Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Official Store
  2. PENTING! Ketentuan Harga Produk untuk Diskon Toko

PENTING! Ketentuan Harga Produk untuk Diskon Toko

Yuk, simak aturan baru terkait pengaturan harga produk yang dapat dianggap menyalahgunakan fitur Diskon Toko!

Diperbarui 29 Oct • Baca 3 menit

Hai, Seller! Untuk meningkatkan usaha para penjual, Tokopedia menyediakan berbagai fitur promosi, termasuk Diskon Toko, yang dapat digunakan Seller untuk memasang harga coret pada produk tertentu.

Namun, dalam upaya memelihara ekosistem yang sehat dan menjaga kepercayaan pembeli, pihak Tokopedia tidak mengizinkan Seller menaikkan harga produk sebelum menggunakan Diskon Toko, karena dapat menciptakan ekspektasi yang keliru terhadap harga produk dan mengurangi kepercayaan pengguna dalam berbelanja di Tokopedia.

Yuk, simak baik-baik ketentuan baru Diskon Toko berikut ini!

Ketentuan terkait pengaturan harga sebelum Diskon Toko

Seller dilarang menaikkan harga produk sebelum memberikan diskon. Tokopedia akan mengidentifikasi pelanggaran terkait aturan ini dengan mengecek dua hal, yakni:

1. Riwayat perubahan harga produk sebelum pemasangan Diskon Toko

Seller tidak boleh menaikkan harga asli produk 14 hari sebelum memasang Diskon Toko. Melakukan hal ini dapat menaikkan ekspektasi calon pembeli karena diskon yang diberikan tampak lebih besar daripada sebenarnya, dan dapat menghilangkan kepercayaan pengguna terhadap Tokopedia. Berikut ilustrasinya.

article

Apabila kamu terdeteksi melanggar aturan ini, akan muncul peringatan seperti berikut:

article

*Tampilan di atas akan muncul di akhir Oktober 2021

Agar kamu tetap bisa memberikan Diskon Toko, kamu perlu mengembalikan harga produk ke harga aslinya. Misal, harga produk asli adalah Rp1.000.000. Pada hari ketujuh, harga produk berubah menjadi Rp2.000.000. Untuk memberikan Diskon Toko pada produk ini, harga produk harus kamu kembalikan ke Rp1.000.000.

2. Riwayat rata-rata harga jual produkmu sebelum Diskon Toko diterapkan

Selain aturan di atas, sistem juga akan mengecek harga produkmu setelah diskon. Harga produkmu setelah diskon tidak boleh bernilai lebih besar dari harga jual rata-rata produkmu (saat tidak mengikuti promo apapun) dalam satu tahun terakhir. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa harga diskon terbaru yang diberikan merupakan harga diskon yang sebenarnya diberikan oleh Seller. Berikut ilustrasinya.

article

Apabila kamu terdeteksi melanggar aturan ini, sistem akan memberikan peringatan di halaman Diskon Toko. Kamu perlu mengikuti harga diskon rekomendasi dari sistem Tokopedia dengan cara klik tombol Terapkan untuk tetap bisa menggunakan Diskon Toko pada produk tersebut.

article

*Tampilan di atas akan muncul di akhir Oktober 2021

Bagaimana jika kamu terdeteksi melakukan pelanggaran padahal kamu harus menaikkan harga karena ada alasan tertentu?

Kenaikan harga yang dilakukan pasti didasari oleh alasan-alasan tertentu, seperti kenaikan harga dari supplier. Jika hal ini terjadi, Seller bisa menghubungi Tokopedia Care dengan menyertakan bukti-bukti berikut ini:

  1. Produk yang terindikasi melanggar ketentuan Diskon Toko oleh sistem Tokopedia
  2. Bukti nota atau email dari supplier/distributor bahwa terdapat kenaikan harga produk.
  3. Bukti screenshot di halaman pencarian Tokopedia bahwa harga produkmu cukup kompetitif dengan toko lainnya yang menjual barang serupa.
  4. Untuk dropshipper, sertakan bukti perubahan harga 5 transaksi terakhir pada produk yang mengalami perubahan harga paling ekstrim dari supplier.
  5. Untuk reseller, sertakan bukti bahwa distributor kamu menaikkan harga jual. Bisa dalam bentuk quote atau nota.
  6. Untuk supplier, sertakan bukti nota peningkatan harga produksi.

Setelah mengumpulkan bukti-bukti tersebut, tim Tokopedia akan melakukan pengecekan. Apabila tokomu terbukti benar, sistem akan memperbolehkan kamu menggunakan fitur Diskon Toko kembali.

Hal yang sering ditanyakan

1.Kapan pengecekan Diskon Toko dilakukan?

Sistem Tokopedia akan melakukan pengecekan setiap minggunya setelah harga diskon dipasang. Harga diskon pada produk yang terbukti melanggar ketentuan Diskon Toko akan dinonaktifkan. Kemudian, mulai 28 Oktober 2021, pengecekan akan dilakukan secara otomatis pada saat Seller memperbaharui dan membuat Diskon Toko. Pengecekan otomatis ini akan dilakukan kepada Seller berstatus Power Merchant Pro dan Official Store.

2. Apabila salah satu produk saya teridentifikasi memiliki perubahan harga yang tidak normal, apakah saya tetap bisa menggunakan fitur Diskon Toko untuk produk saya yang lain?

Bisa. Disarankan untuk Seller bisa menggunakan fitur Diskon Toko sebaik mungkin dengan tidak melakukan perubahan harga yang tidak normal sebelum diskon. Seller juga bisa menghubungi Tokopedia Care untuk memberikan bukti bahwa indikasi penyalahgunaan salah.

3. Mengapa akses Diskon Toko saya tiba-tiba menghilang?

Hal ini terjadi karena sistem mendeteksi adanya perubahan harga yang tidak normal secara berulang.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Cara Mudah Atur Diskon Toko Sekaligus

Official StoreDiperbarui 09 NovBaca 3 menit
top description

Kasih Diskon ke Pembeli Pakai Diskon Toko

Official StoreDiperbarui 03 NovBaca 2 menit
top description

PENTING! Ketentuan Harga Produk untuk Diskon Toko

Official StoreDiperbarui 29 OctBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual