Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan logistik
  2. Kurir Rekomendasi, Solusi Praktis untuk Kirim Orderan ke Pembeli

Kurir Rekomendasi, Solusi Praktis untuk Kirim Orderan ke Pembeli

Kurir Rekomendasi bisa pakai Bebas Ongkir untuk Seller di wilayah Medan, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar dan Surabaya. Aktifkan Sekarang!

Diperbarui 25 Nov • Baca 2 menit

Hai seller, suka bingung dengan banyaknya pilihan layanan kurir di Tokopedia? Tenang, sekarang ada Kurir Rekomendasi yang bisa kasih kamu solusi tepat untuk memilih layanan pengiriman dan bantu kamu kasih pelayanan yang terbaik untuk pembeli. Dengan Kurir Rekomendasi, Tokopedia akan menunjuk kurir terbaik untuk menjemput dan mengantarkan paketmu ke pembeli. Simak informasinya di bawah ini!

Apa itu Kurir Rekomendasi?

Kurir Rekomendasi adalah layanan pengiriman tipe Reguler yang dipantau langsung oleh Tokopedia. Dengan memanfaatkan data dan teknologi yang canggih dalam setiap pengiriman, kami menetapkan standar seperti penjemputan paket dan pembayaran non-tunai untuk memudahkan Seller dalam proses pengiriman. Yang paling menarik adalah Kurir Rekomendasi menawarkan ongkos pengiriman yang lebih murah dibandingkan dengan layanan pengiriman lainnya sehingga dapat menjadi pilihan utama pembeli.

Saat ini, Kurir Rekomendasi baru dapat diaktifkan oleh Seller yang berada di wilayah Medan, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar, Surabaya untuk mengirimkan produk ke seluruh wilayah Indonesia d Paket Kurir Rekomendasi akan dibantu penjemputan dan pengirimannya oleh mitra logistik yang bekerja sama dengan Tokopedia. Untuk saat ini mitra logistik Kurir Rekomendasi adalah Anteraja, Sicepat, JNE dan Lion Parcel.

Keuntungan menggunakan Kurir Rekomendasi Tokopedia untuk Seller

1. Jadwal pick up yang pasti

Kurir Rekomendasi akan menjemput paket sesuai dengan jadwal berikut:

SesiWaktuPeriode Request PickupJadwal Pickup Time
1Pagi18.00 – 09.5910.00 – 12.00
2Siang10.00 – 11.5912.00 – 14.00
3Siang12.00 – 13.5914.00 – 16.00
4Sore14.00 – 15.5916.00 – 18.00
5Sore16.00 – 17.5918.00 – 20.00

Dengan menyiapkan sistem batch atau sesi dalam penjemputan paket jadwal seperti ini, Seller bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk melakukan request pick-up dan mempersiapkan paket untuk di pick-up pada jadwal yang ditentukan. Nggak hanya pick up aja, kamu juga bisa mengantarkan paket ke kantor agen. Lihat lokasi drop off di sini.

2. Status pengiriman yang akurat

Dengan memanfaatkan data dan teknologi canggih di setiap pengiriman, Kurir Rekomendasi menampilkan status pemesanan yang lebih akurat. Status pemesanan bisa kamu lacak di sini.

3. Bukti pengiriman lebih lengkap

Kondisi paket saat kurir menerima dari penjual dan kondisi paket saat kurir menyerahkan ke penerima atau pembeli juga akan kami dokumentasikan. Hal itu Kurir Rekomendasi lakukan untuk antisipasi jika terjadi kehilangan, kerusakan, atau penipuan dalam pengiriman, pihak penjual dan pembeli dapat terlindungi oleh bukti yang konkrit, sehingga proses komplain dapat berjalan dengan lancar. Kami sangat sarankan juga kepada penjual untuk mengaktifkan Asuransi Tokopedia.

Baca juga: Cegah Rugi Dengan Aktifkan Layanan Asuransi Tokopedia

4. Fitur AWB Otomatis dan Nontunai

Kamu tidak perlu lagi memasukkan nomor resi secara manual maupun membayar ongkos pengiriman kepada kurir. Nomor resi akan langsung masuk ke akun tokomu maupun pembeli, dan dana yang diterima Seller merupakan dana yang telah dikurangi ongkos kirim.

5. Konfirmasi berat saat penjemputan

Kurir yang menjemput paket akan melakukan konfirmasi berat paket terlebih dahulu saat menerima paket dari penjual. Hal ini dilakukan agar tidak ada perbedaan biaya yang dibayarkan pembeli dengan yang harus diterima layanan pengiriman.

6. Ongkos kirim lebih hemat untuk pembeli

Dengan menggunakan Kurir Rekomendasi, pembeli akan mendapatkan ongkos kirim yang lebih murah jika dibandingkan layanan pengiriman lainnya. Berikut gambaran ongkos kirim saat pengiriman.

a. Pengiriman dalam kota (Surakarta - Surakarta)

article

b. Pengiriman luar kota (Medan - Yogyakarta)

article

7. Atur Jadwal Pick-up

Selain menyediakan beberapa jadwal pick-up yang pasti, Kurir Rekomendasi juga menyediakan fitur yang mempermudah proses pemesanan yaitu atur jadwal pick-up. Dengan atur jadwal pick-up, Seller bisa kapan saja request pick up dan memilih waktu yang sesuai dengan keinginan Seller sehingga tidak perlu khawatir menunggu kepastian kapan kurir akan datang menjemput.

8. Tersedia Bayar di Tempat (COD)

Kurir Rekomendasi juga menyediakan fitur COD, dimana calon pembeli dapat melihat barang terlebih dahulu sebelum membeli. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu masuk ke halaman Seller Tokopedia, klik ‘Pengaturan Toko’ kemudian klik menu ‘Layanan’ Pada bagian Bayar di Tempat, centang kolom Syarat dan Ketentuan, lalu klik Aktifkan Layanan. Selamat! Fitur Bayar di Tempatmu telah aktif.

article

Cara mengatur jadwal pick up sangat mudah. Perhatikan langkah dan gambar di bawah ini:

1. Tentukan kapan Kurir perlu pick-up ( Sekarang atau Jadwalkan pick up) lalu ‘Kirim Request Pick-up’

article

Dengan fitur atur jadwal pick up, sekarang Seller bisa lebih fleksibel pilih kapan waktu yang tepat untuk menyerahkan barang ke kurir untuk di pick-up. Bisa pick-up sekarang dan juga jadwalkan pick-up maksimal 1x24 sejak kamu memutuskan request pick-up.

2. Selamat, request kamu berhasil dan sedang diproses oleh Tokopedia

article

3. Cek kembali jam penjemputan dengan klik ‘Penjualan’ lalu pilih ‘Dalam Pengiriman’ dan klik lacak untuk menemukan keterangan kapan barang akan dijemput oleh kurir.

article

Simulasi pengiriman dengan Kurir Rekomendasi

Sistem Tokopedia akan menunjuk kurir yang akan mengirim pesanan pembelimu. Sebagai Seller, kamu perlu memperhatikan label pengiriman untuk mengetahui pihak logistik yang menjemput pesanan pembeli dan juga yang mengantarkan ke rumah pembeli.

Berikut tampilan label pengiriman Kurir Rekomendasi:

article

Simulasi pengiriman:

Toko Berkah menerima pesanan dan telah cetak label pengiriman. Tertera di label ada keterangan “Dipickup oleh” SiCepat dan “Diantar oleh” Anteraja.

  • “Dipickup oleh” adalah paket akan dijemput oleh SiCepat di alamat penjemputan
  • “Diantar oleh” adalah paket akan diantarkan oleh Anteraja ke alamat tujuan

Jangan khawatir akan perbedaan Mitra Logistik karena Kurir Rekomendasi adalah layanan yang mengandalkan kelebihan dari Mitra Logistik yang sesuai dengan standar yang ditetapkan Kurir Rekomendasi.

Menarik kan Seller? Yuk aktifkan Kurir Rekomendasi sekarang juga. Kamu bisa mengaktifkan Kurir Rekomendasi melalui desktop dan mobile. Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Cara mengaktifkan Kurir Rekomendasi (via desktop)

1. Masuk ke Halaman Tokopedia Seller, pilih menu 'Pengaturan Toko', lalu klik 'Pengiriman'.

article

2.  Pilih kurir Rekomendasi dan ceklis di kotak Kurir Rekomendasi, lalu klik ‘Simpan’

article

Cara mengaktifkan Kurir Rekomendasi (Via Aplikasi Tokopedia Seller)

1. Buka aplikasi Tokopedia Seller, pilih menu ‘Lainnya’, lalu klik ‘Pengaturan’. Kemudian klik ‘Atur Layanan Pengiriman’

article

2. Cari Kurir Rekomendasi dan klik hingga tanda ceklis muncul. Setelah itu klik tanda ceklis di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahanmu.

article

Selesai deh Seller, untuk membaca pertanyaan dan jawaban (FAQ) mengenai layanan Kurir Rekomendasi, silahkan klik di sini ya. Ayo aktifkan Kurir Rekomendasi dan berikan pelayanan terbaik kepada pembeli agar penjualan semakin meningkat.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Spesial 9-12 dan 20-31 Desember! Minimal Belanja Rp10Ribu Bisa Bebas Ongkir

Pengaturan logistikDiperbarui 06 DecBaca 1 menit
top description

Cara Mengirim Produk Kategori Berbahaya Agar Aman Sampai Tujuan

Pengaturan logistikDiperbarui 06 DecBaca 1 menit
top description

Makin Untung dengan Skema Bebas Ongkir Terbaru!

Pengaturan logistikDiperbarui 02 DecBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual