Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Cara Memantau Penghasilan Penjualan di Tokopedia!

Kini cek hasil penjualan jadi makin mudah dengan adanya perubahan pada halaman Detail Transaksi Pesanan, Invoice, Saldo Penghasilan, dan Laporan Penjualan

Diperbarui 10 Aug Baca 2 menit

Hai Seller! Sebagai pemilik bisnis online, tentu kamu harus rutin mengecek hasil penjualan tokomu untuk mengetahui perkembangannya dari waktu ke waktu. Untuk memudahkanmu dalam menganalisis performa penjualan, Tokopedia telah melakukan pembaruan pada halaman Detail Transaksi Pesanan, Invoice, Saldo Penghasilan, dan Laporan Penjualan.

Keuntungan yang Seller dapatkan

1. Tampilan jadi lebih sederhana

Halaman Saldo kini hanya menampilkan catatan pemasukan atau pengeluaran yang dikenakan kepada Seller, seperti biaya layanan toko atau Bebas Ongkir.

2. Lebih mudah menghitung pendapatan bersih

Karena rincian dana yang ditampilkan lebih sederhana, Seller dapat mengetahui pendapatan bersih dengan akurat dan kegiatan merekap laporan keuangan bisa lebih cepat.

3. Tampilan yang lebih sesuai dengan invoice dan detail transaksi

Seller bisa menyesuaikan informasi terkait dana masuk dan keluar yang terdapat pada detail transaksi dan invoice dengan Saldo Penghasilan.

Biaya yang bukan tanggungan Seller, seperti biaya pengiriman cashless/nontunai dan promo potongan ongkos kirim dari Tokopedia atau Voucher Tokopedia tidak akan masuk ke Riwayat Transaksi. Hal ini karena biaya tersebut adalah biaya yang ditanggung oleh pembeli.

Yuk cek perubahan pada masing-masing halaman!

1. Perubahan di halaman Detail Transaksi Pesanan

Pada Detail Transaksi per masing-masing pesanan akan langsung menampilkan total penjualan kamu, sehingga akan lebih memudahkanmu untuk mencocokan angkanya pada halaman Saldo dan Invoice.

Bagaimana cara mengeceknya?

Klik halaman ‘Pesanan’ di Halaman Tokopedia Seller, lalu pilih salah satu pesanan. Klik ikon “i” pada bagian ‘Total Penjualan’.

article

2. Perubahan di halaman Invoice Seller

Di sini kamu bisa melihat secara lengkap detail pesanan kamu, termasuk jika ada penggunaan Voucher Toko dalam bentuk Cashback dan Ongkos Kirim. Tidak hanya itu, di dalam invoice ini juga tertera waktu terakhir mengenai perubahan status pesanan yang bisa dilihat pada bagian kanan bawah halaman invoice.

Klik nomor invoice pada bagian detail transaksi pesanan.

article

3. Perubahan di halaman Saldo

Kamu bisa melihat riwayat transaksi di Detail Saldo pada halaman Saldo. Total penjualan yang ada di Total Saldo Aktif adalah jumlah saldomu yang sudah dikurangi dengan biaya pengiriman cashless/nontunai.

Selain itu, total penjualan kamu juga akan dikurangi dengan komisi penjualan jika kamu menggunakan fitur tertentu seperti Power Merchant, Power Merchant PRO, Official Store atau Bebas Ongkir.

article

Cara mengecek Riwayat Transaksi

  1. Klik “Saldo” pada halaman Tokopedia Seller dan atur waktu yang diinginkan.Jika tidak, maka secara otomatis Riwayat Transaksi akan menampilkan rincian saldo dalam 31 hari terakhir.
  2. Klik “Penjualan” apabila kamu ingin melihat rincian dari hasil penjualan yang kamu terima.
  3. Klik “Saldo Penghasilan” apabila kamu ingin melihat rincian dana secara keseluruhan (dana masuk dan keluar) seperti biaya layanan, Bebas Ongkir, Voucher Toko, dan lainnya.

*Angka yang ditampilkan hanya angka simulasi saja.


4. Perubahan di halaman Laporan Penjualan

Di dalam laporan penjualan, Seller bisa menghitung pendapatan kotor sebelum dikurangi biaya komisi penjualan. Untuk memudahkan kegiatan tersebut, Tokopedia telah memperbarui tampilan laporan penjualan dengan meniadakan biaya ongkos kirim cashless/nontunai. Hal ini karena biaya ongkos kirim nontunai sudah langsung diteruskan ke kurir sehingga Seller tidak perlu lagi menguranginya secara manual di dalam laporan penjualan.

Berikut adalah beberapa informasi yang ada di laporan penjualan:

article

Yuk cek laporan penjualanmu sekarang! Kamu hanya perlu masuk ke halaman Pesanan, lalu mengklik Download Laporan Penjualan. Selengkapnya bisa baca di sini.

Terakhir, jangan lupa juga untuk mendaftarkan nomor rekening kamu supaya pendapatan kamu bisa segera dicairkan! Lihat selengkapnya di sini ya, Seller!

Baca juga:

Langkah mudah menarik Saldo Tokopedia langsung ke rekeningmu

Apa itu Riwayat Laporan Penjualan?

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual