Cara Promosi Toko di Media Sosial dengan Efektif

Tarik calon pembeli di media sosial ke Tokopedia

Media sosial adalah media promosi yang murah dan efisien bila digunakan secara efektif, dengan fitur dan karakteristik layanan tersendiri Seller bisa dengan mudah menjangkau target pasar. Walaupun terlihat simple, promosi melalui media sosial membutuhkan trik, karena sekarang hampir semua berbondong-bondong memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa simak tips selengkapnya.

Tips membuat konten media sosial yang baik

  1. Pilih media sosial yang sesuai dengan target bisnis

Gunakan data pembeli di Halaman Seller Tokopedia bagian statistik toko untuk lihat demografi target seperti jenis kelamin, rentang usia dan domisili pembeli. Dari data tersebut, kamu dapat menyimpulkan media sosial apa yang dipilih oleh target pembelimu.

  1. Posting konten sebanyak 1 kali perhari

Rata-rata waktu pengguna media sosial membuka aplikasinya adalah antara pukul 9.00-12.00. Ada baiknya kamu konsisten unggah konten 1x per hari di jam yang sama. 

  1. Pastikan konten yang kamu unggah bervariasi sesuai tujuannya

Media sosial paling banyak digunakan di Indonesia

Berdasarkan riset We Are Social Hootsuite Januari 2019 lalu, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Menurut laporan Digital 2020, inilah urutan media sosial yang paling aktif di Indonesia.

Namun, tidak semua media sosial di atas cocok untuk bisnismu, seperti Youtube dengan persentase yang besar tapi memiliki keterbatasan komunikasi dengan calon pembeli. Maka, media promosi yang tepat digunakan untuk berjualan adalah WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan keempat media sosial ini, kamu bisa langsung mempromosikan toko dan produkmu langsung ke calon pembeli. Perhatikan langkah mudahnya di bawah ini ya.

Promosikan tokomu di media sosial

Kini saatnya promosikan toko dan produkmu di media sosial untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Nggak perlu ketik manual, kamu bisa langsung kirim link toko dan produkmu ke media sosial sehingga followers atau calon pembelimu bisa langsung menuju ke tokomu deh. Caranya cukup mudah.

Buka akun tokomu melalui mobile, lalu klik ikon ‘Share’ di kanan atas.Pilih media sosial yang ingin kamu gunakan. Selesai deh! Link produkmu akan sampai ke calon pembeli atau followersmu.

Mudah kan Seller? Dengan media sosial, kamu bisa mengenalkan produk dan toko lebih luas kepada lebih banyak pengguna. Jangan merasa kewalahan mengurus sosial media tokomu karena Seller bisa menghubungkan link tokomu di Tokopedia dengan menggunakan Linktree.

Apa sih Linktree?

Linktree adalah tools gratis untuk menampung berbagai link seperti website atau media sosial dalam satu link. Seller bisa bagikan Linktree tersebut di mana saja, seperti bio Instagram, Facebook, atau profil di Twitter kamu.

Cara menggunakan Linktree

1. Buka website Linktree pada browser kamu lalu klik ‘Get started for Free’

2. Registrasikan akun kamu dengan mengisi data diri, lalu klik ‘Register’

3. Isi detail informasi Linktree kamu seperti nama dan identitas toko lalu klik ‘Save details’

4. Di sini, kamu bisa menambahkan link dengan cara klik tombol ‘Add New Link’. Kamu bisa memasukkan beberapa link pada Linktree.

5. Kalau kamu sudah memasukan semua link yang kamu inginkan, copy link yang ada di pojok kanan ke bio kamu.

Nah, nanti hasilnya begini deh ketika calon pembeli atau follower kamu mengklik link yang ada di bio kamu.

Mudah kan Seller? Yuk promosikan produkmu sekarang di media sosial!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller