Pentingnya Branding Untuk Bisnis Online

Suatu ketika Anda sedang kumpul bersama dengan rekan Anda dan ingin sekali membeli sebuah barang tanpa perlu pergi ke pusat perbelanjaan atau toko. Jika rekan Anda sudah akrab dengan marketplace, bisa jadi ia langsung merekomendasikan Tokopedia sebagai salah satu tempat untuk berbelanja online. Lalu muncul satu pertanyaan, yaitu:

“Seperti apa ya Tokopedia? Apakah semua orang tahu mengenai Tokopedia?“

Seperti halnya Tokopedia, Anda pun bisa melakukan branding terhadap toko maupun produk yang dijual. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Yuk, simak beberapa hal mengenai pentingnya branding untuk toko online Anda!

Toko Dibuat Menjadi Menarik

Branding yang baik memudahkan calon pembeli untuk mengingat toko Anda. Salah satu fungsi dari branding adalah membuat toko Anda tampil berbeda dibandingkan toko kompetitor lainnya.  Tampilan toko yang unik dapat Anda terapkan, salah satunya dengan membuat logo toko yang dapat mewakili produk yang dijual.

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Branding yang baik otomatis akan meningkatkan reputasi toko Anda di mata calon pembeli. Kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh serupa yang dapat meningkatkan kepuasaan konsumen. Dengan memberikan pelayanan maksimal kepada setiap calon pembeli akan memberikan dampak pada peningkatan loyalitas konsumen menjadi pelanggan. Kualitas pelayanan juga berkaitan dengan kecepatan dan keramahan dari penjual.

Menunjukkan Profesionalisme

Branding sebagai salah satu sarana dalam menciptakan profesionalisme dapat terlihat dari bagaimana cara Anda melayani pelanggan dimulai dari proses pemesanan, pengemasan barang, hingga pelayanan setelah produk diterima pembeli termasuk penanganan komplain.

Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan Anda

Kesesuaian produk dengan deskripsi produk yang Anda tulis atau biasa dikenal dengan akurasi produk juga merupakan bentuk branding yang menunjukkan profesionalisme toko Anda. Akurasi produk yang tinggi akan menambah kepercayaan calon pelanggan untuk membeli produk pada toko Anda.

Hal – hal diatas sangat penting untuk diperhatikan, karena branding toko online berbeda dengan toko offline. Pada toko fisik, Anda pasti akan selalu menjaga kebersihan dan kerapihannya demi menarik perhatian calon pelanggan. Namun, calon pelanggan yang berbelanja secara online tidak bisa melihat toko fisik, melainkan hanya sekedar lewat tampilan toko yang terpampang di internet. Dengan melakukan branding yang sesuai pada toko online Anda, maka toko online Anda akan mendapat nilai lebih.

Oleh karena itu, branding yang baik dapat membuka peluang baru dengan memanfaatkan  brand awareness yang sudah ada. Jadi, tunggu apalagi yuk segera manfaatkan branding untuk toko online Anda!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller