Pahami Aturan Jualan Terbaru Produk Tembakau di Tokopedia

Berlaku untuk produk tembakau (rokok) dan rokok elektrik

Diperbarui 25 Oct  • Baca 2 menit

Hai, Seller! Apakah produkmu pernah diturunkan atau dimoderasi oleh Tokopedia karena mengandung tembakau? Supaya hal tersebut tidak terulang lagi, ayo pelajari peraturan penting tentang penjualan produk tembakau (rokok) dan rokok elektrik (pod, vape, atau mod) berikut ini!

Cara berjualan produk tembakau dan rokok elektrik di Tokopedia

Di Tokopedia, ada Syarat dan Ketentuan yang membahas tentang penjualan produk tembakau (rokok), termasuk rokok elektrik (e-cigarettes). Poin-poin tersebut di antaranya membahas tentang:

  • Untuk aplikasi Tokopedia selain versi Android, Seller harus memasukkan produk tembakau atau e-cigarettes ke dalam 6 kategori produk yang diperbolehkan di Tokopedia. Kategori tersebut antara lain adalah Kategori Produk Dewasa Lainnya, Kategori E-Cigarettes, Kategori Liquid Vape, Kategori Paket Vaporizer, Kategori MOD, dan Kategori Atomizer.
  • Untuk aplikasi Tokopedia versi Android, Tokopedia berhak menurunkan produk tembakau atau e-cigarettes dari platform Android sesuai dengan ketentuan Google Play Store.
  • Tokopedia berhak mengurangi reputasi toko atau memoderasi toko yang diduga memanipulasi konten untuk menjual produk tembakau atau e-cigarettes.
  • Seller wajib tahu! Jika Seller meg-upload produk rokok, maka produk tersebut harus masuk ke dalam Kategori Produk Dewasa Lainnya (dengan kode kategori 4398). Pastikan kamu tidak salah memilih kategori produk agar produkmu tidak diturunkan atau dimoderasi, ya.

Baca juga:

Baca juga:

Cara upload produk tembakau di Tokopedia

Ketika kamu upload produk yang mengandung tembakau, pastikan untuk menggunakan nama produk yang baik dan benar, serta masukkan produk tersebut ke kategori yang tepat. Jika produkmu tidak sesuai ketentuan, Tokopedia dapat menurunkan produkmu hingga melakukan moderasi permanen pada tokomu.

Baca juga:

Sesuai dengan tata nama penamaan produk yang benar di Tokopedia, pastikan tidak ada singkatan dan sesuai dengan merek produk tersebut agar optimal dalam mesin pencarian produk (SEO).

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan rumusnya adalah Jenis/Kategori Produk + Merek + Keterangan. Berikut adalah contohnya:

  1. Judul produk: Rokok Marlboro Putih 10 Bungkus
    Kategori: Kategori Produk Dewasa Lainnya
  2. Judul produk: Vape Tessa Terminator Kit 90W MOD
    Kategori: Kategori Paket Vaporizer

Selain itu, khusus produk vaporizer, kamu bisa gunakan fitur Tambah Sekaligus agar kamu lebih mudah dalam menambahkan produk tersebut di Tokopedia. Jangan lupa gunakan Kode Kategori di bawah ini saat mengisi template fitur Tambah Sekaligus, ya!

Untuk mengetahui cara menambah produk dengan fitur Tambah Sekaligus, kamu bisa pelajari , ya. Ingat, gunakan Template tanpa Varian agar kamu bisa menambahkan kode kategori di atas pada template-mu.

Nah, sekarang kamu sudah tau cara penamaan produk dan kategori untuk produk tembakau dan e-cigarettes yang benar ya. Segera cek kembali penamaan produk dan kategori produkmu agar terhindar dari moderasi atau diturunkan oleh Tokopedia.

Baca juga:

Tambah Produk Baru

Sesuai Aturan Tokopedia

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

top description

[Pesanan] Penerapan Kebijakan Pelindungan Data Pribadi Pembeli

Kebijakan & KeamananDiperbarui 06 DecBaca 2 menit
top description

Pentingnya Cek Izin Edar Produk Obat Tradisional & Suplemen Kesehatan

Kebijakan & KeamananDiperbarui 29 NovBaca 1 menit
top description

Seller, Ternyata Registrasi Sertifikat Halal Itu Mudah dan Gratis, Lho!

Kebijakan & KeamananDiperbarui 23 NovBaca 3 menit

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual