Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. TopAds
  2. Kenali 14 Istilah TopAds yang Perlu Kamu Tahu

Kenali 14 Istilah TopAds yang Perlu Kamu Tahu

Tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan dengan istilah TopAds dan langsung atur iklan sekarang

Diperbarui 24 Aug • Baca 2 menit

Hai Seller, mau beriklan dengan TopAds tapi masih banyak istilah yang asing? Nggak perlu khawatir! Biar pengalaman beriklan kamu bisa lebih mudah dan efektif, yuk kenalan lebih dekat dengan istilah TopAds di bawah ini.

  1. Tampil (Impression)
    Jumlah iklanmu dilihat oleh Pembeli
  2. Klik (Clicks)
    Peristiwa di mana Iklan diklik oleh calon pembeli tertentu. Ketika calon pembeli klik produk atau iklan, sistem TopAds akan merekam kegiatan pembeli, menghitung jumlah klik, dan menampilkannya di halaman Seller. Untuk Iklan yang jenis Cost per Click (CPC) kredit TopAds baru akan terpotong jika pembeli mengklik produk.
  3. Presentasi Klik (CTR)
    Presentasi Klik/Click-Through-Rate (CTR) adalah jumlah klik dibandingkan dengan jumlah tampilan (impression). CTR juga biasa digunakan sebagai indikator relevansi Iklan dibandingkan dengan konteks halaman. CTR terjadi apabila Iklan diklik setelah iklan dilihat calon pembeli.
  4. Pengeluaran (Spent)
    Total anggaran yang terpakai oleh iklan.
  5. Pendapatan
    Total pendapatan dari produk terjual melalui iklan.
  6. Biaya Iklan (Cost per Click)
    Seller akan dikenakan biaya untuk setiap pengguna yang mengklik iklan produk berdasarkan biaya maksimal Iklan yang ditawarkan.
  7. Biaya per 1000 kali tampil
    Seller akan dikenakan biaya untuk setiap 1000 kali tampilan pada Iklan tersebut berdasarkan biaya maksimum Iklan yang ditawarkan. Misalnya, iklan toko A baru diklik sebanyak 900 kali oleh pengguna, maka iklan toko A belum dihitung biaya iklannya karena belum mencapai 1000.
  8. Rata-rata (Actual Cost)
    Jumlah sebenarnya dari Kredit TopAds yang akan dikenakan kepada Seller untuk iklan tertentu. Biaya yang dikenakan kepada Seller dapat bervariasi tergantung pada pesaing, namun tidak boleh melebihi tawaran Iklan.
  9. Kredit TopAds
    Jumlah uang yang disetorkan oleh Seller yang digunakan untuk membayar iklan TopAds.
  10. Anggaran Harian
    Jumlah uang yang bersedia dikeluarkan Seller setiap harinya untuk iklan. Kamu dapat menetapkan Anggaran Harian agar saldo TopAds-mu tidak cepat habis, karena iklanmu akan segera berhenti tampil setelah melewati batas anggaran harian yang telah kamu tentukan.
  11. Biaya Rekomendasi
    Biaya Rekomendasi adalah biaya per klik yang direkomendasikan oleh Tokopedia saat kamu mengatur biaya Iklan. Semakin tinggi biaya iklan yang dipasang, semakin baik nilai produk dan kemungkinan iklan kamu muncul di halaman pertama. Dengan begitu, potensi produkmu dilihat calon pembeli akan semakin besar, dan kemungkinan terjadinya transaksi di tokomu juga akan bertambah.
  12. Jadwal Tampil
    Jadwal Tampil adalah waktu/periode kapan saja iklanmu akan tampil ke pengguna/calon pembeli. Ada 2 pilihan Jadwal Tampil yang dapat kamu atur, yaitu Selalu Tampil dan Atur Jadwal untuk mengatur secara manual Waktu Mulai dan Selesai-nya Iklan.
  13. Status Iklan
    Terdapat 3 jenis status iklan pada TopAds, yaitu:
    - Status Tidak Aktif: Saat kamu ingin menghentikan penggunaan iklan TopAds untuk sementara, kamu dapat mengganti status iklan TopAds-mu menjadi “Tidak Aktif”. Dengan Status Tidak Aktif, iklan TopAds mu tidak akan muncul dan saldo TopAds-mu juga tidak akan terpotong.
    - Status Iklan Tampil: Iklan kamu aktif dan sedang berjalan. Jika kamu ingin mengaktifkan iklan TopAds, pastikan status iklanmu adalah Tampil agar iklan yang kamu pasang akan terkirim dan muncul pada halaman-halaman strategis Tokopedia.
    - Status Iklan Tidak Tampil: Iklan kamu aktif tetapi tidak tampil, hal ini mungkin disebabkan karena beberapa faktor seperti kredit topAds tidak mencukupi, anggaran harian mencapai batas maksimal, Stok produk kosong atau toko sedang tutup.
  14. Efektivitas Iklan (ROAS)
    Pengukur pendapatan toko yang diperoleh dari penjualan produk yang diiklankan, kemudian dibandingkan dengan Biaya Iklan. Semakin tinggi nilai Efektivitas Iklan, semakin baik performa iklanmu.
    Berikut rumus mengukur ROAS:
    Efektivitas Iklan = Pendapatan ÷ Pengeluaran
    Contoh: Jika Pendapatan dari iklanmu Rp3.000.000 dan Biaya Iklan yang dikeluarkan Rp600.000, maka Efektivitas Iklanmu adalah 5.

Baca juga: Buat Produk Tampil di Halaman Pencarian dengan Pilihan Tipe TopAds!

Itulah 14 istilah TopAds yang wajib kamu tahu. Sekarang sudah mengenal TopAds lebih dalam lagi kan Seller? Yuk tunggu apa lagi? Ayo maksimalkan penggunaan TopAds di tokomu untuk menarik calon pembeli lebih banyak lagi! Selamat mencoba Seller.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Sama-Sama Praktis! Mau Pilih Beriklan Otomatis yang Mana?

TopAdsDiperbarui 11 OctBaca 1 menit
top description

4 Tips Maksimalkan Iklan TopAds Biar Jumlah Klik Produk Meningkat

TopAdsDiperbarui 22 SepBaca 2 menit
top description

Bagaimana Cara Isi Kredit TopAds untuk Beriklan? Cek di Sini!

TopAdsDiperbarui 22 SepBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual