[Pengiriman] Kurir Rekomendasi, Solusi Praktis untuk Kirim Orderan ke Pembeli

Update info terbaru tentang Kurir Rekomendasi biar proses pengiriman paket lebih optimal. Cek sekarang!

Diperbarui 22 Jan  • Baca 2 menit

Hai, Seller! Masih suka bingung dengan banyaknya pilihan layanan kurir di Tokopedia? Tenang, sekarang ada Kurir Rekomendasi yang bisa kasih solusi tepat untuk berikan layanan pengiriman terbaik ke pembeli. Apa sih, bedanya Kurir Rekomendasi dengan layanan pengiriman lain? Simak detailnya berikut ini!

Apa itu Kurir Rekomendasi?

adalah layanan pengiriman yang memanfaatkan data dan teknologi Tokopedia sehingga kualitas pengiriman terjaga. Armada kurir kami berasal dari partner pengiriman yang sudah diidentifikasi dan dipilih otomatis berdasarkan data performa pengirimannya. Kurir yang menjemput/mengantar pesananmu juga sudah menerapkan standar operasional pengiriman Tokopedia.

Saat ini, partner yang sudah menjadi bagian dari Kurir Rekomendasi adalah , , , , , dan yang terbaru adalah . Buat yang belum tahu, SAP Express atau yang dikenal dengan SAPX adalah layanan jasa pengiriman ekspedisi barang yang punya cakupan wilayah luas hingga lebih dari 7.200 kecamatan di Indonesia.

Nah, biar makin tahu kurir-kurir yang siap membantumu saat menggunakan fitur Kurir Rekomendasi, perhatikan tabel di bawah ini untuk mengetahui keuntungan-keuntungan dari masing-masing penyedia layanan ekspedisi:

Wilayah cakupan Kurir Rekomendasi

Saat ini, Kurir Rekomendasi sudah dapat diaktifkan oleh Seller yang berada di wilayah-wilayah berikut, lho! 

Keterangan:

*khusus untuk kecamatan tertentu

Dapatkan 4 keuntungan menggunakan Kurir Rekomendasi

1. Resolusi masalah lebih mudah dan cepat dengan fitur Chat

Manfaatkan fitur Chat Kurir Rekomendasi untuk resolusi masalah lebih mudah dan cepat. Tim Tokopedia Care siap menjawab pertanyaan dan kendala yang kamu hadapi seputar Kurir Rekomendasi. Kamu punya keluhan terkait Kurir Rekomendasi? Klik link yang ada untuk berbicara langsung dengan tim Tokopedia Care.

2. Pantau paket mudah dan cepat dengan Lacak Pengiriman

Cek posisi paket dengan mudah melalui fitur “Lacak Pengiriman”. Seller hanya perlu memasukan nomor resi pengiriman , setelah itu informasi riwayat pengiriman paket akan terlihat secara lengkap, mulai dari nama mitra logistik yang menjemput dan mengantarkan paket hingga saat paket sudah diterima oleh pembeli.

3. Pilihan mitra logistik terbaik dari Kurir Rekomendasi

Dengan menggunakan data performa pengiriman mitra logistik, Kurir Rekomendasi siap memberikan pilihan kurir terbaik sehingga proses pengiriman barang tetap terjaga kualitasnya. Kamu juga bisa mengunjungi situs Kurir Rekomendasi untuk mengetahui informasi lebih lengkap .

Setelah mengetahui keunggulan Kurir Rekomendasi, selanjutnya mari kita praktekkan cara mengatur jadwal pick-up di bawah ini.

Simulasi pengiriman dengan Kurir Rekomendasi

Sistem Tokopedia akan menunjuk kurir yang akan mengirim pesanan. Perhatikan label pengiriman untuk mengetahui pihak logistik yang terlibat dalam proses pengirimanmu, misalnya seperti label pengiriman dari Toko X di bawah ini.

Pada label tertera keterangan “Dipickup oleh” SiCepat dan “Diantar oleh” JNE.

  • “Dipickup oleh” adalah paket akan dijemput oleh SiCepat di alamat penjemputan. Partner pick up akan menjemput maksimal 1x24 jam setelah seller melakukan request pick up
  • “Diantar oleh” adalah paket akan diantarkan oleh JNE ke alamat tujuan

Sementara untuk shipping label drop off, sebagai berikut:

Pada label tertera keterangan “Drop off ke” JNE dan “Diantar oleh” Lion Parcel.

  • “Drop off ke” adalah paket akan seller perlu drop off ke gerai JNE
  • “Diantar oleh” adalah paket akan diantarkan oleh Lion Parcel ke alamat tujuan

Untuk lebih detail tentang Drop Off Kurir Rekomendasi, kamu bisa baca ini []

Berikut adalah simulasi pengiriman pada paket kamu:

Seller tidak perlu khawatir dengan perbedaan mitra pengiriman karena semua mitra Kurir Rekomendasi adalah partner resmi dan terdaftar dalam sistem Tokopedia. Pemilihan mitra diambil berdasarkan data performa pengiriman kurir terbaik yang dimiliki oleh Tokopedia, sehingga Seller dan pembeli tidak perlu lagi ragu untuk urusan pengiriman barang yang dipercayakan oleh Kurir Rekomendasi.

Menarik kan, Seller? Yuk, aktifkan Kurir Rekomendasi sekarang juga. Kamu bisa mengaktifkan Kurir Rekomendasi melalui desktop dan aplikasi Tokopedia Seller. Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Cara mengaktifkan Kurir Rekomendasi (via desktop)

1. Masuk ke , pilih menu Pengaturan Toko, lalu klik Pengiriman

2. Klik checkbox Kurir Rekomendasi, lalu klik Simpan

Cara mengaktifkan Kurir Rekomendasi (Via Aplikasi Tokopedia Seller)

1. Buka aplikasi Tokopedia Seller, pilih menu Lainnya, lalu klik Pengaturan

2. Klik Atur Layanan Pengiriman, lalu klik checkbox Kurir Rekomendasi dan klik Simpan

*Apabila kamu ingin menonaktifkan layanan pengiriman Kurir Rekomendasi, kamu bisa mengikuti cara yang sama, lalu menghapus ceklis pada checkbox Kurir Rekomendasi.

Untuk membaca pertanyaan dan jawaban (FAQ) mengenai layanan Kurir Rekomendasi, silakan klik . Ayo, aktifkan Kurir Rekomendasi dan berikan pelayanan terbaik kepada pembeli agar penjualan semakin meningkat.

Baca juga:

Kurir Rekomendasi

Dapat Diakses di Desktop

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual