Apa itu Influencer Marketing Serta Keuntungannya untuk Bisnis

Influencer MarketingPernahkah kamu mendengar influencer marketing atau influencer marketing instagram? Influencer marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran terbaru yang saat ini sedang banyak digunakan para pebisnis untuk menaikkan tingkat pemasarannya.

Strategi ini sudah membantu banyak pebisnis dalam memasarkan serta mengenalkan produknya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang influencer marketing simak artikel berikut ini.

Baca juga: 3 Fitur Promosi untuk Maksimalkan Penjualan Toko

Apa itu Influencer Marketing?

Sebelum mengenal apa itu influencer marketing, Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah followers (pengikut) dengan jumlah besar dan memiliki pengaruh kuat terhadap pengikutnya seperti selebgram, public figure, youtuber, dan lainnya.

Influencer marketing adalah produk dari banyak kampanye berbasis konten yang telah menandai era digital hingga saat ini. Influencer sendiri sebenarnya dipandang sebagai konsumen yang potensial juga loh, Seller. Nah, jadi influencer marketing merupakan sebuah cara pemasaran menggunakan influencer di social media seperti Instagram, Youtube, dan media lainnya.

Dilansir dari situs Forbes, sebuah survey MuseFind mengatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan atau endorsement selebriti tradisional. Social media sendiri sudah menjadi sebuah platform dimana hampir semua orang menjadi pengguna aktif. Jadi, bisa dibilang social media dan influencer punya kekuatan besar dalam meningkatkan bisnismu.

Keuntungan Influencer Marketing

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak keuntungan yang bisa didapat dari influencer marketing berikut ini.

  • Membangun Kepercayaan

Biasanya influencers adalah orang-orang yang mendapatkan informasi pertama kali tentang produk terbaru tergantung bidang mereka masing-masing (teknologi, kecantikan, travel, dan lainnya). Ini membuat mereka menjadi trendsetter sehingga, banyak orang percaya dengan sebuah produk jika di rekomendasikan oleh para influencers.

Seringkali mereka juga adalah idola para konsumen. Jadi, ketika berkolaborasi dengan bisnismu, perspektif baru mengenai brand akan muncul. Ketika melihat idolanya menggunakan produk tersebut tentu akan menarik bagi konsumen.

  • Lebih Terjangkau

Untuk melakukan strategi bisnis ini tidak harus mahal. Kecuali, memang hanya ingin bekerja sama dengan selebriti dimana audiensnya akan lebih luas. Influencers sendiri dibagi melalui jumlah followers mulai dari micro (jumlah pengikut 1000-100.000), macro (jumlah pengikut diatas 100.000), hingga celebrity influencers (menggunakan selebriti). Tentu harganya berbeda-beda.

Tetapi, jika dibanding memasang iklan besar tentunya budget influencer marketing akan lebih kecil. Ada juga beberapa influencer yang tidak mengambil tarif sebagai ganti mendapatkan produk atau jasa tersebut secara gratis.

  • Menentukan Arah Target Audience

Influencer marketing sendiri berbeda-beda di setiap platform, karena itu bisa lebih mudah menargetkan pasar di platform berbeda dengan tepat. Instagram dengan Facebook tentu akan mempunyai karakteristik berbeda, influencer-nya pun juga akan berbeda.

Seperti pada influencer marketing Instagram pasti memiliki target-targetnya tertentu misalnya travellers millennials. Dengan begitu, sesuaikan platform yang ingin di targetkan untuk mempromosikan serta merepresentasikan brand.

  • Capai Target Audience Secara Efektif

Jika influencer memiliki topik relevan dengan brand di dalam bisnis, otomatis target audiens akan sesuai dengan brand karena, mereka mengikuti influencer tersebut.

Contohnya, ketika sebuah brand fashion bekerja sama dengan seorang fashion influencer, target audiens akan sesuai karena yang mengikuti influencer tersebut memiliki minat dalam fashion. Bahkan, interaksi terhadap brand bisa dilihat langsung lewat komentar di posting-an sang influencer.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Jika kalian sedang membangun sebuah bisnis baru, influencer marketing bisa menjadi awal baru untuk meningkatkan brand awareness. Seperti sudah dibahas di poin pertama, influencers menjadi trendsetter dalam kalangan pengguna sosial media. Tingkat kepercayaan dan opininya memiliki nilai keandalan yang tinggi.

Sehingga, ini akan membantu para konsumen mengenal brand atau produk yang diperkenalkan bisnismu lewat para influencer.

  • Membantu Konten Strategi yang Lebih Fresh

influencer marketing
Sumber gambar: Unsplash

Masing-masing influencers tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri dalam membuat konten. Salah satu keuntungan adalah dimana bisa mendapatkan konten segar dari masing-masing influencers. Mereka mengerti cara membuat konten menarik yang disukai oleh audiensnya.

Hal tersebut akan membantu menarik konsumen karena konten-konten menarik sehingga meningkatkan keinginan para audiens untuk mencoba produk.

  • Membangun Mitra dan Partnership

Ketika membangun koneksi dengan seorang influencer bisa menjadi sebuah awal hubungan yang kuat. Jika berada dalam jangka panjang, koneksi selanjutnya mungkin akan membawa kepada live events, joint ventures (kongsi) atau peluang lain yang mungkin akan memberi keuntungan besar.

  • Cocok untuk Bisnis Kecil Maupun Industri

Salah satu hal menyenangkan adalah influencer marketing bisa digunakan oleh bisnis jenis apapun baik bisnis kecil hingga bisnis besar seperti industri. Berhubung harga iklan jauh lebih mahal, strategi ini akan menjadi sebuah strategi yang lebih efektif. Selama ada influencer dalam industri atau bidangnya, kalian bisa menggunakan pengaruhnya untuk strategi marketing brand-mu.

  • Akses ke Konsumen Millennial dan Gen Z

Saat ini teknologi sudah sangat berkembang, semuanya sudah bisa di akses di internet sehingga banyak generasi mudah yang mulai meninggalkan televisi dan lebih memilih media digital.

Market research menunjukkan 85% dari generasi Z menggunakan media sosial untuk mempelajari produk-produk baru. Hal tersebut menunjukkan, para konsumen muda mudah menerima informasi produk tertentu melalui platform media sosial.

Baca juga: 6 Tips Promosi Low-Budget untuk Toko Online

Itulah keuntungan dari influencer marketing yang akan sangat membantu bagi bisnismu, baik bisnis baru maupun dunia industri. Kepercayaan yang bisa di capai cukup besar di kalangan pengguna sosial media. Sehingga, akan menjadi lebih efektif ketika berbisnis.

Tetapi, jangan lupa untuk mengedepankan kualitas serta pelayanan, supaya semakin dipercaya lagi oleh para konsumen ya, Sellers!

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar