[Status Toko] Jangan Sampai Status Toko Kamu Jadi Tidak Aktif

Yuk, simak tips di artikel ini biar tokomu selalu aktif!

Diperbarui 30 Agt  • Baca 2 menit

Tahukah kamu? Status Toko yang “Tidak Aktif” dapat mengurangi peluang penjualan, lho.

Toko kamu akan berubah menjadi “Tidak Aktif” secara otomatis jika selama 30 hari berturut-turut kamu tidak melakukan aktivitas apa pun sebagai Seller Tokopedia, misalnya membuka halaman Seller Dashboard, menambahkan produk, memproses pesanan, membalas chat, mengakses notifikasi Seller, dan lain sebagainya. Dampak dari status toko Tidak Aktif adalah sebagai berikut:

1. Setelah 30 hari berturut-turut tidak melakukan aktivitas, tampilan toko kamu akan berubah seperti gambar di bawah ini, namun pembeli masih bisa menemukan toko kamu melalui halaman pencarian dan melakukan transaksi di toko kamu.

2. Namun, jika setelah tidak beraktivitas selama 30 hari berturut-turut, lalu toko kamu melakukan salah satu dari ketiga hal di bawah ini:

  1. Mengabaikan pesanan sehingga dibatalkan secara otomatis oleh sistem
  2. Tidak membalas chat dari 3 pembeli berbeda, secara berturut-turut
  3. Tetap tidak melakukan aktivitas apapun sebagai Seller, sampai 90 hari berturut-turut

Pembeli tidak lagi bisa menemukan toko kamu melalui halaman pencarian dan juga tidak bisa melakukan transaksi di toko kamu sama sekali. Selain itu, tampilan toko kamu juga akan berubah seperti gambar di bawah ini.

Tentunya hal tersebut akan membuat citra toko kamu menjadi buruk, bukan?

Tips Mengoptimalkan Toko agar Status Toko Selalu Aktif

Biar toko kamu selalu aktif, pastikan kamu juga selalu melakukan beberapa hal di bawah ini ya.

1. Hal yang paling mendasar adalah pastikan kamu selalu login ke akun Seller Tokopedia. Setidaknya, kamu harus membuka akun Seller Tokopedia sekali dalam 30 hari terakhir. Biar toko kamu lebih optimal, pelajari cara mengoperasikan Seller Dashboard dengan optimal.

Baca Juga:

2. Bikin toko ramai kunjungan dan tingkatkan calon pembeli. Mulai dengan mengatur tampilan halaman toko dengan fitur Dekorasi Toko. Nggak bisa desain? Tenang, ada Banner Creator!

Baca Juga:

3. Tingkatkan performa produk dengan mengoptimalkan daftar produk toko kamu. Yuk, optimalkan daftar produkmu dengan mengatur dan rajin membaharui deskripsi/spesifikasi maupun stok produk.

Baca Juga:

4. Selalu gercep untuk membalas setiap Chat dan Diskusi dari calon pembeli. Baca tips menjawab pesan di bawah ini, biar first impression kamu baik di mata calon pembeli.

Baca Juga:

5. Langsung proses pesanan secepat mungkin, jangan sampai di-cancel oleh sistem atau pembeli ya, Seller!

Baca Juga:

6. Jika toko sedang libur, pastikan menggunakan fitur jadwal operasional toko. Biar pembeli loyal nggak kabur.

Baca Juga:

Cara Mengaktifkan Toko Kembali

Toko kamu terlanjur berlabel toko tidak aktif? Tenang, untuk mengaktifkannya kembali, kamu cukup login kembali ke akun toko kamu dan mengakses atau menggunakan salah satu fitur berjualan seperti:

  • Mengakses Daftar Transaksi & Memproses Pesanan
  • Mengakses Daftar Produk & Mengedit Produk
  • Membalas Chat & Diskusi Pembeli
  • Mengakses Pengaturan Toko & Notifikasi Seller

Untuk membuat pembeli tetap yakin berbelanja di toko kamu, pastikan selalu konsisten dalam berjualan dan hindari perubahan status secara otomatis, ya. Dengan aktif berjualan, kamu bisa dapatkan peluang transaksi yang lebih besar!

Yuk, cari tahu lagi!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual