Ini Dia Keuntungan Berbisnis Online!

Keuntungan Bisnis Online – Teknologi berkembang pesat tidak hanya menjadi sarana hiburan, informasi yang informatif, dan edukasi yang bermanfaat, tetapi juga menjadi sarana berbisnis yang relevan.

Sudah bukan hal tabu lagi bahwa pembelian dan penjualan bisnis online sudah menjadi salah satu sarana yang baik dilakukan karena menguntungkan pembeli dan juga penjual. Walaupun, sistem penjualan secara konvensional (transaksi langsung) masih banyak juga ditemukan di pasaran. Dari 2 cara penjualan ini kita bisa menilai sistem mana yang lebih baik untuk kita terima.

Pengaruh Internet terus berkembang dan seiring berjalannya waktu kita pun melihat peluang-peluang yang ada di Internet dan salah satunya adalah peluang bisnis online. Berikut ini keuntungan-keuntungan berbisinis online yang harus kamu ketahui.

Keuntungan Berbisnis Online

  1. Tidak memerlukan tempat untuk berjualan

Seperti yang kamu ketahui bahwa bisnis berbasis online tidak memerlukan tempat/lapak. Kamu cukup foto barang dagangan kamu dan langsung dapat di post di akun yang sudah disediakan.

Kamu hanya membutuhkan Laptop, koneksi Internet dan barang dagangan kamu yang sudah siap ditampilkan. Dengan semua itu kalian tidak akan memakan anggaran yang banyak sehingga dapat dikatakan berbisinis online adalah hal yang praktis juga hemat.

  1. Media pemasaran yang tak terbatas

Internet menjadi salah satu media pemasaran yang mudah, karena murah dan efisien. Internet menawarkan banyak pilihan dalam menopang bisnis kamu dengan menggunakan web, atau media sosial.

Selain itu untuk menunjang web dan sosial media. Internet juga mempunyai aplikasi lain untuk mendukung bisnis kamu yaitu dengan web desain dan alat bantu lainnya sehingga kamu mempunyai tampilan yang menarik.

Jauh dibandingkan dengan media lainnya seperti koran, pamflet, brosur yang mana semakin luas jangkauan produk yang ingin dipasarkan, maka semakin besar juga biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: Manfaat Blog untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

  1. Mudah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan

Jangan salah! Customer service tetap ada dalam berbisinis online. Caranya dengan memberikan kontak kamu bisa melalui akun sosmed atau langsung contact person kamu. Berinteraksi sangatlah penting dalam berbisnis entah itu bisnis konvensional maupun online sehingga, pelanggan akan terasa aman, nyaman dan terpenuhi informasinya tentang barang jualan yang kamu jual.

Cara berinteraksi yang lainnya dengan memberikan info satu arah kepada pembaca, yaitu seperti blog, tips and trick dan hal yang sedang populer yang bisa menjadikan hal tersebut bantuan untuk menjual barang kamu.

  1. Transaksi keuangan jauh lebih cepat dan mudah

Dalam hal ini kamu pasti sudah mengetahui bahwa dalam berbisnis online salah satu metode pembayaran yang ditawarkan adalah via transfer. Selain mudah dan efektif, via transfer juga dapat dilacak sehingga aman untuk digunakan.

Tetapi dalam berbisnis pelanggan adalah raja, kamu juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pembayaran via COD (Cash Only Delivery). Karena, banyaknya pelanggan-pelanggan yang belum mengerti dan belum merasa aman dalam pembayaran via transfer.

Jika kamu menemukan pelanggan yang seperti ini maka tugasmu adalah memberi penyuluhan di laman web atau sosmed kamu bahwa, pembayaran via transfer itu hal yang nyaman dan aman untuk dilakukan. Berikan juga testimoni sehingga pelanggan percaya.

Baca juga: Operasional Toko Lebih Mudah dan Toko Jadi Makin Berkembang dengan Fulfillment by Tokopedia

  1. Tidak menuntut waktu 

Walaupun setiap berbisnis harus mempunyai komitmen yang sama dan disiplin waktu yang baik. Tetapi, untuk berbisnis online kamu hanya harus berkomitmen untuk memajukan web dan sosial media kamu.

Untuk itu semua kamu tidak akan memakan banyak waktu karena banyaknya bantuan aplikasi yang disediakan Internet. Dalam proses pengerjaan itu pun kamu dapat mengerjakan itu semua di rumah sehingga kamu dapat mengawasi keluarga kamu sekaligus. Berbeda dengan bisnis konvensional semuanya direncanakan satu persatu dan sangat memakan waktu.

  1. Mudah dan sederhana, dengan untung yang tidak sederhana

Dengan berbisnis online, maka kamu tidak perlu lagi memajang produk secara fisik, namun cukup menyediakan katalog disertai deskripsi yang singkat namun padat mengenai masing-masing produk tersebut. Selain itu, kamu tidak akan membutuhkan karyawan, kamu pun seorang diri dapat mengelolalanya dengan baik.

Terdengar gampang bukan? Memang, apalagi jika kamu menelaah lebih baik penghasilan yang dihasilkan oleh para bisnis online ini kamu akan segera ingin cepat-cepat mempunyai bisnis online.

Tapsabar dulu, semuanya butuh proses dan giat dalam mengelola bisnis tersebut dengan baik ya! Tunggu apalagi buat bisnis? Mulai bisnismu dengan Tokopedia!

MULAI BERJUALAN SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller