Larangan Pengiriman Paket Melalui Non-partner Logistik Tokopedia

Halo Seller!

Ada informasi penting untuk kamu yang sering mengirim barang dari luar negeri dan menggunakan layanan logistik yang tidak bekerja sama dengan Tokopedia.

  1. Per tanggal 1 Juni 2020, Tokopedia akan menolak seluruh resi pengiriman yang berasal dari layanan logistik yang tidak bekerja sama dengan Tokopedia. Sebelumnya Tokopedia masih memperbolehkan hal tersebut dengan syarat Seller harus memberikan bukti fisik resi/AWB dari pengiriman tersebut. Namun, hal itu mulai 1 Juni 2020 tidak diperbolehkan lagi.
  2. Khusus kamu yang masih melakukan pengiriman dari luar negeri, silakan menggunakan fitur PO (Pre Order). Setelah produk sudah sampai di Indonesia, Seller baru mengirim barang dengan resi pengiriman sesuai yang dipilih oleh pembeli atau salah satu partner logistik Tokopedia.

Mengapa peraturan ini diberlakukan?

Sebelumnya, Seller yang mengirim barang dari luar negeri bisa menggunakan resi pengiriman dari layanan logistik yang tidak bekerja sama dengan  Tokopedia. Resi pengiriman dari luar negeri ini tidak bisa dilacak oleh pembeli di Tokopedia. Belum ada perbedaan ongkos kirim yang sudah dibayarkan pembeli dengan resi yang tertera saat barang sampai. Hal ini bisa membuat pembeli kecewa.

Untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan pembeli di Tokopedia, kebijakan ini perlu dilakukan. Dengan skema baru, pembeli jadi bisa melakukan pelacakan nomor resi yang digunakan. Jadi gunakan partner logistik yang ada di Tokopedia untuk mengirim semua paketmu, ya!

Apa akibatnya bila tidak dilakukan?

Apabila Seller tetap menggunakan resi di luar resi partner logistik Tokopedia, resi tersebut tidak akan bisa dilacak oleh sistem Tokopedia. Apabila dalam 1 x 24 jam Seller tetap tidak mengubah resi tersebut menjadi resi partner pengiriman Tokopedia, order akan otomatis dibatalkan oleh sistem Tokopedia dan uang akan dikembalikan penuh 100% kepada pembeli.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Pre-Order?

  1. Masuk ke halaman tambah produk (seller.tokopedia.com/add-product/)
  2. Isikan keterangan produk, seperti nama produk, kategori, harga, dan lain-lain.
  3. Aktifkan fitur Pre-Order di bagian bawah dengan mengklik tombol hijau dan tentukan waktu pemrosesannya
  4. Klik ‘Simpan’.

Ayo aktifkan sistem Pre-Order jika kamu ingin mengirim barang dari luar negeri!

AKTIFKAN SEKARANG!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller