Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Cara Mengatasi Kebutuhan Darurat dalam Bisnis, Anti Panik!

Kebutuhan darurat terpenuhi, arus kas tetap lancar deh!

Diperbarui 08 Aug Baca 2 menit

Hai, Seller!

Pernah mengalami momen di mana arus kas macet karena kebutuhan mendadak? Atau harus menyiapkan pengeluaran mendadak tanpa persiapan karena hal yang tidak terduga? Apalagi jika kebutuhan mendadak muncul saat momen-momen campaign besar Tokopedia yang butuh banyak persiapan dari stok sampai operasional.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, untuk mengatasi momen-momen mendadak ini, kamu hanya perlu melakukan 3 tips berikut ini:

1. Rencanakan keuangan bisnis dan pengeluaran tidak terduga

Rencanakan anggaran untuk setiap titik pengeluaran bisnis, dengan mempertimbangkan hal yang pasti akan terjadi dan hal yang mungkin terjadi di masa mendatang. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai hal yang pasti/belum pasti, perhatikan contoh berikut ini situasi yang membutuhkan pengeluaran:

  • Pengeluaran tetap/pasti terjadi: Gaji karyawan, iuran sewa toko, bahan baku/stok produk, kebutuhan packing dan biaya listrik/air.
  • Pengeluaran mendadak/mungkin terjadi: Biaya pemasaran membengkak saat momen spesial, stok produk saat permintaan melonjak selama kampanye, mesin produksi rusak, tagihan dari supplier saat penghasilan belum cair, musibah atau bencana alam.

Setelah berhasil menentukan pengeluaran pasti dan/atau mendadak, siapkan anggaran untuk kebutuhan mendadak dari awal, lalu tentukan prioritas dalam bisnis.

Jangan lupa pisahkan pengeluaran pribadi dan toko, akan lebih baik jika bisa membuat rekening yang terpisah. Gunakan dana darurat dari kantong/rekening khusus untuk tokomu sesuai dengan prioritas yang kamu tetapkan di awal.

2. Miliki asuransi sebagai jaring pengaman

Asuransi adalah salah satu instrumen yang bisa kamu manfaatkan untuk memindahkan risiko kamu, asistenmu, bisnismu, dan barang-barangmu.

Untuk kamu dan asisten kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan dan jiwa, untuk memperkecil risiko apabila terjadi kecelakaan atau kejadian berbahaya di tempat kerja. Asuransi juga bisa mengurangi kerugian kamu jika barang-barang dan alat kantormu rusak karena kebakaran, pencurian atau musibah lainnya.

3. Tarik dana Modal Toko

Modal Toko adalah fasilitas pinjaman yang aman dan terpercaya berupa limit kredit yang fleksibel, bisa ditarik secara instan kapanpun dan berapapun sesuai kebutuhan pengembangan bisnis. Aktivasinya gratis, terpercaya, dan mudah (cukup foto KTP dan foto KTP + selfie), kamu bisa dapat limit hingga 300 juta.

Penarikannya juga bisa sesuka hati dan pastinya hanya dengan persetujuan kamu, jadi bisa aktivasi Modal Toko dulu tarik dananya belakangan. Bertransaksi dengan Modal Toko juga pasti aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Makin aman karena sekarang ada Proteksi Pinjaman yang bisa bantu kamu melunasi sisa transaksi Modal Toko jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, dan sebagainya. Pelajari selengkapnya tentang Proteksi Pinjaman di sini.

Sekarang nggak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba bisnis kamu punya Kebutuhan Darurat. Selamat mencoba tips-tipsnya ya, Seller!
Baca juga: Kembangkan Usaha dengan Modal Toko

Baca juga: Saya Tidak Bisa Melakukan Penarikan Modal Toko

Apakah informasi ini membantu?

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual