Info COVID-19: Tips Atur Operasional Toko Selama New Normal

New normal akan mengubah cara orang bekerja dan beraktivitas. Walau sudah bisa kembali melakukan kegiatan sosial dan ekonomi, kita semua tetap wajib mematuhi protokol pemerintah guna mencegah penyebaran virus COVID-19. 

Agar operasional toko dapat berjalan lancar, Seller perlu membuat perencanaan dengan saksama. Berikut beberapa hal yang bisa Seller lakukan untuk mempersiapkan toko menyambut new normal.

1. Tetap lakukan tindakan keamanan 

Meski sudah memasuki masa transisi untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala, Seller harus tetap melakukan tindakan keamanan guna mencegah penyebaran virus COVID-19, seperti:

    1. Selalu periksa suhu tubuh diri sendiri dan karyawan toko sebelum dan sesudah bekerja. Pastikan karyawan bekerja dalam keadaan sehat.
    2. Jika ada karyawan yang sakit, walau hanya flu atau batuk ringan, izinkan untuk bekerja dari rumah atau beristirahat.
    3. Sediakan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun atau hand-sanitizer
    4. Selalu semprot produk dan paket yang diproses toko dengan disinfektan.
    5. Lakukan contactless delivery saat serah terima barang dengan kurir layanan pengiriman.

2. Atur pola kerja karyawan

Jika tokomu memiliki karyawan, terapkan beberapa peraturan khusus selama new normal seperti berikut

  1. Karyawan dapat kembali bekerja di toko dengan sistem kerja shift atau bergiliran, contoh: Shift 1 masuk pukul 07.00 – 13.00, shift 2 pukul 13.00 – 19.00
  2. Jika memungkinkan, minta karyawan untuk menghindari penggunaan transportasi umum
  3. Terapkan jaga jarak di toko dengan mengatur kapasitas jumlah orang dalam ruangan (maksimal 50% dari kapasitas normal)
  4. Karyawan wajib mencuci tangan sebelum masuk ke dalam toko dan mulai bekerja
  5. Seluruh karyawan wajib menggunakan masker, baik ketika di luar ruangan ataupun di dalam ruangan
  6. Jika karyawan merasa sakit, izinkan untuk tidak datang ke toko dan bekerja dari rumah

3. Informasikan perubahan pada pembeli

Walau telah memasuki era new normal, masyarakat akan tetap memilih untuk berhati-hati demi menjaga kesehatan diri. Mereka juga akan lebih teliti memilih produk dan beraktivitas di luar. Kamu dapat menginformasikan pembeli bahwa toko sudah dapat dikunjungi (jika memiliki toko offline). Untuk meyakinkan pembeli jika tokomu sudah mematuhi protokol kesehatan yang aman, informasikan usaha penerapan protokol kesehatan yang tokomu lakukan melalui media sosial atau Tokopedia Feed.

4. Berikan diskon untuk promosi

Untuk menarik pembeli kembali belanja di toko, kamu dapat melakukan promosi toko dengan memberikan voucher cashback atau Bebas Ongkir kepada pembeli. Manfaatkan fitur Tokopedia Feed, Broadcast Chat, mau pun Dekorasi Toko untuk mengumumkan promosi tokomu.

Baca juga: Tips Menjaga Kelangsungan Bisnis Selama Pandemi COVID-19

Walau sudah mulai kembali beraktivitas, Seller tetap wajib mematuhi peraturan pemerintah untuk menjaga diri dari penyebaran COVID-19. Jadi, pastikan kamu mengikuti tips di atas agar operasional toko dapat berjalan dengan baik selama era new normal ya.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller