Penting! Perhatikan Kuota Produk Terbaru Biar Pembeli Nyaman Belanja di Tokomu

Penting! Perhatikan Kuota Produk Terbaru, Lebih Mudah Atur Produk, Pembeli Nyaman Belanja

Diperbarui 30 Apr  • Baca 2 menit

Hai, Seller! Untuk meningkatkan kesempatan produk dibeli oleh calon pembeli, kamu perlu mengoptimalkan kualitas halaman produk. Untuk itu, Tokopedia mau ajak kamu untuk lebih fokus lagi dalam mengatur dan meningkatkan kualitas halaman produk. Untuk mengevaluasi kualitas produkmu, kamu bisa cek halaman .

Manfaat Pengoptimalan Kuota Produk

Dengan memiliki limitasi kuota keseluruhan produk kamu dapat merasakan 3 manfaat ini:

  1. Kamu bisa lebih fokus melengkapi informasi dari setiap produkmu secara lengkap dan berkualitas agar dapat membantu pembeli dalam menentukan pilihan saat akan membeli produkmu.
  2. Kamu bisa lebih mudah mengatur operasional produk dengan menjaga keakuratan stok produk. Orderan kamu tetap lancar karena stok produk selalu aman!
  3. Punya produk yang sama namun berbeda varian? Nggak perlu ribet, kamu bisa membuat hingga 30 varian dalam satu produk dengan menggunakan fitur Varian. Dengan ini, pembeli jadi lebih nyaman saat mencari dan menemukan produkmu. .

Untuk itu, Tokopedia juga akan bantu kamu agar lebih fokus dalam mengatur produk-produkmu. Mulai 31 Agustus 2023 berikut aturan kuota produk untuk tokomu sesuai dengan keanggotaan Seller Tokopedia. Simak detailnya berikut ini.

Kuota Produk untuk Masing-masing Keanggotaan Seller tokopedia

Simulasi perhitungan Kuota Produk

Toko A adalah toko dengan badge Power Merchant dan memiliki jumlah pesanan keseluruhan sebanyak 19, maka Toko A akan memiliki kuota produk sebanyak 2,000. Namun saat Toko A mendapatkan tambahan 1 order sehingga total pesanan keseluruhan menjadi 20, maka kuota produk Toko A akan langsung bertambah menjadi 3,000.

Apabila Toko A memilih untuk bergabung dengan keanggotaan Power Merchant Pro Advance, dengan total pesanan selama ini yang sudah mencapai 20 pesanan, maka kuota produk Toko A akan langsung bertambah menjadi 5,000.

Ingat ya seller, total pesanan selesai merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kuota produkmu

Apa yang terjadi jika produk saya sudah mencapai maksimum kuota?

Kamu tidak akan dapat menambahkan produk baru kecuali kamu sudah menghapus beberapa produk yang saat ini ada di tokomu. Namun, jangan khawatir, kamu akan mendapatkan informasi berupa pengingat sisa kuota produk yang masih kamu miliki di halaman Daftar Produk dan halaman Tambah Produk. Berikut tampilannya:

Tampilan jumlah kuota produk pada halaman Tambah Produk

Jika kamu masih punya banyak Kuota Produk

Jika Kuota Produk Kamu di bawah 50 produk

Jika Kuota Produkmu telah habis

Untuk itu, yuk optimalkan kuota produk yang kamu miliki mulai sekarang. Biar produk yang kamu upload makin berkualitas, simak beberapa tips berikut ini ya!

Tips memaksimalkan kuota produk

1. Maksimalkan fitur Varian

Jika kamu menjual produk dengan beragam variasi, cukup upload satu jenis produk, lalu masukkan pilihan warna dan ukuran sebagai varian produk untuk mengoptimalkan kuota produkmu. Dengan menggunakan fitur varian, pembeli lebih mudah mencari dan memilih produk di tokomu.

Baca juga:

2. Hapus produk yang kurang diminati

Jika ada produk yang kurang diminati atau tidak akan diproduksi kembali, kamu bisa menghapus produk tersebut agar kamu bisa menambah produk baru. Kamu juga bisa memeriksa produk yang kurang diminati di halaman pada bagian Performa Produk dan cek jumlah Terjual dan Produk Dilihat masing-masing produkmu.

3. Tingkatkan performa produk yang sudah ada

Maksimalkan performa produk dengan memberikan nama produk dengan formula yang tepat (Jenis Produk + Merek Produk + Keterangan Tambahan), memberikan deskripsi produk dengan jelas dan spesifik, serta memberikan gambar produk dengan kualitas yang bagus.

Baca Juga:

4. Upgrade keanggotaan tokomu

Dengan upgrade keanggotaan toko, kamu bisa punya kuota produk yang lebih banyak. Kamu juga dapat menikmati berbagai fitur eksklusifnya. Untuk bisa meng-upgrade keanggotaan tokomu, tingkatkan terus penjualan dan maksimalkan fitur promosi yang ada di Tokopedia untuk meningkatkan kunjungan dan pesanan di tokomu.

Jika kamu merasa bingung mana produk yang harus dihapus, tenang saja! Tokopedia akan membantu menghapus produkmu. Simak skemanya di bawah ini:

Skema Penghapusan Produk yang Melebihi Batas Maksimum

1. Hari ke-1

  • Seller tidak bisa menambahkan produk baru.
  • Seller mendapat peringatan saat mencoba menambahkan produk baru.
  • Seller disarankan menghapus produk, mengoptimalkan fitur varian, atau upgrade status keanggotaan.

2. Penghapusan Produk

Sistem akan secara otomatis menghapus produk-produk dengan kriteria berikut:

  • Tidak mempunya transaksi sama sekali
  • Tidak dilihat pembeli selama 6 bulan terakhir
  • Dibuat lebih dari 3 bulan terakhir

3. Hasil Akhir

  • Seller tidak dapat mencari menemukan ata meng-update produk yang sudah dihapus di Halaman Produk.
  • Produk-produk yang dihapus oleh sistem sudah termasuk Varian (apabila produk memiliki Varian).

Baca juga:

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu pahami mengenai kuota produk. Yuk, mulai optimalkan kuota produk yang kamu miliki dan maksimalkan kualitas produknya. Kamu jadi lebih mudah buat atur produk, calon pembeli pun makin “sat-set” buat checkout!

Atur Kuota Produk

Agar daftar produk lebih rapi

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual