Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan pesanan
  2. Fitur Jaminan Tepat Waktu buat Antar Orderanmu dengan Cepat

Fitur Jaminan Tepat Waktu buat Antar Orderanmu dengan Cepat

Proses Orderan Premium dengan Cepat dan Akurat agar Sampai Tepat Waktu

Diperbarui 08 Feb • Baca 2 menit

Hai Seller, tahukah kamu jika Tokopedia memiliki fitur Jaminan Tepat Waktu? Fitur ini ditujukan untuk memastikan pembeli mendapat pengalaman berbelanja terbaik di Tokopedia.

Apa itu Jaminan Tepat Waktu?

Jaminan Tepat Waktu adalah program yang menjamin bahwa pengiriman barang akan sampai tepat waktu sesuai dengan durasi pengiriman yang dipilih oleh pembeli. Jika barang tidak sampai tepat waktu, ongkos kirim akan dikembalikan 100% kepada pembeli. Namun, tenang saja! Seller tidak akan dibebankan biaya apa pun jika hal ini terjadi.

Adapun layanan pengiriman yang termasuk ke dalam kampanye ini adalah Instant, Same Day, dan Next Day. Nilai pengembalian biaya pengiriman yang diteruskan kepada pembeli adalah sebesar biaya pengiriman aktual yang terjadi, dengan batas maksimal senilai biaya pengiriman yang dibayarkan oleh pembeli, setelah dikurangi dengan nilai promo biaya pengiriman (apabila ada).

Lalu, apa hubungannya dengan Seller?

Pembeli akan diberikan notifikasi jika keterlambatan terjadi karena Seller telat mengirim barang. Hal ini bisa membuatmu sebagai Seller mendapat ulasan negatif. Pastikan kamu mengirim barang dengan cepat dan akurat agar ulasan tokomu baik. Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

1. Cepat tanggap dalam merespon pembeli agar orderan bisa diproses tepat waktu

Pembeli yang berbelanja di tokomu dengan menggunakan layanan pengiriman premium (Instant, Same Day, Next Day) pasti memiliki harapan produk yang dibeli bisa sampai lebih cepat. Ditambah lagi, pembeli melihat bahwa kamu pun mengaktifkan layanan ini. Pembeli akan berpikir bahwa Seller pasti bisa memproses order dengan lebih cepat dibandingkan Seller lain yang tidak mengaktifkan layanan pengiriman premium. 

Agar tidak mengecewakan pembeli, saat memproses orderan dengan layanan premium, kamu harus bisa memberikan layanan yang lebih premium, ya!

2. Proses orderan dengan akurat

Pengembalian ongkos kirim yang dilakukan kepada pembeli adalah 100% sebesar biaya pengiriman aktual yang terjadi, dengan batas maksimal nilai pengiriman yang dibayarkan oleh pembeli.

Namun, ada kalanya terjadi perbedaan ongkos kirim antara apa yang dibayarkan oleh pembeli dengan ongkos kirim yang sebenarnya. Beberapa faktor yang menyebabkannya adalah:

  • Seller melakukan perubahan kurir pengiriman tanpa konfirmasi ke pembeli (contoh: dari Kurir A ke Kurir B)
  • Seller melakukan perubahan layanan pengiriman tanpa konfirmasi ke pembeli (contoh: dari Next Day menjadi Reguler)
  • Berat yang dituliskan di halaman produk ternyata lebih besar dibandingkan dengan yang sebenarnya (contoh: berat pada halaman produk adalah 3kg sehingga pembeli membayar ongkos kirim sebesar 3kg. Namun, pada kenyataannya produk hanya memiliki berat 1kg). Hal seperti ini yang akan memicu pertanyaan dari pembeli.
  • Asal pengiriman diubah tanpa konfirmasi ke pembeli (contoh: pembeli membayar ongkos kirim untuk pembeli produk dari Surabaya ke Jakarta. Ternyata stok barang kamu habis dan memutuskan untuk mengirimkan stok kamu yang di Jakarta ke pembeli). Dengan begitu, ongkos kirim otomatis terlihat lebih murah dan ini pun bisa memicu pertanyaan dari pembeli kalau kamu tidak pernah konfirmasi sebelumnya.

Apakah semua order yang masuk toko Seller adalah order Jaminan tepat Waktu? Bagaimana cara Seller mengetahuinya?

Order yang masuk ke dalam toko Seller belum tentu semuanya adalah order Jaminan Tepat Waktu. Berikut adalah tampilan saat order yang masuk adalah order Jaminan Tepat Waktu. Saat orderan dengan Jaminan Tepat Waktu masuk, kamu sudah tidak bisa lagi melakukan pergantian layanan ataupun kurir. Jadi, simak baik-baik ya! 

Untuk kamu yang suka melakukan pemrosesan order melalui desktop, kamu bisa lihat di sini. 

article

*)Tampilan Seller Order Management saat order Jaminan Tepat Waktu masuk

article

*)Tampilan Seller Order Management saat order Jaminan Tepat Waktu butuh konfirmasi pengiriman

Untuk kamu yang suka melakukan pemrosesan order melalui Apps (Android/ iOS) atau mobile, kamu bisa lihat melalui informasi pada invoice:

article

Sebagai Seller, penting untuk bisa memproses orderan pembeli dengan akurat. Usahakan layanan pengirimannya sesuai dengan yang dipesan oleh pembeli. Agar pembeli makin nyaman berbelanja di tokomu, pastikan kamu memberi pelayanan terbaik dan jangan lupa menerapkan poin-poin di atas, ya!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Hati-Hati Abaikan Pesanan Pembeli, Cek Risikonya!

Pengaturan pesananDiperbarui 12 NovBaca 2 menit
top description

Ketahui Tentang Pembatalan Instan dan Cara Menghindarinya

Pengaturan pesananDiperbarui 05 NovBaca 2 menit
top description

Kenali Penyebab Notifikasi Nggak Muncul di Android-mu

Pengaturan pesananDiperbarui 21 SepBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual