Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Power Merchant
  2. Kenali Fitur Baru Fitur Jaminan Ready Stock untuk Power Merchant, Bebas Biaya!

Kenali Fitur Baru Fitur Jaminan Ready Stock untuk Power Merchant, Bebas Biaya!

Fitur ini khusus untuk Seller dengan Reputasi Silver 1 hingga Diamond 5

Diperbarui 03 Feb • Baca 2 menit

Hai Seller, salah satu keuntungan Official Store yang disukai pembeli adalah jaminan pasti ready-nya. Tapi, ada kabar baik nih buat kamu dan pembeli. Kini jaminan pasti ready bukan hanya untuk Official Store aja lho, pembeli yang berbelanja di Toko Power Merchant juga memiliki opsi pasti ready yang bernama “Jaminan Ready Stock”. Pembeli hanya perlu centang opsi “Jaminan Ready Stock” di halaman check out dan membayar Rp 990/produk untuk mendapatkan jaminan produk yang dibelinya tersedia. 

Apa itu Jaminan Ready Stock?

Jaminan Ready Stock adalah asuransi jaminan ketersediaan produk yang diberikan oleh partner Tokopedia pada pembeli yang berbelanja di toko Power Merchant, dimana kompensasi akan diberikan kepada pembeli apabila Seller melakukan pembatalan transaksi karena produk tersebut tidak tersedia atau Seller tidak memproses pesanan dalam waktu 1 x 24 jam setelah pembayaran diverifikasi oleh Tokopedia. Pembeli akan otomatis mendapatkan benefit jika toko menolak pesanannya karena stok kosong. 

Baca juga: Ketahui Batas Waktu Terima Pesanan & Konfirmasi Pengiriman

Tampilan fitur Jaminan Ready Stock di halaman pembeli

article

Fitur Jaminan Ready Stock tidak memungut biaya apa pun ke Seller

Pilihan Jaminan Ready Stock hanya akan muncul saat pembeli check out produk di kategori Makanan & Minuman, Kesehatan, serta Perawatan Tubuh di Toko Power Merchant dengan reputasi Diamond, Gold, dan Silver. Info selengkapnya bisa kamu cek di sini. Sebagai seller Power Merchant, kamu tidak perlu mengaktifkan apa pun karena fitur ini akan aktif secara otomatis. Kamu juga  tidak perlu membayarkan biaya apa pun untuk fitur ini karena sudah dibayarkan oleh pembeli sebesar Rp990/produk saat check out transaksi. 

Berikut skema pemotongan saldo untuk fitur “Jaminan Ready Stock

  1. Total pembayaran transaksi oleh pembeli termasuk biaya Jaminan Ready Stock sebesar  Rp990/produk akan masuk ke Saldo Penghasilan Seller terlebih dahulu saat status pesanan selesai
  2. Lalu, biaya layanan Jaminan Ready Stock ini akan langsung terpotong di Saldo Penghasilan kamu
  3. Skema biaya layanan untuk fitur ini, sama dengan pemotongan biaya layanan Power Merchant, asuransi, proteksi produk, dan fitur lainnya.

Simulasi pemotongan biaya Jaminan Ready Stock

Toko A merupakan Toko Power Merchant yang menjual kopi 1Liter dengan reputasi Diamond 1. Pembeli yang membeli produk kopinya memilih opsi Jaminan Ready Stock saat ingin check out produk tersebut. Maka, total biaya yang dibayarkan oleh pembeli adalah harga produk + biaya Jaminan Ready Stock + biaya pengiriman sebesar Rp100,000. Setelah transaksi selesai, uang hasil penjualan tersebut akan masuk ke Saldo Penghasilanmu. Maka, Tokopedia akan otomatis memotong saldo Penghasilanmu untuk biaya Jaminan Ready Stock pengiriman tersebut. Untuk itu, jika ada pembeli yang menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir jika ada pemotongan otomatis untuk memenuhi biaya Jaminan Ready Stock ya, karena pemotongan biaya tersebut bukan dari dana Seller, melainkan dari dana yang dibebankan ke pembeli dan masuk ke Saldo Penghasilan Seller terlebih dahulu. Nah, jika kamu penasaran bagaimana contoh pemotongan biaya Jaminan Ready Stock yang dilakukan oleh Tokopedia dari Saldo Penghasilanmu, simak di bawah ini ya.

Tampilan pemotongan biaya Jaminan Ready Stock dari Saldo Penghasilan Seller

article

Hal yang sering ditanyakan

1. Apakah Toko saya memiliki fitur Jaminan Ready Stock? 

Jaminan Ready Stock tersedia secara otomatis di Toko Power Merchant tertentu dengan reputasi Silver 1 sampai dengan Diamond 5 dan dengan kategori makanan minuman, kesehatan, serta perawatan tubuh.

2. Toko saya memiliki fitur Jaminan Ready Stock, apakah fitur tersebut akan terus ada?

Fitur Jaminan Ready Stock otomatis ada untuk toko yang memenuhi syarat yaitu toko Power Merchant dengan reputasi Silver 1 sampai Diamond 5 untuk beberapa kategori, apabila di luar dari syarat tersebut, fitur Jaminan Ready Stock akan otomatis hilang dari toko.

3. Apakah dana penjualan saya akan dipotong untuk fitur ini?

Sebagai seller Power Merchant, kamu tidak perlu membayarkan premi untuk fitur ini karena sudah dibayarkan oleh pembeli saat check out transaksi.

4. Kenapa Saldo Penghasilan saya terpotong untuk pembiayaan Jaminan Ready Stock?

Berikut ini skema pemotongan saldo untuk fitur Jaminan Ready Stock:

  1. Total pembayaran transaksi oleh pembeli termasuk biaya Jaminan Ready Stock sebesar  Rp990/produk akan masuk ke Saldo Penghasilan Seller terlebih dahulu saat status pesanan selesai
  2. Lalu, biaya layanan Jaminan Ready Stock ini akan langsung terpotong di Saldo Penghasilan kamu
  3. Skema biaya layanan untuk fitur ini, sama dengan pemotongan biaya layanan Power Merchant, asuransi, proteksi produk, dan fitur lainnya.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kupas Tuntas Perbedaan TopAds dan Power Merchant

Power MerchantDiperbarui 08 AprBaca 2 menit
top description

Kenali Fitur Baru Fitur Jaminan Ready Stock untuk Power Merchant, Bebas Biaya!

Power MerchantDiperbarui 03 FebBaca 2 menit
top description

Dekorasi Toko Khusus Power Merchant: Cantik Tampilannya, Bikin Pembeli Mau Belanja!

Power MerchantDiperbarui 02 FebBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual