Sama-Sama Selesaikan Kendalamu, Ketahui Perbedaan Pusat Resolusi & Pusat Bantuan

Meski dua-duanya bisa membantumu menyelesaikan masalah, Pusat Resolusi dan Pusat Bantuan itu berbeda lho. Mari kita bahas satu persatu biar kegiatan jualan tetap lancar!

Perbedaan Pusat Resolusi dan Pusat Bantuan

Pusat Resolusi adalah fitur untuk membantu penjual dan pembeli dalam menyampaikan komplain terkait pengalaman berjualan atau berbelanja di Tokopedia. Di fitur ini, penjual dan pembeli dapat berdiskusi langsung mengenai masalah yang dihadapi dan solusi terbaiknya. 

Sementara, Pusat Bantuan adalah fitur yang berisi berbagai informasi seputar ketentuan berjualan dan berbelanja di Tokopedia. Pada Pusat Bantuan ini tersedia informasi-informasi penting seputar solusi dari kendala yang mungkin kamu hadapi. Pada Pusat Bantuan ini, kamu juga bisa menghubungi tim Tokopedia Care untuk membantu menyelesaikan masalahmu.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pusat Resolusi?

Sebagai Seller, kamu dapat berdiskusi dengan pembeli terkait kendala yang terjadi. Kamu diperbolehkan memberikan penjelasan, mengirim bukti-bukti nyata yang bisa memperkuat argumen, lalu menyetujui solusi ataupun menawarkan solusi baru atas kendala tersebut.

Pusat Resolusi akan menyediakan beberapa solusi, seperti:

  • Pengembalian dana kepada pembeli.
  • Pengembalian dana ke akun penjual.
  • Tukar produk atau mengirimkan sisanya. 

Jika Seller setuju dengan solusi yang ditawarkan pembeli, Seller bisa klik ‘Terima Solusi’. Jika tidak setuju, Seller bisa menawarkan solusi lain atau pilih ‘Ajukan Banding’. Jika kedua belah pihak tidak juga mencapai kesepakatan, Seller bisa klik ‘Bantuan’ untuk meminta tim Tokopedia membantu menyelesaikannya.

Percakapan di Pusat Resolusi hanya bisa dimulai dari pembeli. Namun jika pembeli tiba-tiba menghilang begitu saja dan tidak melanjutkan percakapan selama lebih dari tiga hari, Seller tetap bisa klik tombol bantuan untuk meminta Tokopedia menangani kendala yang belum selesai.

Cara mengakses Pusat Resolusi melalui mobile

1. Sebagai penjual, kamu dapat melihat keluhan yang masuk dari pembeli di menu ‘Komplain’di akun penjual

2. Di Pusat Resolusi, kamu dapat berdiskusi langsung dengan pembeli untuk mencapai solusi bersama untuk masalah yang diminta pembeli.

3. Jika masih belum mencapai kesepakatan solusi, tim Tokopedia Care kami akan membantu memediasi untuk memberikan solusi yang tentu saja tidak merugikan kedua pihak yang terlibat (pembeli dan penjual)

Apa saja yang bisa dilakukan di Pusat Bantuan?

Pusat Bantuan menyediakan berbagai informasi lengkap terkait kendala seperti transaksi atau seputar pertanyaan Tokopedia seperti:

  1. Akun
  2. Pesanan
  3. Pembayaran
  4. Pengiriman
  5. Pengembalian dana
  6. Saldo dan Tarik dana
  7. Penjualan
  8. Promosi
  9. Pelaporan masalah keamanan akun

Pelajari lebih lengkap tentang Pusat Bantuan di sini.

Kamu bisa membuat laporan kendala dengan menulis kendala serta buktinya. Nanti laporanmu akan diproses oleh tim Tokopedia.

Cara mengakses Pusat Bantuan melalui mobile:

1. Masuk ke akun penjual lalu pilih Pusat Bantuan

2. Kamu akan diarahkan pada halaman Pusat Bantuan. Kamu dapat menulis kata kunci kendala di kolom search bar dan pilih artikel sesuai dengan masalah atau pakai ‘Fitur Live Chat’

3. Kamu juga dapat memilih topik yang sesuai dengan masalah atau klik ‘Lihat Selengkapnya’

4. Apabila kamu masih mengalami kendala, klik ‘Hubungi Kami’

5. Tulis secara detail dan lampirkan foto halaman yang bermasalah, kemudian klik ‘Kirim’

Selesai deh Seller, laporan kendalamu akan segara diproses oleh tim Tokopedia. Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan Pusat Bantuan dan Pusat Resolusi? Semoga informasi ini bisa membantu menjalankan bisnismu ya, Seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller