Ketahui Cara Baru Perhitungan Performa Toko

Di Tokopedia, salah satu cara untuk meningkatkan penjualan Anda adalah dengan meningkatkan nilai Performa Toko.

 

Apa Itu Performa Toko?

Performa Toko merupakan skor penilaian terhadap pelayanan toko Anda yang ditentukan berdasarkan beberapa indikator tertentu dengan rentang 1-100. Bagi Seller yang baru bergabung di Tokopedia, skor awal Anda adalah 80. Anda bisa mendapatkan skor 100 jika telah berhasil verifikasi toko (baca indikator performa toko selengkapnya di bawah). Skor ini akan bertambah atau berkurang sesuai performa toko Anda. Nilai skor Performa Toko bisa Anda cek melalui desktop maupun aplikasi Top Seller (khusus Android). 

Seller yang memiliki skor performa toko minimal 75, berkesempatan untuk mendapatkan Power Badge. Pelajari Power Merchant di sini. Maka dari itu, teruslah berusaha meningkatkan skor performa toko Anda.

Mulai 1 Januari 2019, berlaku perubahan terhadap indikator penilaian performa toko.  Berikut ini indikator performa toko terbaru dan tips yang bisa Anda aplikasikan untuk meningkatkan skornya:

 

  1. Kecepatan dalam Membalas Pesan Pembeli (Chat Speed)

Indikator ini menilai durasi yang Anda butuhkan untuk membalas pesan dari pembeli. Untuk mendapat nilai yang baik, usahakan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk membalas tidak lebih dari 4 jam.

  1. Tingkat Pesan Terbalas (Chat Rate)

Merupakan pengukuran seberapa aktif Anda dalam membalas pesan.

Contoh kasus: Anda menerima pesan dari 100 pembeli dan berhasil membalas pesan ke 90 pembeli. Maka, tingkat pesan terbalas Anda adalah sebesar 90%.

Pastikan tingkat pesan terbalas di toko Anda tidak kurang dari 87% untuk mendapatkan skor Performa Toko yang baik.

Perbedaan Nilai Chat Rate Pada Halaman Produk dan Halaman Statistik

  • Perhitungan pada Halaman Produk: Diberikan dalam bentuk persentase (1% – 100%) dan dihitung selama 7 hari terakhir
  • Perhitungan pada Halaman Statistik: Diberikan dalam bentuk numerik (1 – 10) yang merupakan konversi dari nilai di halaman produk sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan diakumulasi selama 30 hari terakhir.
  1. Kecepatan dalam Memproses Pesanan

Mengukur seberapa cepat Anda memproses pesanan. Kecepatan ini dinilai sejak pembayaran dari pembeli terkonfirmasi hingga resi tercatat di sistem logistik (untuk pengiriman konvensional) dan hingga penjual melakukan request pick-up (untuk pengiriman instant courier). Untuk mendapatkan nilai yang optimal, usahakan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memproses tidak lebih dari 22 jam untuk pengiriman konvensional dan 7 jam untuk instant courier.

  1. Verifikasi Toko

Anda akan mendapatkan skor jika toko Anda berhasil terverifikasi. Verifikasi toko dapat Anda lakukan di aplikasi Tokopedia menggunakan foto KTP dan foto diri. Cek selengkapnya tentang cara Verifikasi Toko.

  1. Poin Penalti Rendah

Pastikan Anda tidak banyak melakukan kesalahan yang dapat mengakibatkan poin penalti. Perhatikan jumlah poin penalti untuk setiap kasus pelanggaran di sini.

 

Penilaian skor performa toko dinilai 30 hari terakhir. Perlu diingat bahwa indikator yang disebutkan di atas akan efektif berlaku pada 1 Januari 2019. Cek indikator performa toko yang berlaku saat ini.

Bagikan Artikel

3 Komentar

Eonmov

14 Dec

Keren. Biar termotivasi kita para seller. Trims Toped.

dachler purba

17 Dec

Mantap. Sy sangat setuju dgn indikator “chat speed” dan “response rate” nya.

Hendri Wijaya

17 Dec

pertama

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar