10 Ide Bisnis Online Minim Resiko yang Bisa Anda Coba

“Pengen mulai bisnis, sih. Tapi……”

“Mulai dari mana? Dimana jualnya? Siapa yang beli? Modal Usaha Bagaimana?”

Nah, pertanyaan-pertanyaan diatas pasti pernah terlintas di benak kalian. Banyak orang menyerah dalam berbisnis karena takut gagal sehingga kehilangan seluruh modalnya. Namun, berkat perkembangan internet yang pesat, kalian dapat memulai bisnis secara online. Selain mampu menjangkau target pasar yang lebih luas, kalian dapat merintis bisnis tanpa biaya operasional yang tinggi.

Nah, untuk mempermudah kalian dalam memulai bisnis yang cocok, berikut Tokopedia rekomendasikan 10 ide bisnis online minim resiko!

Baca juga: 7 Peluang Usaha Online dengan Modal Kecil

Ide Bisnis Online Minim Resiko

  • Bisnis Jasa Titip Beli

Banyaknya konsumen yang memerlukan bantuan untuk membeli barang tertentu karena terkendala jarak dan waktu menjadikan bisnis jasa titip cukup menggiurkan.

Kalian cukup mendatangi pusat perbelanjaan yang sesuai dengan target pasar dan membeli produk yang diinginkan konsumen.

Modal yang dibutuhkan juga kecil, kalian hanya membutuhkan ongkos transportasi, kuota internet serta tenaga, sedangkan untuk pembayaran barang telah dilakukan di awal oleh konsumen dengan sistem pre-order. Biasanya bisnis jasa titip atau jastip dilakukan pada saat penjual sedang berlibur ke luar negri. Jadi jika Anda akan ke luar negri di waktu dekat, bisnis jastip bisa menguntungkanmu.

  • Bisnis Share-in-Jar

Ide bisnis minim resiko selanjutnya adalah bisnis share-in-jar. Bisnis yang sedang nge-tren ini memiliki tujuan agar konsumen dapat mencoba berbagai produk khususnya skincare, tanpa perlu membeli kemasan besar. Konsep dari share-in-jar adalah membagi produk ke dalam wadah-wadah kecil lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah dibanding ukuran asli. Dari sini, kalian dapat mengambil untung 15 – 30 ribu / jar.

Bisnis ini hampir tidak mungkin gagal, mengingat banyaknya ragam produk kecantikan serta skincare yang ingin dicoba oleh konsumen sebelum membeli ukuran penuhnya.

  • Bisnis Titip Jual

Selain jasa titip beli, bisnis titip jual juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Salah satu bisnis titip jual yang sedang marak adalah titip jual barang branded seperti tas ataupun sepatu. Modal yang kalian perlukan hanyalah media sosial serta koneksi yang cukup luas.

Pada dasarnya, kalian hanya memasarkan produk milik orang lain tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli barang tersebut. Saat barang tersebut laku dijual, kalian akan mendapatkan komisi karena telah memasarkan barang tersebut.

  • Bisnis Menjual Artikel

Hampir setiap perusahaan, khusunya start-up menerapkan content marketing. Jika kalian memiliki minat dalam bidang menulis, kalian dapat memanfaatkan skill menulis untuk membuat berbagai artikel dengan topik menarik. Nantinya, kalian dapat menulis artikel-artikel tersebut, semakin bagus isi dari artikel maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

  • Bisnis Paket Travel dan Umroh

Menurut data statistik, kaum milenial cenderung menghabiskan uangnya untuk travelling. Nah, kalian dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual paket travel atau Umroh dengan harga terjangkau.

Kalian dapat menjalin afiliasi dengan agen travel besar, biasanya modal yang diperlukan hanya biaya registrasi dengan agen tersebut, sehingga kalian cukup menjual paket travel kepada konsumen dan pihak agen travel yang akan mengurusnya. Mudah bukan?

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

  • Bisnis Kuliner Rumahan

Nah, bisnis yang satu ini cocok bagi anda yang hobi memasak serta memiliki waktu luang yang cukup banyak. Bisnis kuliner seperti katering kecil-kecilan cukup menjanjikan, karena modal yang dibutuhkan sangat minim apalagi jika pesanan dibuat sesuai pesanan.  

Jika ingin produk kuliner yang lebih tahan lama dan tidak mudah basi kalian dapat menjual jenis makanan ringan seperti keripik kentang dan makaroni pedas.

  • Bisnis Jasa Fotografi / Videografi

Tak hanya produk, kalian juga dapat memasarkan jasa kalian. Saat ini, jasa fotografi dan videografi memiliki demand yang sangat tinggi serta dapat dijadikan ide bisnis sampingan. Bagi kalian yang memiliki kerja kantoran, kalian dapat menjalankan bisnis ini pada weekend, karena acara seperti pernikahan dan ulang tahun biasanya diadakan saat akhir minggu.

Untuk dapat menjalankan bisnis ini, kalian tidak perlu membeli alat yang mahal. Kalian cukup menyewa kamera dan peralatan lainnya dengan uang muka yang diberikan oleh konsumen di awal kesepakatan.

  • Bisnis Jasa Desain Grafis

Ide bisnis kreatif yang satu ini cocok bagi anak DKV. Bagaimana tidak? Selagi kalian menimba ilmu, kalian dapat mengisi waktu luang kalian dengan menjual desain kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kalian dapat menjual desain poster, kartu nama, menu restoran hingga desain feed Instagram yang tengah digandrungi masyarakat.

  • Bisnis Cuci Sepatu Murah

Bagi sebagian orang, sepatu bukanlah sekedar alas kaki. Sehingga, menjaga kebersihan sepatu merupakan hal wajib. Namun, membersihkan kotoran di sepatu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena sebab itulah, bisnis cuci sepatu mulai mencuri perhatian, membutuhkan modal kurang dari 3 juta, bisnis rumahan ini dapat dengan mudah kalian jalankan.

Modal yang kalian perlukan antara lain: Sikat khusus sepatu, kain microfiber, mesin cuci khusus sepatu, serta beberapa bahan kimia seperti, Anti Bacteria, Surfaktan  dan Solvent Perfume.

  • Bisnis Pakaian Murah

Pakaian merupakan produk yang tidak akan pernah sepi peminat, mulai dari perempuan hingga laki-laki, tua maupun muda semuanya membutuhkan pakaian.

Kalian dapat membuat kaos yang kalian desain sendiri dengan sistem pre-order, jika kalian tidak ingin memproduksi sendiri kalian dapat mengambil baju dari supplier.

Nah, itu dia 10 Ide Bisnis Minim Resiko yang dapat kalian coba. Agar bisnis menjadi sukses, tak cukup hanya modal yang besar, kalian juga perlu memiliki ketekunan serta kesabaran. Jangan takut berbisnis, #MulaiAjaDulu di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller