Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dan Pelajar – Dengan keterbatasan waktu seorang pelajar, memulai bisnis mungkin kedengarannya sulit, tetapi di dunia yang serba digital sekarang ini sudah banyak pelajar maupun mahasiswa yang memiliki usaha sampingan. Yuk, simak peluang usaha apa saja yang bisa dilakukan seorang mahasiswa atau pelajar di bawah ini agar bisa tambah penghasilanmu!

1. Peluang Usaha Bisnis Reseller atau Dropshipper

Dengan keterbatasan seorang pelajar, kamu tidak perlu menghabiskan waktu karena kamu hanya sebagai penengah dengan melakukan dropshipping. Dropshipping sangatlah sederhana dan minim resiko karena dropshipping adalah bisnis tanpa barang. Kamu hanya perlu menjual produk secara online, langsung dari produsen ke konsumen. Dan produknya bisa apa pun, tergantung barang apa yang ingin kamu jual. Mudah sekali kan?

Baca juga: Peluang Bisnis Online Minim Budget dengan Keuntungan Besar

2. Peluang Usaha Bisnis Online Shop

peluang usaha sampingan mahasiswa
Sumber gambar: Pexels

Jika kamu memiliki waktu lebih, dibandingkan hanya berbisnis reseller atau dropshipping, kamu bisa mulai bisnis online shop. Kamu bisa menjual apa saja, mulai dari baju, aksesoris, makanan, dan sebagainya.

Kalian bisa menjualnya lewat media sosial seperti atau lewat pasar toko online seperti Tokopedia. Online shop bisa dibilang sangat cocok untuk usaha sampingan pelajar karena lebih fleksibel dalam pengelolaannya.

Jika kamu tidak punya barang untuk dijual secara online, saatnya mulai sekarang kamu mencari barang/produk untuk dijual, cara mudahnya, kamu bisa bergabung menjadi reseller dengan brand yang sudah ada.

3. Peluang Usaha Bisnis Jasa Fotografi dan Video

Berawal dari hobi, fotografi dapat dijadikan sebagai usaha sampingan mahasiswa atau pelajar. Jasa fotografi cocok untuk mahasiswa dan pelajar karena jam kerjanya yang fleksibel. Selain itu, jika pekerjaan ini ditekuni, setelah lulus nanti kamu sudah akan memiliki portofolio yang nantinya dapat membantu kamu untuk mencari pekerjaan sebagai fotografer, atau bahkan membuka studiomu sendiri.

4. Peluang Usaha Bisnis Agen Pulsa

Menjadi agen pulsa sangat mudah bagi pelajar karena modal yang dibutuhkan relatif kecil. Memang keuntungan yang diperoleh pun relatif kecil, tetapi jika kamu sabar lama-lama pun keuntungan tersebut akan menjadi besar.

Tahukah kamu kalau kamu bisa menjadi Mitra Tokopedia? Layani kebutuhan produk Pembayaran dan Top Up, mulai dari pulsa, BPJS, hingga bayar tagihan listrik dan produk digital lainnya. Kamu pun tidak butuh modal! Menarik kan?

5. Peluang Usaha Bisnis Blogging

Jika kamu hobi menulis, blogging dapat menjadi usaha sampinganmu. Kamu bisa monetize blog dengan ikut Pay Per Click (PPC), pasang iklan, atau menjual produk dari blog tersebut.

Jika kamu ingin yang lebih mudah, kamu juga bisa jadi freelance writer sehingga kamu tidak usah memikirkan untuk monetize blog, kamu biasanya akan dibayar per artikel sebagai freelance writer.

Baca juga: Manfaat Blog untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

6. Peluang Usaha Bisnis Jasa Desain Grafis

Jika kamu hobi desain grafis, mengapa tidak cari penghasilan dari hobimu? Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis, mulai dari mendesain kaos, kemasan produk, logo, hingga desain web.

Karena bisnis ini berhubungan dengan hobi, kamu juga tidak akan merasa seperti kamu sedang bekerja. Asik kan?

7. Peluang Usaha Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah atau translator cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa, ataupun yang terampil berbahasa asing. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan berbahasa asing saja.

Sebagai seorang pengusaha dan pelajar, kamu akan harus pintar dalam mengatur waktu antara bisnis dan belajar. Jangan sampai salah satunya mendominasi dan menjadi tidak selesai atau gagal. Yuk, mulai bisnismu sekarang dengan Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller