Langkah Mudah Menarik Saldo Tokopedia Langsung ke Rekeningmu

“Transaksi saya sudah selesai kenapa saldo rekening saya tidak bertambah?”

Tak perlu panik, kamu bukan satu-satunya orang yang menanyakan hal ini setelah transaksi perdananya di Tokopedia telah selesai. Pembayaran transaksi yang sudah selesai sebelumnya memang tidak secara langsung ditransfer ke rekening tabungan penjual. Pasalnya, pembayaran ini akan dimasukkan ke Saldo Tokopediamu terlebih dahulu. Hal ini kami lakukan dengan tujuan mempermudahmu jika ingin melakukan transaksi lainnya di Tokopedia.

Macam-macam Saldo Tokopedia:

  1. Saldo Penghasilan

Kalau dari sisi Seller, Saldo Penghasilan berasal dari hasil penjualan toko dan hasil penjualan investasi (Emas dan Reksa Dana). Kalau dari sisi Pembeli, Saldo Penghasilan berasal dari komisi By.Me.

  1. Saldo Refund (hanya berlaku untuk pembeli)

Saldo Refund berisi dana pengembalian (refund) dari transaksi yang gagal dengan menggunakan metode bayar selain OVO dan kartu kredit.

Hal yang bisa dimanfaatkan seller dari Saldo Tokopedia

  1. Berbelanja produk
  2. Membeli pulsa di halaman tokopedia.com/pulsa
  3. Membeli tiket di halaman tiket.tokopedia.com
  4. Mengisi kredit TopAds di sini

Selain hal-hal tersebut, kamu juga bisa langsung melakukan penarikan dana untuk mencairkan Saldo Tokopedia ke rekening bank milik pribadi.

Jangka waktu dana masuk ke rekening

Proses pencairan/penarikan dana ini bisa kamu lakukan setiap harinya tanpa dikenai potongan atau biaya apa pun selama akun rekeningmu berada di dalam jaringan bank yang bekerja sama dengan Tokopedia.

  • Untuk penarikan dana ke rekening tujuan BCA, Mandiri, BRI, BNI dan CIMB Niaga = maksimal 1×24 jam di hari kerja.
  • Untuk penarikan dana ke rekening selain bank BCA, Mandiri, BRI, dan CIMB Niaga = maksimal 2×24 jam di hari kerja.

Hari Sabtu/Minggu/libur bank tidak beroperasi, jadi penarikan dana baru akan diproses oleh bank bersangkutan di hari kerja berikutnya.

Jika permintaan tarik dana sudah diproses dan diteruskan ke bank terkait, kamu TIDAK BISA membatalkannya. Jika memang ada data yang salah, bank akan menolak penarikan dana tersebut dan dana akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia kamu.

Namun jika belum diproses, kamu bisa hubungi Customer Care Tokopedia untuk membatalkan proses tarik dana. Setelah tarik dana dibatalkan, lakukan tarik dana ulang dengan memasukkan data yang benar.

Cara menarik dana dari Saldo Tokopedia

1. Pertama-tama, klik tab Akun pada halaman Tokopedia. Pilih menu Saldo di bagian kanan halaman.

2. Kamu akan muncul ke halaman Detail Saldo, setelah itu klik Tarik Saldo.

3. Pilih Saldo Penghasilan kemudian isi nominal dana yang akan ditarik, jika kamu ingin menarik semua saldo kamu, maka klik Tarik Semua pada kolom bagian kanan. Pilih rekening bank lalu klik Tarik Saldo.

4. Langkah keempat, masukkan kata sandi akun Tokopedia kamu dan klik Tarik Saldo

5. Lalu, pilih metode pengiriman kode verifikasi seperti SMS/email/telepon/WhatsApp yang akan dikirimkan oleh Tokopedia, kemudian masukkan kode verifikasi lalu klik Verifikasi. Jangan berikan kode verifikasimu ke siapa-siapa termasuk pihak yang mengaku Tokopedia sekalipun ya.

6. Jika sudah, selamat ya Seller, Saldo Tokopediamu sudah masuk ke dalam rekening bank kamu. 

Apa Itu Kode OTP?

Saat melakukan transaksi di Tokopedia, permintaan kode OTP pasti akan jadi hal yang sering kamu temui. Banyak dari para pengguna Tokopedia yang sering bertanya-tanya apa itu kode OTP. Kode OTP (One Time Password) adalah kode yang dikirim oleh pihak Tokopedia untuk memastikan penarikan dana benar dilakukan oleh pemilik akun. Kode OTP juga dibutuhkan saat kamu login atau menambahkan akun rekening baru dan menarik dana ke rekening baru tersebut. Namun, jika kamu menarik dana ke rekening tujuan yang sebelumnya sudah pernah dipakai, kamu tidak akan diminta untuk memasukkan Kode OTP.

Kode OTP akan dikirimkan lewat SMS ke nomor handphone yang sudah terverifikasi. Jika kamu belum melakukan verifikasi nomor handphone, Kode OTP akan dikirimkan lewat email.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller