Inspirasi Seller: Social Agency Baru, Menjual Buku ke Seluruh Penjuru Indonesia

Bapak Hendarin bersama toko Social Agency Baru adalah contoh nyata berbisnis di Tokopedia tidak hanya membawa berkah buat diri sendiri, tetapi juga berdampak positif bagi sekitar. Selama 5 tahun berjualan di Tokopedia, Social Agency Baru sudah berhasil menjual buku ke seluruh wilayah Indonesia.

Awalnya Bapak Hendarin berjualan lewat media sosial, seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Baru sekitar 2014 akhir, Bapak Hendarin bergabung dengan Tokopedia. Awalnya beliau hanya memiliki dua karyawan, tetapi sekarang sudah 8 orang karyawan yang membantu beliau untuk mengelola tokonya.

Penasaran dengan ceritanya? Yuk, simak wawancara kami bersama Bapak Hendarin berikut ini.

Tokopedia : “Halo Pak Hendarin, apa kabar Pak? Toko Social Agency Baru sudah 5 tahun bergabung bersama Tokopedia, bagaimana kesan dan pesan Bapak selama berjualan di Tokopedia?”

Pak Hendarin: “Namanya berjualan pasti ada suka dukanya, kalau dukanya itu misalnya mendapat komplain atau dimarahi konsumen karena buku pesanannya belum datang. Kami mempunyai standar operasi untuk orderan yaitu setelah lewat jam 12 malam terhitung ke pengiriman berikutnya. Terkadang pembeli tidak sabar dan membatalkannya. Selain itu, kami pernah juga dimarahi konsumen karena kecacatan barang. Kalau sukanya, kita kan toko buku dan berada di Yogyakarta. Yogyakarta sendiri adalah Kota Pelajar sehingga banyak pelajar atau mahasiswa yang membeli di toko kami dan merasa terbantu saat ada yang menjual buku secara online.”

Tokopedia : “Pertanyaan selanjutnya nih, Pak, adakah pengalaman yang paling berkesan atau paling menarik selama berjualan di Tokopedia?”

Pak Hendarin : “Saya sebagai seller bersyukur Tokopedia memiliki komunitas yaitu Keluarga Tokopedia. Dari perkumpulan seller ini, kita bisa berbagi, bertukar pikiran, dan ternyata saya tidak jualan sendiri lho, tetapi ada temen-temen seller juga yang jualan di Tokopedia. Itu yang menurut saya paling berkesan. Selain bisa sharing dengan seller lain, saya juga bisa tahu cara untuk menghadapi keluhan konsumen, tips dan trik berjualan, serta cara membuat toko selalu ramai pembeli. Sampai sekarang Keluarga Tokopedia masih sering kumpul-kumpul.” 

Tokopedia : “Dari Bapak sendiri mungkin ada pesan untuk seller-seller yang baru bergabung di Tokopedia?”

Pak Hendarin : “Pesannya yaitu jualan di Tokopedia itu bukan cuma cari untung, tetapi kita jualan juga cari berkah, cari rezeki halal, dan cari sahabat, serta keluarga. Masalah untung enggaknya akan datang sendiri.”

Tokopedia : “Selanjutnya, apa harapan Bapak untuk Tokopedia ke depannya?”

Pak Hendarin : “Harapan saya untuk Tokopedia yaitu lebih banyak mengembangkan fitur-fitur yang memudahkan para seller dan juga para pembeli.” 

Tokopedia : “Tanggal 17 Agustus 2019, Tokopedia berulang tahun yang ke-10, boleh dong Bapak berikan ucapan ulang tahunnya untuk Tokopedia.”

Pak Hendarin : “Maju terus Tokopedia! Semoga Tokopedia dapat mewujudkan mimpi-mimpi para seller dan juga mengembangkan UKM lokal di Indonesia.”

Tokopedia : “Terima kasih Bapak Hendarin untuk waktunya. Semangat terus berjualannya untuk meraih kesuksesan bersama Tokopedia bersama seller-seller lainnya.” 

Pak Hendarin : “Iya sama-sama, sukses selalu ya untuk Tokopedia.”

Melalui Pak Hendarin kita belajar bahwa berbisnis tidak hanya tentang mencari untung, tetapi juga memberikan dampak positif bagi sesama dan mendapat relasi baru. Itulah cerita sukses dari Bapak Hendarin dan toko Social Agency Baru. Yuk, raih mimpimu sekarang bersama Tokopedia! #MulaiAjaDulu

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller