akan ada perbedaan pada angka total performa seluruh fitur promosi dan angka performa per fitur promosi. Untuk tahu selengkapnya mengenai cara menganalisis angka Performa Fitur Promosi, baca di bawah ini.

Baca juga:

Maksimalkan evaluasi performa promosi tokomu dengan ikuti tips di bawah ini!

Tips kembangkan strategi promosi sesuai dengan kondisi tokomu

1. Produk dilihat dan konversi tinggi

Selamat, ya! Tokomu berhasil menjalankan strategi promosi yang tepat, nih. Biar performa tokomu semakin baik dan kepuasan pembeli tetap terjaga selama momen-momen belanja penting seperti tanggal kembar atau WIB, kamu bisa rutin bikin campaign menggunakan produk unggulanmu untuk mengangkat produk-produk lain dengan penjualan stagnan atau kurang laku. Simak di bawah ini.

2. Produk dilihat tinggi, konversi rendah

Artinya, produk kamu sudah dikenali atau ditemukan pembeli, tapi kurang ada dorongan untuk dibeli. Kamu bisa coba ikuti tips berikut.

3. Produk dilihat rendah, konversi tinggi

Ini tandanya toko atau produk kamu tidak dilihat banyak orang, nih. Namun, produkmu memiliki nilai jual lebih sehingga masih ada pembeli yang check out. Yuk, kejar eksposur dengan mengikutkan produk dalam kategori ini dalam berbagai macam campaign agar kunjungan toko melesat!

4. Produk dilihat rendah, konversi rendah

Belum ada kata terlambat untuk perbaiki dari awal, lho. Jika kamu yakin produkmu yang masuk dalam kategori ini punya nilai lebih, pastikan setidaknya orang-orang menggunakan produk tersebut bagaimana pun caranya, misalnya dijadikan satu paket dengan produk paling laku. Yuk, coba susun ulang strategi promosi tokomu dengan ikuti tips di bawah.

Kira-kira, mana tips di atas yang sesuai dengan kondisi tokomu, Seller? Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk kembangkan ulang strategi promosi tokomu, ya. Selamat mencoba!

Wawasan Toko

Pantau Performa Promosimu

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual