Hindari 6 Kesalahan Pemasaran dalam Bisnis Online Ini!

Kesalahan Pemasaran dalam Bisnis Online – Bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang paling efektif. Namun, tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan pemasaran dalam bisnis online. Kesalahan pemasaran umum dibawah ini dapat menjauhkan bisnis kamu dari mencapai potensi penuh dalam hal tersebut.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari untuk memaksimalkan upaya pemasaran kamu.

Kesalahan Pemasaran Umum dalam Bisnis Online

Tidak Memiliki Sosial Media

Jika kamu tidak menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram, kamu mungkin akan kehilangan potensi untuk berinteraksi, terlibat, dan menarik pelanggan. Ada jutaan orang di Facebook, Instagram, YouTube, dan situs jejaring sosial lainnya. Mereka berbagi, dan membicarakan produk, toko dan jasa favorit mereka.

Karena dari media sosial, kamu dapat meningkatkan kesadaran dari bisnis kamu, meningkatkan wawasan kamu tentang apa yang diinginkan pasar, lebih memahami persepsi pelanggan kamu, dan mungkin bahkan meningkatkan bisnis baru secara cuma-cuma.

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

Berpikir dari Sudut Pandang Diri Sendiri, Bukan dari Sudut Pandang Pembeli

Saat menulis nama dan deskripsi produk, tanyakan pada diri Anda, “Apa yang pelanggan saya perlu tahu?” Bahkan terkadang ketika kamu berpikir bahwa detail tentang produk kamu sudah jelas, kamu masih tidak dapat menjamin bahwa pelanggan juga memikirkan hal yang sama.

kamu bisa coba minta pendapat dari kerabat yang mungkin sudah memiliki anak ketika kamu membutuhkan bantuan pemasaran untuk mengetahui target pasar seperti apa yang perlu kita capai. Selalu ada cara untuk mengetahui pola pikir pelanggan kamu dan mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkannya.

Baca juga: Tentukan Target Pasar yang Sesuai dengan Fitur Statistik Toko

Tidak Menjelaskan Mengapa Produk Anda Istimewa

Memberikan pelanggan kesempatan untuk mengintip proses dan menceritakan sedikit kisah sukses Anda melalui media sosial adalah salah satu cara yang bagus untuk membuat bisnis Anda menonjol di pasar.

“Ketika orang-orang membuat keputusan untuk membeli produk buatan tangan atau yang diproduksi sendiri, mereka sedang mencari sesuatu yang lebih,” kata Chapin seorang penjual produk handmade.

“Sesuatu yang ekstra umumnya emosional. Anda memberi mereka sesuatu yang Anda buat sendiri yang mereka tidak bisa mendapatkan tempat lain”, lanjut Chapin.

Pelanggan mungkin masih asing dengan proses pembuatan produk yang Anda lakukan. Sampaikan keiistimewaan dari proses pembuatan produk atau proses penjualan yang Anda lakukan, sertakan juga nilai yang ada pada pekerjaan Anda seperti teknik yang memberikan kelebihan tertentu, dan sebagainya yang bisa Anda sisipkan pada deskripsi produk.

Fokus pada Penjualan One-Time

Melakukan penjualan memang terasa hebat, tetapi mengubah “pembeli satu kali” menjadi pelanggan setia akan terasa lebih baik. Hal tersebut terkait dengan nama merek di kemasan atau bahkan pada produk Anda sendiri. Hal ini akan memastikan bahwa pelanggan ingat dimana mereka membeli sesuatu dan menjaga nama Anda pada ujung lidah mereka.

Pastikan juga untuk menyertakan kartu nama toko atau promo lainnya di paket Anda juga. Hal itu merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang.  Karena hubungan pelanggan yang terjalin dengan baik akan membuka peluang Anda untuk menjadikan pelanggan tersebut menjadi bagian untuk pemasaran bisnis Anda. Misal untuk membantu menyebarkan informasi positif tentang bisnis Anda.

Tidak Memantau Pesaing

Pesaing Anda dapat memberikan banyak pelajaran yang sangat berharga. Dengan memantau pesaing atau kompetitor, Anda jadi lebih mengerti apa saja yang kurang dari produk yang toko Anda jual. Pelajari dan lihat apa yang mereka lakukan. Misalnya bagaimana mereka menggunakan media sosial, media pemasaran apa yang mereka gunakan, bagaimana mereka mempresentasikan produk mereka, dan bagaimana mereka memberikan layanan pelanggan. Kemudian cobalah untuk membuat yang lebih baik atau memperbaiki apa yang mereka lakukan.

Terlihat Tidak Profesional

Sama seperti sebuah toko di dunia nyata, toko online Anda harus terlihat seperti tempat dimana orang bisa merasa nyaman dan aman untuk menghabiskan uang mereka. Salah satu cara untuk menanamkan rasa percaya kepada pembeli adalah dengan memperlihatkan umpan balik pelanggan. Hal ini memberi calon pembeli perasaan bahwa orang lain menyukai produk Anda, yang membuat mereka merasa lebih aman untuk membelinya juga. Hal ini juga memiliki bonus tambahan, yaitu membantu pelanggan untuk membayangkan bagaimana sebuah produk bisa digunakan, misalnya, salah satu pelanggan menggambarkan produk yang ia beli cocok untuk digunakan sehari-hari.

Memiliki kebijakan toko menyeluruh adalah awal yang baik untuk membuat toko Anda terlihat terpercaya. Orang-orang akan melihat profesionalisme Anda. Celah lain untuk terlihat tidak profesional adalah ketika Anda memiliki kesalahan ketik atau kapitalisasi yang sembarangan dan tidak teratur, orang mungkin merasa seperti Anda tidak benar-benar serius. Hal seperti ini dapat mengirim pesan tentang bagaimana Anda memperlakukan bisnis Anda.

Jadi, menurut Anda bagaimanakah cara pemasaran yang terbaik? Jangan lupa share tips-tips diatas!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller