5 Tipe Promosi yang Disukai Pembeli

Tipe Promosi – Saat berbelanja, baik offline maupun online, ada satu hal yang selalu dinanti-nanti pelanggan. Yup, benar sekali, jawabannya adalah promo! Menurut riset dari MarketTrack, sebesar 80 persen pembeli akan memilih barang dari toko dengan promosi yang lebih menarik dari toko lainnya.

Jadi, apa saja sih strategi promosi yang efektif di pasaran untuk memikat pembeli? Simak lebih lanjut untuk tahu jawabannya!

Tipe Promo yang Disukai Pembeli

  • Promo Buy 1 Get 1

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan strategi promosi Buy 1 Get 1. Jenis promo ini memang ampuh menarik pelanggan dan meningkatkan order di tokomu. Terbukti hingga kini, banyak brand kecil maupun besar yang kerap menggunakan jenis promosi ini.

  • Kode Promo

Kamu bisa menyediakan penawaran eksklusif berupa diskon atau kode promo untuk pelangganmu. Jika kamu punya budget lebih, kamu juga bisa menggunakan influencer untuk membantu menyebarkan informasi tentang kode promo yang kamu buat.

Catatan penting, kamu perlu menentukan influencer yang sesuai dengan karakteristik produkmu. Misalkan jika produkmu adalah kosmetik, idealnya kamu bisa menggaet para beauty influencers untuk bekerjasama.

Baca juga: Mau Produkmu Diiklankan Artis? Pakai Affiliate Marketing!

  • Paket Bundling

Bundling bisa menjadi salah satu pilihan promo di tokomu untuk meningkatkan penjualan. Promo bundling tidak jarang juga digunakan untuk menghabiskan stok lama di gudang. Seringnya, promo ini memberikan paket yang memasangkan produk terlaris dengan produk lama mereka dengan harga yang sangat menggiurkan.

  • Flash Sale

Belakangan, Flash Sale sering menjadi strategi promosi yang digunakan banyak brand. Seperti namanya, promosi ini menghadirkan diskon “gila-gilaan” dengan produk yang tersedia dalam waktu sangat singkat. Promo sejenis ini biasanya berlangsung 1-2 jam. Akan tetapi, jika barangnya memang sangat diincar, biasanya barang akan ludes dalam hitungan menit.

  • Cashback

Lagi populer nih akhir-akhir ini! Pada dasarnya cashback sama dengan diskon. Bedanya, diskon memberikan potongan harga langsung dalam persentase. Sedangkan cashback, potongannya bisa dalam persentase dan biasanya dibatasi dalam besaran rupiah. Keuntungannya akan diberikan ke pembeli dan bisa digunakan untuk transaksi berikutnya. Misalnya, “Setiap pembelian 1 botol XY, kamu akan mendapatkan cashback senilai 10% hingga Rp50.000”.

Baca juga: Pikat Pembeli dengan Fitur Cashback

Kamu bisa menggunakan Voucher Toko di Tokopedia untuk memberikan promo cashback dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu berlangganan TopAds dan kamu langsung bisa menggunakan fitur ini!

BUAT VOUCHER SEKARANG

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.