Pentingnya Memberi Penilaian dan Membalas Ulasan Pembeli

Orang-orang yang membeli produk dari toko Anda berhak memberikan penilaian terhadap toko dan produk. Penilaian ini cukup penting untuk meningkatkan Reputasi Toko. Reputasi Toko yang baik akan meningkatkan kemungkinan pembeli berbelanja kembali di toko Anda.

Pentingnya Memberi Penilaian dan Membalas Ulasan Pembeli

  • Beri Penilaian untuk Pembeli

Sebagai Merchant, Anda juga berhak memberi penilaian pada pembeli! Ada tiga ikon  yang dapat Anda pilih (positif, netral, negatif) sesuai dengan pengalaman Anda saat bertransaksi dengan pembeli. Anda juga perlu tahu bahwa bila pembeli sudah menilai Anda dengan nilai positif namun Anda tak kunjung memberi nilai bagi pembeli dalam waktu 3 hari, secara otomatis Tokopedia akan mewakili Anda untuk memberi nilai positif bagi pembeli yang bersangkutan.

Namun, bisakah Anda mengubah penilaian yang sudah Anda berikan pada pembeli? Jawabannya adalah ya, Anda bisa mengubahnya. Tetapi, pengubahan nilai hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu satu bulan dan hanya dapat diubah satu kali ke tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, Anda tidak sengaja meng-klik ikon yang memiliki nilai netral, maka Anda hanya bisa mengubahnya ke ikon senyum yang memiliki nilai positif.

  • Balas Tanggapan Pembeli

Ada beberapa penjual yang mengabaikan penilaian dan ulasan yang diberikan pembeli. Padahal, calon pembeli lain akan mempertimbangkan toko Anda melalui penilaian dan ulasan tersebut. Berdasarkan survey Tokopedia, pembeli mengatakan bahwa balasan atau tanggapan penjual terhadap ulasan pembeli sebelumnya memengaruhi keputusan mereka berbelanja di toko tersebut. Dengan memberi tanggapan, penjual menunjukkan bahwa ia sangat menghargai pembeli yang telah berbelanja di tokonya. Bagaimana cara membalas tanggapan pembeli? Mudah saja! Cukup klik pilihan “Review” di menu “Kotak Masuk”. Bisa juga dengan klik ikon “Inbox” di header menu, lalu pilih menu “Review”. Lalu, Anda dapat membalas ulasan yang diberikan pembeli saat itu juga.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller