Manfaat Blog untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

Manfaat Blog untuk Online Shop – Punya toko online dan sedang berpikir bagaimana cara meningkatkan penjualan dan pengunjung dari online shop yang kamu miliki? Tahukah kamu bahwa hal tersebut bisa kamu wujudkan dengan membuat blog untuk online shop-mu? Ya, kehadiran blog bisa menjadi senjata untuk meningkatkan penjualan toko online-mu.

Bagaimana dan apa manfaat blog untuk meningkatkan kunjungan dan pembelian ke toko online yang kamu miliki? Simak ulasan betapa pentingnya blog untuk toko online.

Manfaat Blog untuk Toko Online

1. Media Promosi

Selain melalui sosial media seperti Instagram dan Twitter, blog menjadi pilihan media promosi yang tepat. Dengan promosi menggunakan blog, Anda dapat menjual produk dengan cara soft selling, yaitu menjual produk secara halus dan perlahan, jadi konsumen tidak merasa terganggu dengan promosi yang berlebihan dan terang-terangan.

2. Mempermudah Pembeli untuk Menemukan Produk Jualanmu

Blog dengan topik yang variatif akan membantu kamu mendapatkan pengunjung dari berbagai macam media. Karena kamu bisa mempromosikan produk-mu melalui blog, maka pembeliakan lebih mudah menemukan dan mengenal produk dari toko online. Dan tentunya lingkup konsumen yang bisa kamu jangkau juga lebih besar.

3. Muncul Pada Mesin Pencari

Selain mempermudah pembeli untuk menemukan produk jualanmu, manfaat blog untuk online shop lainnya adalah blog dapat memudahkan calon pembeli menemukan tokomu melalui mesin pencari. Misalnya, apabila calon pembeli mencari blazer di mesin pencari, kemudian kamu mempunyai konten yang baik dan sesuai dalam blogmu, blog toko kamu akan muncul pada mesin pencari, dan dapat mendorong calon pembeli untuk mengetahui lebih lanjut terkait produk kamu melalui blog tersebut.

Baca juga: Tokomu Lebih Mudah Ditemukan Pembeli dengan SEO, Gratis!

4. Memberikan Edukasi Tambahan Kepada Pembeli tentang Produk

Manfaat blog untuk online shop lainnya adalah kamu bisa memberikan berbagai informasi tambahan mengenai produk yang kamu jual. Informasi tersebut bisa berupa cara menggunakan produk tersebut dengan baik dan benar, tips dan trik serta bisa juga mengenai kandungan serta manfaat lebih dari produk tersebut. Dengan begitu, pembeli menjadi lebih yakin untuk membeli produk yang kamu jual.

5. Membuat Produk dan Toko Online Lebih Terpercaya

Masih menyinggung manfaat blog untuk online shop sebelumnya, dengan memiliki informasi lebih jelas serta edukasi lengkap tentu toko online dan produk menjadi lebih meyakinkan pembeli dan akhirnya kamu bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online-mu.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

6. Memberi Informasi Lebih Lengkap

Biasanya pada beberapa media promosi lain, kata-kata, gambar dan fitur lainnya sangat terbatas. Namun dengan blog, kamu dapat menuangkan segala informasi terkait produk yang dijual dengan lengkap dan jelas. Misalnya bisa berupa video, gambar, dan deskripsi yang jelas dan lengkap.

Baca juga: Tips Membuat Video Produk Yang Memikat Pembeli!

7. Mendapatkan Kritik dan Saran

Apabila blog kamu sudah memiliki banyak pembaca karena kontennya yang bagus, blog bisa kamu jadikan media kolaborasi dengan produk lain. Misalnya, blog kamu bisa dijadikan media untuk me-review produk lain dan kamu bisa mendapatkan uang dari review produk tersebut tersebut. Dengan kata lain, blog dapat kamu jadikan sebagai media untuk beriklan.

8. Menambah Pemasukan

Manfaat blog untuk toko online yang terakhir jelas adalah untuk menambah pemasukan dari toko online yang kamu miliki! Terlepas dari situ, saat blog yang kamu bangun sudah semakin bagus maka kamu bisa menjadikan blog media endorse berbagai produk dari toko lain yang notabene akan memberikanmu pemasukan tambahan.

Baca juga: Mau Produkmu Diiklankan Artis? Pakai Affiliate Marketing!

9. Lebih Banyak Menjangkau Pembeli

Apabila menggunakan sosial media lain, kategori umur dan target market yang terjangkau cenderung sempit, karena pengguna sosial medianya terbatas. Berbeda dengan blog, siapapun bisa lebih mudah menemukan toko online-mu yang mereka temukan dari mesin pencari, sehingga orang yang terpapar informasi toko online kamu menjadi lebih banyak lagi.

10. Menambah Variasi Konten

Pasti setiap target market yang kamu bidik memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan sosial media. Ada yang berpikir bahwa dengan melihat gambar pada Instagram itu cukup, namun yang lain bisa saja membutuhkan informasi lebih detail sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan adanya blog, hal ini dapat menjadi alternatif bagi pembeli untuk melihat konten yang berbeda melalui media yang berbeda.

Blog memang memiliki segudang manfaat, dan beberapa diantara sangat penting untuk kamu yang memiliki bisnis atau toko online. Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan blog untuk mengoptimasi penjualan dari online shop yang kamu miliki!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller