Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

[Khusus Official Store] Hanya 5 Menit! Bikin Kupon TokoMember Semudah Itu Lho!

Pastikan Kupon TokoMember kamu selalu cukup untuk semua member tokomu ya!

Diperbarui 10 Aug Baca 2 menit

Hai, Seller TokoMember! Agar program yang sudah kamu buat makin optimal, kamu juga harus memastikan kupon TokoMember yang kamu miliki selalu tersedia lho buat member tokomu. Kamu butuh tambahan kupon? Jangan khawatir, kamu bisa bikin kupon TokoMember agar bisa digunakan oleh semua pelanggan setia.

Apa itu Kupon TokoMember?

Kupon TokoMember adalah kupon eksklusif hanya untuk member TokoMember baik yang tergabung dalam member Premium dan VIP dengan nilai yang berbeda untuk membuat mereka merasa spesial. Beberapa jenis kupon yang bisa kamu buat yaitu; kupon cashback dan juga kupon gratis ongkir.

Namun, sebelum membuat kupon, pastikan kamu sudah memiliki program TokoMember ya. Untuk tahu selengkapnya mengenai Program TokoMember, baca informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Baca juga: Bagaimana cara membuat Program TokoMember?

Perbedaan Kupon TokoMember dengan Voucher Toko

Perlu kamu ketahui, Kupon TokoMember berbeda dengan Voucher Toko. Nggak hanya dari jenisnya, keduanya juga memiliki keuntungan yang berbeda juga lho. Simak beberapa perbedaannya berikut ini.

article

6 Informasi penting mengenai kupon TokoMember

Saat membuat Kupon TokoMember, pastikan kamu sudah memahami beberapa informasi penting mengenai Kupon TokoMember berikut ini ya.

1. Tipe Kupon

Terdapat dua Tipe Kupon yang bisa kamu gunakan, yaitu Cashback dan Gratis Ongkir. kamu bisa memilih salah satu untuk membuat satu kupon. Jika ingin menambah kupon lainnya, lakukan dengan cara yang sama secara berulang.

2. Jenis Cashback

Pilih jenis cashback berdasarkan Rupiah atau persentase.

Simulasi:

Kamu memilih persentase, maka cashback yang akan diterima pembeli merupakan hasil dari perhitungan total belanja dikali dengan persentase. Sementara untuk Rupiah, berupa pengembalian dana berdasarkan potongan yang kamu berikan.

3. Maksimum cashback

Jumlah cashback maksimal yang diterima pembeli.

4. Minimum Pembelian

Jumlah transaksi yang harus dilakukan pembeli untuk dapat menggunakan kupon cashback dari toko kamu.

5. Kuota

Kuota yang dimaksud adalah jumlah maksimal pembeli yang dapat menggunakan Kupon TokoMember kamu. Kamu bisa mengatur kuota kupon sampai 10 ribu kupon untuk setiap level. Untuk itu kami rekomendasikan untuk membuat kupon paling tidak sebanyak jumlah member TokoMember kamu.

Simulasi:

Misalnya, kamu mengatur kuota untuk 100 pembeli, maka pembeli yang ke-101 tidak akan dapat menggunakan kupon toko kamu. Untuk itu, kamu harus membuat kupon TokoMember lagi agar lebih banyak Member toko yang bisa menggunakan kupon yang kamu buat.

6. Syarat Penggunaan Kupon

Untuk saat ini, setiap member hanya bisa memakai kupon yang sama 1x saja. Oleh sebab itu, kami sarankan kamu untuk membuat >1 kupon untuk tiap level supaya member-member kamu yang setia dengan toko kamu bisa selalu menikmati keuntungan jadi member toko kamu dan belanja terus menerus di sana. Jangan lupa, pantau kuota kupon kamu secara berkala supaya member kamu tidak akan pernah kehabisan kupon belanja.

Simulasi:

Apabila kamu hanya membuat 1 Kupon Premium dan 1 Kupon VIP, member kamu hanya bisa berbelanja menggunakan Kupon TokoMember 1x saat dia masih di level Premium dan nantinya 1x lagi saat dia menjadi VIP.

Apabila kamu ingin membuat kupon TokoMember kamu bisa mengaksesnya di Seller Dashboard Tokopedia di Desktop dan juga lewat Aplikasi Tokopedia Seller di Android.

article

Untuk dapat membuat kupon TokoMember, akses halaman TokoMember sekarang juga dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara membuat Kupon TokoMember

Kali ini mari kita pelajari cara pembuatan kupon TokoMember lewat halaman TokoMember di desktop. Ikuti beberapa langkah mudahnya berikut ini.

article

2. Kamu akan diarahkan ke Halaman Pembuatan Kupon TokoMember, di mana kamu bisa melihat kupon TokoMember lainnya yang pernah kamu buat. Pada halaman ini, klik ‘Buat Kupon TokoMember’

article

3. Pada halaman Pengaturan Kupon, kamu harus mengisi beberapa ketentuan seperti Tipe Kupon, Jenis Cashback, Maksimum Cashback, Minimum Pembelian, dan Kuota.

article

Pada tahap ini, kamu akan membuat 2 kupon yaitu untuk member Premium dan VIP. Setelahnya, kamu dapat membuat kupon tambahan untuk salah satu member sesuai dengan kebutuhan. Apabila kamu memilih VIP Member, maka kupon tersebut hanya dapat digunakan oleh member toko yang sudah berstatus VIP Member

article

Pastikan kamu sudah memasukkan Informasi Kupon seperti periode kupon dan tanggal aktif kupon kamu, ya.

article

[Catatan Khusus] Periode kupon harus berada dalam periode program TokoMember, jika tidak kupon tidak dapat dibuat.

4. Cek kembali informasi Kupon TokoMember kamu dan estimasi pengeluaran toko kamu untuk kupon ini. Jika sudah sesuai, klik ‘Selesai’. Mudah bukan caranya?

article

5 Tips membuat kupon TokoMember biar pembeli makin loyal

  1. Saat membuat kupon TokoMember, pastikan kamu membuat kupon untuk masing-masing member, yaitu Premium VIP Member.
  2. Setelah kupon aktif, saatnya kamu memantau performa kupon yang kamu buat. Jika performanya kurang bagus jangan khawatir, kamu dapat menghentikan masa berlaku kupon dan mulai membuat kupon lainnya.
  3. 1 kupon hanya dapat digunakan oleh 1 member, jadi pastikan untuk membuat beberapa kupon
  4. Atur jumlah kuota sama dengan jumlah member dan terus periksa performanya
  5. Ikuti skema pemberian keuntungan yang direkomendasikan untuk member Premium and VIP berikut ini.
article

Yuk buat kupon TokoMember agar lebih banyak member toko kamu yang mengikuti Program TokoMember yang kamu buat, Seller!

Baca juga: Cara Membuat Program TokoMember

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual