Bisnis Hebat dengan Target S.M.A.R.T!

Membuat rencana yang baik adalah awal dari sebuah kesuksesan, tetapi dengan membuat rencana yang S.M.A.R.T akan memberikan kepastian dari sebuah kesuksesan. Smart memang berarti pintar, tapi S.M.A.R.T yang akan kita bahas disini adalah sebuah cara pintar untuk mengembangkan dan membangun sebuah bisnis online Anda.

Peter Drucker, salah satu guru manajemen dunia pernah berkata, “You can not manage what you can not measure”. Anda tidak dapat mengelola apa yang tidak bisa Anda ukur. Dengan begitu, sangat dibutuhkan perencanaan yang terukur terutama untuk membuka jalan untuk bisnis online Anda menuju kesuksesan.

Hal itu sangat sesuai dengan kriteria perencanaan target yang dideskripsikan oleh Paul J. Meyer dalam metode S.M.A.R.T, yang merupakan kumpulan dari 5 huruf pertama kata dalam bahasa Inggris yaitu Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Time Bound.

Kelima hal tersebut wajib Anda gunakan untuk bisnis online Anda. Lalu, apa sajakan maksud dari setiap kata tersebut? Berikut adalah penjelesannya.

  1. SPECIFIC

Prinsip pertama dalam perencanaan sebuah target bisnis adalah membuat rencana tesebut secara terperinci dan spesifik. Dengan mengacu target-target yang lebih spesifik, maka para Anda dapat memiliki pandangan yang jelas dan terarah tentang harapan yang diinginkan pada bisnis online Anda. Prinsip ini dapat dibuat dengan menjawab 5 pertanyaan mendasar, yaitu what, why, who, where, dan which.

  1. MEASURABLE

Measurable artinya dapat diukur. Dalam hal ini, peranan angka menjadi sangat penting sebagai gambaran nilai target yang menjadi impian bisnis online Anda. Pertanyaan yang menjadi patokan adalah how many, how much, atau menetapkan indikator untuk mengetahui target tersebut telah tercapai?

  1. ATTAINABLE

Attainable artinya dapat dicapai. Hal ini maksudnya bahwa dalam menyusun target bisnis harus realistis dan tidak berlebihan. Oleh karena itu, perlu untuk mempelajari bagaimana kondisi bisnis online sebelumnya, situasi saat ini yang sedang dialami, dan perkiraan kondisi yang akan terjadi dimasa datang. Dengan demikian target yang diputuskan tersebut masuk akal untuk dicapai.

  1. REALISTIC

Artinya target yang ditentukan harus bersifat realistis, jangan menentukan target yang terlalu tinggi dalam waktu yang sangat singkat. Target yang terlalu tinggi dan tak terjangkau akan memberikan tekanan yang terlalu besar. Jangan membuat tujuan yang terlalu sulit juga sehingga tidak mungkin Anda capai.

  1. TIME BOUND

Anda harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai. Dengan adanya batasan waktu, Anda akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan. Dengan batasan dan perhitungan waktu juga, Anda bisa fokus dalam mengambil langkah dalam mencapai target tersebut.

Kelima prinsip diatas dapat Anda praktekan ketika sudah menjalankan bisnis online Anda atau bahkan sebelum Anda memulainya. Pastikan Anda tidak keliru menetapkan target Anda, agar peta perjalanan bisnis online Anda terlihat jelas dan dapat menuntun Anda menuju kesuksesan.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller