Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2021
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller Advance

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Tips cepat dapat pesanan
  2. Cara Promosi Toko di Media Sosial dengan Efektif

Cara Promosi Toko di Media Sosial dengan Efektif

Tarik calon pembeli di media sosial ke Tokopedia

Diperbarui 10 Mar • Baca 2 menit

Media sosial adalah media promosi yang murah dan efisien bila digunakan secara efektif, dengan fitur dan karakteristik layanan tersendiri, Seller bisa dengan mudah menjangkau target pasar. Walaupun terlihat simple, promosi melalui media sosial membutuhkan trik yang tepat agar bisa menonjol dari jutaan akun media sosial lainnya. Simak tips lengkapnya di bawah ini.

Tips membuat konten media sosial yang baik

Jika kamu masih baru dalam membuat konten media sosial, kamu bisa menggunakan teknik Amati, Tiru, dan Modifikasi dari brand-brand yang memiliki konten menarik. Berikut beberapa contoh konten yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Konten tips cara pakai produk

Kamu bisa buat konten tentang tips cara pakai produk, misal jika kamu jualan produk fashion, kamu bisa bagikan beberapa contoh mix and match produkmu. Kalau kamu jualan makanan, kamu bisa berikan tips cara penyajian.

article

Sumber: This Is April

2. Promo di Tokopedia

Kamu juga bisa membagikan informasi tentang promo tokomu di Tokopedia dan ajak calon pembeli mengunjungi tokomu.

article

Sumber: Warung Omahe

3. Kuis

Kamu dapat berinteraksi dengan calon pembelimu melalui konten kuis. Kamu bisa berikan hadiah untuk menarik minat mereka dalam mengikuti kuis yang kamu adakan. Kamu bisa kirimkan sampel produkmu sebagai hadiah. Sekali dayung, dua atau tiga pula terlampaui deh.

article

Sumber: Ramune shop

Media sosial paling banyak digunakan di Indonesia

Berdasarkan riset We Are Social Hootsuite Januari 2019 lalu, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Menurut laporan Digital 2020, inilah urutan media sosial yang paling aktif di Indonesia.

article

Namun, tidak semua media sosial di atas cocok untuk bisnismu, seperti Youtube dengan persentase yang besar tapi memiliki keterbatasan komunikasi dengan calon pembeli. Maka, media promosi yang tepat digunakan untuk berjualan adalah WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan keempat media sosial ini, kamu bisa langsung mempromosikan toko dan produkmu langsung ke calon pembeli. Perhatikan langkah mudahnya di bawah ini ya.

Tips menentukan media sosial yang tepat untuk tokomu

Saat ini, ada banyak media sosial yang digunakan oleh masyarakat. Namun, tidak semua media sosial cocok untuk bisnismu, seperti Youtube dengan persentase yang besar tapi memiliki keterbatasan komunikasi dengan calon pembeli. Maka, berikut tips menentukan media sosial yang tepat untukmu.

1. Fokus pada target audiens-mu

Langkah pertama adalah mengidentifikasi siapa target marketmu. Setiap platform media sosial memiliki audiens masing-masing. Sesuaikan platform dan konten Anda dengan target market.

2. Riset kompetitormu

Pantau akun media sosial mereka dan lihat konten apa yang mereka posting, seberapa sering mereka melakukannya, dan berapa banyak pengguna yang mengikuti media sosial mereka. Setelah kamu menyimpulkan platform media sosial mana yang memberikan hasil terbaik, pilih media sosial yang sama dengan mereka. Namun, sebelum kamu mulai, kamu harus menentukan tujuan kamu promosi di media sosial.

3. Tentukan tujuan promosimu

Tujuan promosi di media sosial dapat dikelompokkan dalam 3 jenis konten promosi. Kamu dapat menentukan tujuan promosi kamu berdasarkan 3 jenis konten di bawah ini.

article

Mudah kan Seller? Dengan media sosial, kamu bisa mengenalkan produk dan toko lebih luas kepada lebih banyak pengguna. Jangan merasa kewalahan mengurus sosial media tokomu karena Seller bisa menghubungkan langsung membagikan link toko atau deep link di media sosial.

Promosikan tokomu di media sosial dengan deep link

Deep link adalah link website tokomu yang bisa kamu sebarkan ke calon pembeli di berbagai platform dan media. Gunakan deep link agar bisa langsung mengarahkan calon pembeli ke toko kamu di Tokopedia. Simak langkah mudahnya di bawah ini.

1. Buka akun tokomu melalui Aplikasi Tokopedia, lalu klik ‘ikon share’ di bagian kanan atas pada halaman toko atau produkmu

article

2. Klik ‘Copy Link’. Link tersebut berupa deep-link yang bisa langsung kamu gunakan

article

3. Tambahkan deep-link tersebut pada bio media sosialmu agar dapat menarik traffic dari media sosial ke tokomu di Tokopedia. Kamu dapat menggunakan Linktree untuk menyimpan berbagai link-mu.

article

Apa sih Linktree?

Linktree adalah tools gratis untuk menampung berbagai link seperti website atau media sosial dalam satu link. Seller bisa bagikan Linktree tersebut di mana saja, seperti bio Instagram, Facebook, atau profil di Twitter kamu.

Cara menggunakan Linktree

1. Buka website Linktree pada browser kamu lalu klik ‘Get started for Free’

article

2. Registrasikan akun kamu dengan mengisi data diri, lalu klik ‘Register’

article

3. Isi detail informasi Linktree kamu seperti nama dan identitas toko lalu klik ‘Save details’

article

4. Di sini, kamu bisa menambahkan link dengan cara klik tombol ‘Add New Link’. Kamu bisa memasukkan beberapa link pada Linktree.

article

5. Kalau kamu sudah memasukan semua link yang kamu inginkan, copy link yang ada di pojok kanan ke bio kamu.

article

Nah, nanti hasilnya seperti ini deh ketika calon pembeli atau follower kamu mengklik link yang ada di bio kamu.

article

Mudah kan Seller? Yuk promosikan produkmu sekarang di media sosial!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Atur Promo Sesuai Budget dengan Voucher Toko!

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 06 AprBaca 2 menit
top description

Pakai Fitur Etalase Toko Biar Produk Mudah Dicari Pembeli

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 26 MarBaca 2 menit
top description

Tips Pilih Layanan Pengiriman Sesuai Toko dan Produk yang Dijual

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 26 MarBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual