Ketentuan Jualan Online di Tokopedia yang Sering Diabaikan

Ketentuan Jualan Online di Tokopedia – Seller, saat memutuskan untuk berjualan di Tokopedia, tentu kamu nggak bisa sembarangan mengunggah barang atau produkmu. Kamu perlu mencantumkan nama produk, foto produk, deskripsi produk, dan harga produk yang sesuai dengan produk yang akan kamu jual. Hal ini demi menghindari kecurangan penjualan dan kerugian yang akan dialami oleh Pembeli. Tokopedia pun telah memiliki ketentuan tentang penggunaan harga dan nama produk dalam berjualan di platform Tokopedia. Berikut dua ketentuan penjualan tentang harga dan penamaan produk yang wajib kamu tahu.

1. Peraturan tentang harga jual produk

Seller dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada barang atau produk yang ditawarkan melalui situs Tokopedia. Tokopedia berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Tokopedia atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.

2. Peraturan tentang penamaan produk

Seller dilarang memberikan keterangan seperti informasi toko atau barang selain dari keterangan toko atau barang yang dijual. Jadi, penamaan barang yang dijual harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi barang ya, Seller. Dengan begitu,  Seller tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama atau kata yang tidak berkaitan dengan barang tersebut. Sebagai contoh, kamu menjual hand-sanitizer merk Praktis. Karena saat ini sedang ramai wabah Corona dan orang-orang banyak mencari hand-sanitizer, kemudian kamu mengubah nama produk di akun Tokopedia menjadi Anti Corona Hand-sanitizer Praktis. Ini tidak boleh ya. Penamaan produk yang paling sesuai dan bisa kamu contoh adalah Nama/Jenis Produk + Merek + Keterangan. Jadi, kalau kamu menjual Hand-Sanitizer merk Praktis, kamu bisa memberi nama Hand-Sanitizer + Praktis + Jeruk nipis (keterangan).

Contoh penamaan produk dengan nama yang salah Contoh penamaan produk dengan nama yang benar Ini juga berlaku untuk vitamin, obat-obatan, atau makanan ya. Kalau kamu menjual vitamin dan obat-obatan herbal kemudian menggunakan kata virus Corona pada penamaan produk seperti Vitamin Anticorana. Ini bisa bahaya Seller. Jika produkmu adalah vitamin khusus untuk daya tahan tubuh, maka tulis keterangan tersebut baik dijudul maupun di deskripsi produk.

Jangan gunakan kata-kata lain seperti Corona dan sebagainya karena bisa membuat pembeli salah mengartikan. Nah, kalau kamu melanggar ketentuan tersebut, maka pihak Tokopedia dapat sewaktu-waktu menghapus produk atau toko dari halaman Tokopedia.

Perlu kamu ingat nih, kalau Seller Tokopedia dilarang untuk menggunakan kata yang tidak relevan hanya demi kepentingan marketing toko. Jadi, jika toko dan penjualanmu mau aman di Tokopedia, maka kamu bisa ikuti ketentuan yang berlaku ya, Seller.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller