Kupas Tuntas Cara Promosi Tepat di Media Sosial

Tarik calon pembeli di media sosial ke Tokopedia dengan teknik yang tepat

Diperbarui 23 Feb  • Baca 2 menit

Hai Seller, media sosial adalah media promosi yang murah dan efisien bila digunakan secara efektif. Dengan fitur dan karakteristik layanan tersendiri, Seller bisa dengan mudah menjangkau target pasar. Walaupun terlihat simple, promosi melalui media sosial membutuhkan trik yang tepat agar bisa menonjol dari jutaan akun media sosial lainnya. Simak tips lengkapnya di bawah ini.

Cara tarik pembeli dari media sosial ke Tokopedia

Tujuan promosi utamamu di media sosial adalah mengenalkan tokomu kepada calon pembeli yang lebih luas, dan ajak mereka untuk berbelanja di akun toko Tokopedia-mu. Berikut cara tarik pembeli dari media sosial ke Tokopedia.

1. Tentukan media sosial yang tepat untukmu

Saat ini, ada banyak media sosial yang digunakan oleh masyarakat. Namun, tidak semua media sosial cocok untuk bisnismu. Maka, berikut tips menentukan media sosial yang tepat untukmu.

  1. Fokus pada target audiens-mu
    Setiap platform media sosial memiliki audiens masing-masing. Sesuaikan platform dan kontenmu dengan target audiens-mu. Untuk menentukan media sosial yang tepat, kamu juga bisa mencocokkan target pembelimu berdasarkan data di atas. Misalnya targetmu adalah laki-laki, maka kamu bisa menggunakan Facebook untuk promosi.
  2. Riset kompetitormu
    Pantau akun media sosial mereka dan lihat konten apa yang mereka posting, seberapa sering mereka melakukannya, dan berapa banyak pengguna yang mengikuti media sosial mereka. Setelah kamu mempelajari media sosial kompetitormu, kembangkan ide-ide konten yang sudah kamu dapatkan sesuai dengan produkmu. Namun, sebelum kamu mulai, kamu harus menentukan tujuan kamu promosi di media sosial.
  3. Tentukan tujuan promosimu
    Tujuan promosi di media sosial dapat dikelompokkan dalam 3 jenis konten promosi. Kamu dapat menentukan tujuan promosi kamu berdasarkan 3 jenis konten di bawah ini.

2. Rutin post produkmu di Instagram Story, Facebook Story, atau WhatsApp Story
Kini promosi di media sosial bisa lebih efektif dengan adanya Cerita yang hanya bertahan 24 jam. Kamu bisa membuat konten sederhana kemudian dibagian pada Story Instagram, Facebook, maupun WhatsApp. Jangan lupa cantumkan link produkmu di cerita tersebut agar calon pembeli bisa langsung mengunjungi tokomu.

3. Promosikan tokomu dengan template dari Tokopedia

Untuk mendukung promosimu di media sosial, Tokopedia juga memberikan template promosi media sosial yang bisa langsung kamu download dan sebarkan di media sosialmu. Jangan lupa cantumkan foto produk dan nama akun tokomu agar pembeli bisa langsung mencarinya. Yuk download sekarang!

4. Jangan lupa sertakan deep link di bio media sosial

Deep link adalah link website tokomu yang bisa disebarkan ke calon pembeli di berbagai platform dan media. Gunakan deep link agar bisa langsung mengarahkan calon pembeli ke toko kamu di Tokopedia. Simak langkah mudahnya di bawah ini.

Apa itu Linktree?

Linktree adalah aplikasi gratis untuk menampung berbagai link seperti website atau media sosial dalam satu link. Taruh Linktree tersebut di mana saja, seperti bio Instagram, Facebook, atau Twitter. Intip selengkapnya

BONUS! Tips bikin pengguna lain membagikan produkmu

Nggak cuman kamu sebagai pemilik toko, kamu juga bisa memberdayakan orang lain membagikan link produkmu ke jangkauan yang lebih luas. Agar mereka tertarik untuk melakukannya, ikuti tips berikut ini.

  1. Pastikan kualitas gambar produk dan halaman toko bagus. Cek selengkapnya .
  2. Pasang produk-produk yang sedang dalam masa promosi di halaman toko. Berdasarkan data Tokopedia (2022), produk yang memiliki promo berpotensi dibagikan oleh pengguna ke pengguna lain!
  3. Pastikan kamu selalu mengaktifkan Kupon Toko/Produk, baik cashback, gratis ongkir, atau diskon. Promo Kupon berpotensi menarik pembeli baru check out produkmu.
  4. Pertahankan rating produk dan tokomu. Berdasarkan data Tokopedia (2022), rating yang tinggi membuat potensi dibagikan ke pengguna lain jadi lebih besar!

Tips membuat konten media sosial yang baik

Jika kamu masih baru dalam membuat konten media sosial, kamu bisa menggunakan teknik Amati, Tiru, dan Modifikasi dari brand-brand yang memiliki konten menarik. Berikut beberapa contoh konten yang bisa kamu jadikan inspirasi.

  1. Konten tips cara pakai produk
    Kamu bisa buat konten tentang tips cara pakai produk, misal jika kamu jualan produk fashion, kamu bisa bagikan beberapa contoh mix and match produkmu. Kalau kamu jualan makanan, kamu bisa berikan tips cara penyajian.
  2. Promo di Tokopedia
    Kamu juga bisa membagikan informasi tentang promo tokomu di Tokopedia dan ajak calon pembeli mengunjungi tokomu.
  3. Kuis
    Kamu dapat berinteraksi dengan calon pembelimu melalui konten kuis. Kamu bisa berikan hadiah untuk menarik minat mereka dalam mengikuti kuis yang kamu adakan. Kamu bisa kirimkan sampel produkmu sebagai hadiah. Sekali dayung, dua atau tiga pula terlampaui deh.

Mudah kan Seller? Yuk promosikan produkmu sekarang di media sosial!

Baca juga:

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual