Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Materi Seller Intermediate
  2. Materi 5: Cara Perkuat Branding-mu di Saat Ramadan ini

Materi 5: Cara Perkuat Branding-mu di Saat Ramadan ini

Saatnya bangun branding toko yang kuat dengan Live Streaming di Tokopedia Play

Diperbarui 23 Apr • Baca 2 menit

Hai Seller, sebagai pelaku bisnis online, penting sekali untuk membangun branding toko agar tokomu bisa menjadi top-of-mind atau prioritas utama pembeli. Apalagi saat menjelang Ramadan seperti ini, kamu harus jadi Seller yang #SIAPRAMADAN ya. 

Apa itu Branding Toko?

Branding toko adalah semua alat atau aktivitas yang digunakan untuk membangun reputasi dan menciptakan loyalitas yang kuat dengan pembeli agar pembeli memahami nilai dan pesan utama dari produk secara efektif dan relevan.

Keuntungan branding toko

  1. Untuk membedakan produk kita dengan produk kompetitor
  2. Untuk menjelaskan keunggulan produk kita
  3. Kekuatan brand mempengaruhi performa finansial toko Anda

Oleh karena itu, perkuat branding tokomu dengan mengoptimalkan fitur Live Streaming di Tokopedia. Simak tips lengkapnya di bawah ini.

Jualan naik 2 kali lipat setelah live di Tokopedia Play

article

Bangun Branding toko dengan Live Streaming di Tokopedia Play

Menurut penelitian terbaru dari Livestream.com, 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand. Untuk toko Power Merchant dan Official Store terpilih bisa mempromosikan produk andalanmu melalui Live Streaming Tokopedia Play.

Live Streaming Tokopedia Play adalah fitur baru yang memungkinkan Seller melakukan siaran langsung dalam bentuk video untuk promosi produk ke calon pembeli.

Pembeli bisa langsung membeli produk yang kamu tawarkan ketika siaran langsung.

Untuk saat ini, fitur ini baru bisa digunakan oleh Seller terpilih. Namun, kamu bisa mendaftarkan tokomu untuk pakai fitur Live Streaming di sini.

Nantinya Live Streaming-mu akan muncul pada halaman tokomu dan halaman Tokopedia Play di aplikasi Tokopedia. Untuk melakukan live kamu bisa masuk melalui melalui Aplikasi Tokopedia Seller dengan menggunakan Android.

article

Contoh konten untuk Live Streaming saat Ramadan

Salah satu cara agar produk kamu dapat terjual banyak ketika live streaming Tokopedia Play, kamu perlu membuat konten yang menarik. Yuk simak tips membuat konten yang menarik untuk live streaming-mu selama Ramadan nanti.

1. Launching produk atau varian baru edisi Ramadan

Jika kamu mempunyai produk baru edisi Ramadan seperti mukena, sarung, atau kue yang akan launch pada saat Ramadan nanti, kamu bisa membuat pre-launch atau promo untuk meningkatkan awareness produk tersebut.

2. Promosi Parsel Ramadan

Kamu bisa jelaskan dengan detail isi dari parsel. Tonjolkan keunggulan dan keunikan parsel tokomu dibandingkan dengan parsel toko lain.

3. Kuis ramadan atau bagi-bagi THR

Dengan kuis atau bagi-bagi THR selama ramadan, kamu bisa meningkatkan engagement dengan calon pembelimu. Pilih hadiah yang menarik biar pembeli makin tertarik ya. Kamu juga bisa ajak pembeli untuk menyebarkan kuis atau giveaway-mu biar makin banyak yang menonton live streaming tokomu.

Kunjungi halaman live streaming Tokopedia Play di sini untuk cari inspirasi.

article

Temukan panduan lengkap live streaming mulai dari peralatan yang harus kamu siapkan hingga cara melakukan live streaming di bawah ini.

Download Panduan

Cara menggunakan Live Streaming di Tokopedia Play

Tonton video cara melakukan Live Streaming di Tokopedia Play berikut.

Manfaatkan media sosial untuk perkuat branding tokomu

Selain melakukan live streaming langsung ke pengguna Tokopedia, manfaatkan juga media sosial seperti Instagram, Facebook dan TikTok untuk memperkuat branding toko. Pastikan kamu memilih media sosial yang sering digunakan oleh target pasarmu.

Agar branding toko sukses, buatlah konten visual yang menarik dan pastikan setiap konten yang kamu publikasikan memiliki pilihan warna yang senada sesuai dengan identitas brand tokomu.

Simak tips konten menarik berikut yang bisa kamu praktekkan untuk bulan Ramadan nanti.

Tips konten menarik edisi Ramadan

article

Kebiasaan pengguna media sosial selama Ramadan berdasarkan data 2020

Selama bulan Ramadan, perilaku pengguna sosial mengalami perubahan dibanding hari biasa. Cari tau yuk, biar kamu bisa menyesuaikan konten dan waktu posting dengan perilaku pengguna ini.

article

Gunakan deep link di bio media sosialmu agar bisa langsung mengarahkan calon pembeli ke tokomu di Tokopedia

Semakin banyak orang yang tahu akun Tokopedia mu, semakin besar kemungkinan produkmu akan dibeli. Makanya, jangan lupa tambahkan link toko di Tokopedia di kolom bio medsos-mu ya! Gunakan deep link agar bisa langsung mengarahkan calon pembeli ke tokomu di Tokopedia. Simak langkah mudahnya di bawah ini.

1. Buka akun tokomu melalui Aplikasi Tokopedia, lalu klik ‘ikon share’ di bagian kanan atas pada halaman toko atau produkmu

article

2. Klik ‘Copy Link’. Link tersebut berupa deep-link yang bisa langsung kamu gunakan

article

3. Tambahkan deep-link tersebut pada bio media sosialmu agar dapat menarik traffic dari media sosial ke tokomu di Tokopedia. Kamu dapat menggunakan Linktree untuk menyimpan berbagai linkmu.

article

Semoga tips di atas bermanfaat dalam membangun dan menguatkan branding tokomu agar tokomu bisa menjadi top-of-mind pembeli selama bulan Ramadan nanti.

Selamat mempraktekkan ke-5 materi dari kurikulum #SIAPRAMADAN ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Materi Seller Intermediate: Download Handbook Panduan Lengkap #SIAPRAMADAN 2021

Materi Seller IntermediateDiperbarui 23 AprBaca 1 menit
top description

Materi 1: Tambah Parsel Ramadan di Tokomu Biar Banjir Orderan!

Materi Seller IntermediateDiperbarui 23 AprBaca 2 menit
top description

Materi 2: Tips Biar Tokomu Tampil Menawan Saat Ramadan

Materi Seller IntermediateDiperbarui 23 AprBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual