Kini Hadir JNE Online Booking & Cashless, Dapatkan Cashbacknya!

Hai Seller! Per tanggal 20 Juli 2020 JNE hadir dengan fitur yang lebih memudahkanmu, yaitu JNE Online Booking & Cashless. Jika pada awalnya, JNE hanya memiliki fitur Online Booking (AWB Otomatis), kini JNE hadir lebih lengkap dengan fitur JNE Cashless (Non-Tunai) juga. Jadi, selain nggak perlu menulis resi secara manual, kamu juga nggak perlu membayar ongkos kirim secara tunai pada saat mengantarkan paket ke gerai JNE. Eits, ada cashback yang menantimu juga lho!

Nah untuk Seller yang sampai saat ini sudah menggunakan layanan JNE Online Booking akan secara otomatis berubah menjadi JNE Online Booking & Cashless loh! Jadi, saat ini pilihan metode pengiriman JNE di Tokopedia hanya ada JNE Online Booking & Cashless serta Reguler (atau input resi seperti biasa).

Keuntungan JNE Online Booking & JNE Cashless

  1. Seller tidak perlu menulis alamat pembeli secara manual. Dengan begitu, kesalahan seperti salah tulis nama dan alamat pembeli dari pihak toko maupun kurir bisa dihindari.
  2. Seller tidak perlu input resi manual. Sehingga kesalahan seperti nomor resi tertukar untuk 2 pesanan berbeda bisa dihindari.
  3. Seller tidak perlu melakukan pembayaran biaya kirim ke pihak kurir. Cash flow Seller tidak terganggu karena tidak perlu membayar biaya kirim di awal.
  4. Seller mendapatkan tambahan benefit dengan cashback pengiriman hingga 12,5%.

Hal yang perlu diperhatikan terkait pengiriman metode JNE Cashless

  1. Seller perlu mencetak label pengiriman yang berisi barcode dan nomor resi pesanan. Kemudian Seller datang ke agen JNE dan akan dilakukan scan barcode atau input nomor resi pengiriman pada paket yang Seller bawa. Seller tidak perlu membayar ongkos kirim di agen JNE.
  2. Nomor resi untuk paket tersebut akan secara otomatis tersambung ke sistem Tokopedia sehingga Seller tidak perlu input nomor resi lagi. Pembeli juga otomatis akan mendapatkan informasi resi melalui e-mail.
  3. Biaya pengiriman akan otomatis terpotong dari saldo Tokopedia berdasarkan ongkos kirim yang sebenarnya ketika ditimbang di gerai JNE. Maka dari itu, pastikan berat barang yang dicantumkan pada halaman produk adalah berat barang yang sebenarnya dan sudah termasuk berat packing (bubble wrap/kardus/packing kayu/yang lainnya). Pilih berat paling terbesar antara berat volumetrik maupun berat massa barang, baca selengkapnya mengenai berat barang di sini.

Baca juga: Ketentuan Pengiriman Kargo

Baca juga: Kupas Tuntas! Hal yang Perlu Diketahui Tentang AWB Otomatis & Non-Tunai

Cara Mengaktifkan JNE Online Booking & Cashless

Perhatian: untuk Seller sampai saat ini sudah menggunakan layanan pengiriman JNE Online Booking, fitur JNE Online Booking & Cashless sudah otomatis aktif pada akun Seller kamu.

Berikut ini adalah informasi terkait cara mengaktifkan JNE Online Booking & Cashless:

Desktop

1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller kemudian pilih “Pengaturan Toko” dan klik “Pengiriman”. Kemudian centang layanan JNE.

Maka, pada tanggal 20 Juli nanti, fitur Online Booking (AWB Otomatis) dan Non Tunai akan otomatis aktif dan bisa digunakan.

Aplikasi Tokopedia

1. Buka aplikasi Tokopedia, klik “Akun” dan masuk ke “Pengaturan”. Setelah itu klik “Toko” dan pilih “Pengiriman”.

2. Centang layanan JNE dan klik “Simpan”.

Aplikasi Tokopedia Seller

1. Masuk ke aplikasi Tokopedia Seller, klik “Lainnya”. Klik “Atur Layanan Pengiriman” dan Aktifkan JNE. Setelah itu, klik tanda ceklis di atas.

Perlu kamu ingat bahwa Sistem Online Booking (AWB Otomatis) dan Non tunai baru akan aktif setelah kamu mencentang di kotak pilihan Kurir Pengiriman JNE. Jika ada pesanan yang masuk sebelum kamu mengaktifkan layanan pengiriman JNE, pesanan tersebut tidak bisa menggunakan skema Online Booking (AWB Otomatis) dan Non tunai. Sebaliknya, jika pesanan baru masuk setelah kamu mengaktifkannya, pesanan tersebut akan otomatis mendapatkan kode booking sehingga kamu bisa menggunakan skema Online Booking (AWB Otomatis) dan Non Tunai.

Cara Menggunakan JNE Online Booking & Cashless Saat Pengiriman

Saat ini, Seller hanya bisa menggunakan layanan JNE Online Booking & Cashless hanya bisa diakses di desktop. Simak cara selengkapnya:

  1. Terima pesanan.
  2. Klik ikon 
  3. Pilih Konfirmasi Pengiriman di menu Penjualan.
  4. Klik cetak label/cetak kode booking pada kolom pesanan.
  5. Tempelkan kode booking yang sudah dicetak pada paket.
  6. Pada gerai JNE, minta petugas untuk memindai barcode kode booking.
  7. Nomor resi akan masuk secara otomatis ke akun penjual dan pembeli.

Dapatkan Cashback hingga 12,5%

Kirim paket secara nyaman, anti ribet, dan kini kamu bisa makin untung dengan mendapatkan cashback pengiriman hingga 12,5%. Cashback ini akan kamu terima pada tanggal 20 setiap bulannya berdasarkan total pengiriman perbulan.

Berikut skema transaksi cashback yang berlaku mulai 20 Juli 2020 berdasarkan total ongkos kirim dengan layanan JNE Cashless (Non-Tunai)

1. Transaksi dengan layanan REG (Reguler) dan YES (Next Day):

2. Transaksi dengan layanan JTR (Cargo):

Syarat dan ketentuan:

  1. Skema cashback JNE berlaku untuk pengiriman JNE Cashless (Non-Tunai) mulai tanggal 20 Juli 2020.
  2. Cashback hanya berlaku untuk transaksi JNE cashless (Non-Tunai) pada layanan Reguler, Next Day (YES), dan Cargo (JTR). Cashback tidak berlaku untuk transaksi pada layanan ekonomi.
  3. Cashback akan diberikan atas transaksi yang berhasil diterima pembeli dan selesai pada periode tersebut, dan akan diberikan paling lambat pada tanggal 20 bulan berikutnya.
    • Contoh: Transaksi yang berhasil diterima pembeli dan selesai di tanggal 1-30 April akan diberikan paling lambat tanggal 20 Mei.
  4. Transaksi yang diterima pembeli dan selesai di luar periode tersebut akan masuk ke perhitungan cashback di periode berikutnya.
    • Contoh: Transaksi yang dikirim tanggal 29 April dan berhasil diterima pembeli dan selesai di tanggal 2 Mei akan masuk perhitungan periode 1 – 31 Mei yang akan dibayarkan paling telat 20 Juni.
  5. Cashback berlaku untuk transaksi dengan penjualan valid di platform Tokopedia.
  6. Total ongkos kirim dihitung berdasarkan hasil penyamaan data Tokopedia dengan JNE Cashless (Non Tunai) (ada potensi perbedaan dengan nominal yang tertera pada invoice akibat perbedaan berat atau hal lainnya).
  7. Seluruh pajak yang terkait dengan pemberian Cashback atas transaksi JNE Cashless kepada Penjual, akan dipotong oleh JNE sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan dibidang perpajakan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  8. Penjual disarankan untuk mencetak label pengiriman untuk menghindari kemungkinan transaksi tidak terhitung dalam program cashback.
  9. Cashback tidak berlaku untuk Dropshipper.
  10. Cashback tidak berlaku jika mengganti kurir.
  11. Cashback tidak berlaku untuk transaksi program Bebas Ongkir.

Tunggu apa lagi? Segera aktifkan dan gunakan layanan JNE cashless untuk transaksimu!

AKTIFKAN JNE SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller