Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Ketentuan Jualan Online di Tokopedia yang Sering Diabaikan

Ketahui ketentuannya, biar jualan aman tanpa dimoderasi

Diperbarui 11 Aug Baca 2 menit

Hai Seller, saat memutuskan untuk berjualan di Tokopedia, tentu kamu enggak bisa sembarangan mengunggah barang atau produkmu. Kamu perlu mencantumkan nama produk, foto produk, deskripsi produk, dan harga produk yang sesuai dengan produk yang akan kamu jual.

Hal ini dilakukan demi menghindari kecurangan penjualan dan kerugian yang akan dialami oleh pembeli. Tokopedia pun telah memiliki ketentuan tentang penggunaan harga dan nama produk dalam berjualan di platform Tokopedia. Berikut adalah ketentuan penjualan tentang harga dan penamaan produk yang wajib kamu tahu.

Baca juga: Imbauan untuk Seller Tokopedia di Tengah Pandemi COVID-19

Peraturan tentang harga jual produk

Seller dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada barang atau produk yang ditawarkan melalui situs Tokopedia. Tokopedia berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Tokopedia atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.

Peraturan tentang penamaan produk

Seller dilarang memberikan keterangan seperti informasi toko atau barang selain dari keterangan toko atau barang yang dijual. Jadi, penamaan barang yang dijual harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi barang ya, Seller. Dengan begitu, Seller tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama atau kata yang tidak berkaitan dengan barang tersebut.

Sebagai contoh, kamu menjual hand-sanitizer merek Praktis. Karena saat ini sedang ramai wabah Corona dan orang-orang banyak mencari hand sanitizer, kamu mengubah nama produk tersebut menjadi Anti Corona Hand Sanitizer Praktis. Ini tidak boleh, ya.

Kami menyarankan penamaan yang sesuai dengan produk yang kamu jual, bisa menggunakan rumus Jenis/Kategori Produk + Merek + Keterangan. Jadi, kalau kamu menjual hand sanitizer merek Praktis, kamu bisa memberi nama produkmu Hand Sanitizer Praktis Jeruk Nipis.

Namun, jika yang kamu jual merupakan produk dengan kesesuaian atau kompatibilitas dengan produk dari merek lain, kamu bisa gunakan rumus berikut agar tidak melanggar kekayaan intelektual: Jenis/Kategori Produk + Merek + Keterangan + untuk/kompatibel dengan/cocok untuk + [Jenis & Merek Produk yang Dimaksud].

Misalnya, jika kamu menjual casing HP yang bisa digunakan untuk HP tertentu dan casing tersebut bukan merupakan keluaran merek HP yang dimaksud, kamu bisa menulisnya seperti ini: Hard Case Toped Waterproof kompatibel dengan Appa Smartphone 9+.

Baca juga: Mengenal Kekayaan Intelektual dan Konsekuensinya

Baca juga: Cara Memberi Nama Produk Jualan di Tokopedia

Ini juga berlaku untuk vitamin, obat-obatan, atau makanan, ya. Kalau kamu menjual vitamin dan obat-obatan herbal, sebaiknya memberikan informasi yang benar terkait khasiat produk tersebut agar tidak menimbulkan klaim berlebihan dan membuat produkmu berisiko ditarik dari peredaran.

Baca juga: Lindungi Pembelimu dengan Tidak Klaim Khasiat Berlebihan

Perlu kamu ingat, nih. Seller Tokopedia dilarang untuk menggunakan kata yang tidak relevan hanya demi kepentingan pemasaran toko. Jadi, jika toko dan penjualanmu mau aman di Tokopedia, maka kamu bisa ikuti ketentuan yang berlaku, ya, Seller.

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual