Mengapa Toko Saya Dimoderasi? Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Mengaktifkan Tokomu Kembali

Toko Dimoderasi – Tokomu dimoderasi oleh pihak Tokopedia? Tenang, tidak perlu panik. Jika tokomu dimoderasi artinya ada Syarat atau Ketentuan berjualan di Tokopedia yang belum kamu penuhi. 

Sebelum mengaktifkan kembali tokomu yang dimoderasi, pelajari dahulu penyebab toko dimoderasi oleh Tokopedia berikut ini: 

Penyebab Toko Dimoderasi

1. Mengarahkan Pembeli untuk Bertransaksi di Luar Tokopedia

Agar kepercayaan antara penjual dan pembeli terjaga dengan baik, seluruh proses jual beli harus dilakukan di Tokopedia. Kamu tidak boleh mengajak pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia. 

Contoh: Mengajak calon pembeli untuk bertransaksi lewat saluran pribadi.

2. Ada Indikasi Manipulasi

Adanya indikasi manipulasi transaksi melalui penjualan tinggi yang mencurigakan, tidak adanya resi pengiriman yang valid, dan ketidakwajaran lainnya demi memperoleh keuntungan pribadi (promo, reputasi produk, reputasi toko, dan lain-lain).

Indikasi manipulasi ini juga termasuk kerja sama antara penjual dan pembeli untuk memanipulasi transaksi guna mendapatkan keuntungan promo yang merugikan Tokopedia. 

Contoh: Toko yang baru buka, tetapi langsung memiliki banyak produk dan sudah melakukan puluhan transaksi. 

3. Ada Indikasi Toko Menipu Pembeli

Sebagai seller, kamu tidak boleh meminta kode verifikasi, password, atau upaya lain yang dapat merugikan pembeli. Aktivitas seperti itu akan diduga sebagai indikasi untuk menipu pembeli.

Contoh: Penjual meminta kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. 

4. Menjual Produk yang Dilarang & Konten Tidak Memenuhi Standar

Menjual produk yang dilarang atau mengandung konten yang tidak memenuhi standar dalam Syarat dan Ketentuan Tokopedia. Pelajari Syarat dan Ketentuan Tokopedia di sini.

Contoh: Toko menjual produk-produk minuman keras.

5. Duplikasi Toko 

Seller terindikasi meniru produk toko lain dengan deskripsi, judul, atau gambar yang sama/serupa. 

Contoh: Penjual membuat satu atau lebih toko yang mengandung deskripsi dan gambar produk serupa dengan toko lainnya.

6. Performa Toko yang Buruk 

Moderasi toko juga dapat terjadi akibat performa toko yang buruk. Aktivitas yang dapat membuat performa toko buruk antara lain toko sering menolak pesanan, memasukkan jumlah stok produk yang tidak sesuai, atau hal lain yang mengakibatkan pengalaman pembeli yang buruk saat bertransaksi di Tokopedia.

Contoh: Menulis jumlah tertentu pada keterangan stok barang padahal sebenarnya kosong.

7. Terhubung ke Akun yang Mencurigakan

Adanya indikasi toko berhubungan dengan akun-akun mencurigakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia, serta berpotensi digunakan sebagai sarana manipulasi.

Contoh: Akun memiliki deskripsi toko yang tidak jelas dan gambar profil yang sama.

Setelah mengetahui penyebab tokomu dimoderasi oleh Tokopedia, sekarang saatnya mengaktifkan kembali tokomu. Pelajari langkah-langkah cara mengaktifkan kembali tokomu setelah dimoderasi di sini. Agar tokomu tidak dimoderasi, hindari tujuh hal tersebut di atas ya! 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller