Pentingnya Memiliki Rekening Terpisah untuk Bisnis

Rekening Terpisah untuk Bisnis – Bagaimana cara meningkatkan operasi bisnismu? Salah satu langkah keuangan sederhana namun penting yang dapat kamu lakukan adalah dengan memisahkan rekening pribadi dan bisnis. Dengan begini, tidak ada lagi rekening yang tercampur aduk dan tidak ada lagi tagihan pribadi untuk pengeluaran bisnis. Berikut ini adalah pentingnya memiliki rekening terpisah untuk bisnis.

Mengapa Perlu Rekening Terpisah untuk Bisnis?

Evaluasi Kinerja Bisnis

Dengan menggunakan rekening yang terpisah, kamu bisa mengetahui peningkatan laba atau kerugian dalam bisnismu. Kamu bisa mengetahui apakah kamu perlu memperbaiki dari kekurangan atau mempertahankan apa yang sudah ada. Misalnya, saat kamu mengalami kerugian atau laba yang sedikit, kamu bisa menggerncarkan promosi untuk meningkatkan laba toko. 

Memudahkan Perencanaan Keuangan

Dengan memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis, memantau uang yang masuk dan keluar akan lebih mudah. Gabungan laporan yang yang keluar masuk dengan jelas dan tidak tercampur memudahkan kamu dalam membuat laporan keuangan karena tidak berantakan. Dengan laporan keuangan yang jelas, kamu dapat dengan mudah mengestimasi pengeluaran dan pendapatan di waktu yang akan datang, yang dapat dilihat dari laporan keuangan setiap bulannya.

Baca juga: Tools untuk Tracking Keuangan Bisnis Anda

Acuan Pengambilan Keputusan

Dengan adanya rekening terpisah, kamu bisa membandingkan laba dan rugi. Hal ini penting saat kamu ingin melebarkan atau mengekspansi bisnismu, misalnya ingin merambah dari jualan case handphone custom dan menambah jualan headphone.Kamu bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut, dengan mengetahui apakah modal jualanmu sudah kembali atau belum, sehingga kamu tidak akan tergesa-gesa melebarkan bisnis, padahal mungkin modal pun belum kembali.

Selain itu, dengan rekening terpisah kamu bisa menetapkan goals atau pendapatan yang ingin dicapai. Misalnya, penjualan di tokomu pada bulan ini harus menerima margin sebanyak 15.000.000. Dengan rekening terpisah, kamu bisa memantau apakah penjualan tokomu sudah mencapai goals tersebut atau tidak. Dengan adanya goals, hal ini membuat bisnismu punya tujuan yang jelas.

Menghindari Kebangkrutan

Menggabungkan rekening pribadi dengan rekening untuk kepentingan bisnis seringkali membuat kita ‘kalap’. Dengan jumlah uang yang besar, secara tidak sadar uang yang banyak tersebut adalah milikmu, sehingga banyak godaan dan perilaku konsumtif yang mendorong kamu untuk menggunakan uang tersebut. Secara tidak sadar uang bisnismu akan berkurang, hingga kekurangan modal bahkan bisa memicu kebangkrutan.

Baca juga: Kenali Manfaat Pinjaman Syariah untuk Kembangkan Toko Online!

Memudahkan Perhitungan Pajak

Dalam menjalankan bisnis yang mengikuti aturan, kamu harus membayar pajak. Setiap bidang usaha apapun akan dikenai beban pajak. Akan sulit pastinya jika keuangan pribadi dengan keuangan bisnis digabungkan. Jika rekening pribadi dan bisnis tergabung, akan terhitung menjadi satu. Nominal yang ada dalam rekening gabungan tersebut dapat disangka menjadi laba, sehingga pajak yang dibebankan akan menjadi mahal karena gabungan uang laba bisnis dan uang pribadi.

Baca juga: 3 Tips Mengelola Pembukuan Bisnis Anda

Dengan memisahkan rekening pribadi dan rekening untuk bisnis, banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Hal ini berlaku untuk kamu yang masih merintis bisnis yang masih kecil maupun besar. Tidak ada salahnya memulai dari awal. Sehingga kamu akan belajar mengelola keuangan dengan baik dan tentunya dapat mempengaruhi perkembangan bisnis. Yuk, buat rekening terpisah untuk bisnis online-mu sekarang!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller