Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. COVID-19
  2. PENTING, Aturan Berjualan Produk Kesehatan dan Obat di Tokopedia

PENTING, Aturan Berjualan Produk Kesehatan dan Obat di Tokopedia

Seller Tokopedia dilarang menjual produk kesehatan palsu, seperti vitamin, obat-obatan, dan oximeter.

Diperbarui 10 Sep • Baca 3 menit

Hai, Seller Tokopedia yang kami banggakan!

Terima kasih sudah berjuang bersama untuk terus mendukung aktivitas ekonomi di Indonesia dengan berjualan online di Tokopedia. Meskipun kondisi pandemi COVID-19 membuat aktivitas ekonomi menurun karena banyak masyarakat yang membatasi kegiatan di luar rumah, kami yakin dengan terus berjuang bersama kita bisa bertahan dan melewati pandemi ini.

Dalam menjaga kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap obat dan alat kesehatan, Tokopedia dengan ini menyampaikan bahwa Tokopedia akan menindak tegas dan mengambil semua tindakan hukum serius (sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku) terhadap setiap Seller yang diduga menjual produk kesehatan palsu, seperti vitamin, obat-obatan dan oximeter.

Tokopedia selalu memantau harga-harga produk yang dijual oleh setiap Seller. Apabila produk dijual dengan harga yang tidak wajar dan produk dinyatakan palsu, maka produk dan toko Seller akan dimoderasi (dihapus oleh sistem Tokopedia).

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Berjualan di Tokopedia

Laporkan toko yang menjual produk kesehatan palsu

Tokopedia mengajak seluruh Seller untuk bersama-sama memberantas produk palsu di Tokopedia agar tidak merugikan banyak pihak. Ayo bantu laporkan produk yang kesehatan yang mencurigakan agar ditindaklanjuti oleh tim Tokopedia!

Caranya, klik ikon (Titik Tiga) pada halaman produk, lalu klik ‘Laporkan’ dan pilih jenis Laporan ‘Produk ilegal & berbahaya’.

article

Obat-obatan yang boleh dijual di Tokopedia

Tidak semua jenis obat bisa diperdagangkan secara bebas di Tokopedia. Kamu perlu memahami jenis obat apa saja yang boleh dijual di Tokopedia. Simak penjelasannya pada gambar berikut.

Baca juga: Imbauan untuk Seller Tokopedia di Tengah Pandemi COVID-19

article

Produk Kesehatan yang Dilarang Dijual di Tokopedia

Perhatikan daftar barang-barang terkait produk kesehatan dan obat-obatan yang tidak boleh diperdagangkan pada situs Tokopedia berikut ini.

  1. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini ialah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
  3. Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
    1. SNI;
    2. Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
    3. Label dalam Bahasa Indonesia.
  4. Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
  5. Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta.
  6. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku.
  7. Pestisida.
  8. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  9. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
  10. Segala jenis barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman barang di Indonesia.
  11. Barang-barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pentingnya Memiliki Izin untuk Menjual Obat-obatan 

Tokopedia hanya memperbolehkan penjual yang memiliki izin apotek untuk menjual obat-obatan secara online sebagai Official Store. Kamu dapat memberikan bukti lisensi kepada Tokopedia, yang kemudian akan diverifikasi oleh tim terkait. Apotek tersebut juga harus menggunakan harga yang wajar.

Izin apotek memberikan kewenangan kepada Seller untuk menjual obat bebas, obat bebas terbatas, dan juga obat keras namun harus dengan resep dokter. Izin ini hanya bisa diperoleh apabila seller memiliki izin usaha dan juga penanggung jawab berupa apoteker.

Cara Mendapatkan Izin Apotek

Siapkan dokumen-dokumen berikut untuk mendapatkan izin apotek:

  1. KTP Pemilik
  2. NPWP Pemilik
  3. Surat Izin Usaha (SIA/Izin Toko Obat)
  4. Surat Izin Praktik Penanggung Jawab (SIPA)
  5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil

Setelah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa langsung mengajukan izin apotek ke Dinas Kesehatan setempat.

Apabila kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait sistem penjualan produk kesehatan di Tokopedia, kamu bisa menghubungi Tokopedia Care

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

PENTING, Aturan Berjualan Produk Kesehatan dan Obat di Tokopedia

COVID-19Diperbarui 10 SepBaca 3 menit
top description

Info COVID-19: Tips Menjaga Kelangsungan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

COVID-19Diperbarui 26 JulBaca 2 menit
top description

Info COVID-19: FAQ Seputar COVID-19

COVID-19Diperbarui 23 JulBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual