6 Cara Promosi Manjur, Bikin Produk Makin Laris!

Pembeli emang paling senang sama promosi yang bikin ngiler dari tokomu!

Diperbarui 10 Oct  • Baca 2 menit

Selain produk menarik dan harga kompetitif, hal apa lagi yang pembeli sukai? Ya, mereka juga tertarik pada aneka jenis promosi yang diberikan oleh toko favoritnya.

Secara langsung, mengadakan ragam promosi membuat toko jadi makin untung. Namun jika kamu melihat jauh ke depan, trik ini bisa membantu hubunganmu dengan pembeli lebih harmonis. Kamu juga bisa punya banyak loyal customer atau langganan!

Mau tahu ide-ide promosi apa yang bisa dipakai? Check it out!

1. Promo cashback

Pada dasarnya, promo cashback sama dengan diskon. Diskon memberikan potongan harga langsung dalam persentase, sedangkan cashback memberikan potongan dalam bentuk pengembalian uang atau bentuk lainnya ke pembeli (misalnya dalam bentuk poin atau kredit untuk pembelian selanjutnya). Sebagai contoh, setiap pembeli produk A dalam periode waktu tertentu, kamu akan mendapatkan cashback senilai 10% hingga Rp50.000 yang bisa digunakan untuk transaksi selanjutnya.

2. Diskon khusus hari penting

Kata “SALE” sudah jadi kunci utama ketika memberikan promo ke pembeli. Nggak cuman sekadar diskon biasa, kamu bisa menggunakan momen-momen tertentu agar pembeli bisa merasakan urgensi harus membeli produkmu di hari tersebut. Misalnya, kamu menjual makanan hewan. Kamu bisa memberikan diskon khusus saat hari Hewan Peliharaan Sedunia, Hari Kucing Sedunia, Hari Anjing Sedunia, dan lainnya.

3. Flash sale

Belakangan, flash sale sering menjadi strategi promosi yang digunakan banyak brand. Seperti namanya, promosi ini menghadirkan diskon “gila-gilaan” dengan produk yang tersedia dalam waktu sangat singkat. Promo sejenis ini biasanya berlangsung 1-2 jam. Akan tetapi, jika barangnya memang sangat diincar, biasanya barang akan ludes dalam hitungan menit.

Trik flash sale bisa kamu pakai untuk ajang gimmick dalam meningkatkan kesadaran calon pembeli akan produkmu. Selain itu, apabila ada produk menumpuk, kamu bisa cuci gudang pakai trik promosi ini.

4. Gratis ongkir

Salah satu faktor yang menghalangi belanja online adalah ongkos kirim yang harus ditanggung pembeli. Kamu bisa mempermudah masalah pembeli ini dengan memberikan gratis ongkir. Bisa diberikan dengan minimal pembelian (minimal pembelanjaan sekian bisa mendapatkan potongan ongkir dengan besaran tertentu) atau di area tertentu saja (gratis ongkir hanya di pulau Jawa saja).

5. Bundling produk

Promo bundling adalah skema promosi di mana kamu bisa memberikan paket yang memasangkan produk terlaris dengan produk lama dengan harga yang sangat menggiurkan. Promo bundling tidak jarang digunakan untuk menghabiskan stok lama di gudang. Trik ini juga berguna untuk membantu pembeli memiliki produk yang lengkap. Misalnya kamu berjualan smartphone. Berikan produk pelengkap dalam bentuk bundling berupa antigores atau casing pelindung smartphone.

6. Peluncuran produk baru

Ini cocok buat kamu yang sudah punya banyak pembeli. Jika kamu ingin menjual produk baru, kamu bisa membangun kesadaran pembeli akan produk tersebut dengan memberikan informasi jadwal perilisan produk hingga promo khusus saat peluncuran produk.

Semoga dengan enam ide promosi di atas, tokomu bisa main laris manis dan pembeli selalu ingat dengan tokomu. Selamat mencoba!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

top description

[#DariNakama] Memecahkan Mitos-Mitos Dekorasi Toko

Kumpulan Tips BerjualanDiperbarui 03 FebBaca 3 menit
top description

Bocoran 5 Tipe Pembeli di Tokopedia! Seberapa Kenal Kamu?

Kumpulan Tips BerjualanDiperbarui 01 FebBaca 2 menit
top description

[#DariNakama] Intip Tips Ampuh Untuk Evaluasi Performa Bisnismu

Kumpulan Tips BerjualanDiperbarui 24 JanBaca 1 menit

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2023, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual