Ide Bisnis dari Hobi yang Bisa Kamu Coba

Ide Bisnis dari Hobi – Memiliki suatu hobi memang menyenangkan karena kamu dapat menjadi produktif dan kreatif tanpa bermalas-malasan. Maka dari itu, banyak orang yang mengatakan bahwa menjadikan suatu hobi sebagai profesi adalah mimpi semua orang. Jika kamu memiliki hobi dan kemampuan untuk membuat sesuatu yang kreatif, maka jangan sampai dibuang-buang saja. Jadikan lah itu sebagai acuan kamu untuk mencari nafkah. 

Hobi tersebut dapat kamu ambil dari aktivitas keseharian kamu yang menikmati untuk dilakukan setiap hari nya. Contohnya seperti bermain gitar, menyanyi, atau bahkan memasak. Kamu dapat membuat usaha dari hobi tersebut seperti memulai band, membuka bisnis katering, dan sebagainya.

Dengan hobi yang perlu diperdalam dan usaha membangun bisnis yang optimal, inilah 10 ide bisnis yang dapat kamu ambil dari hobi kamu sehari-hari. Simak di bawah ini, yuk!

Ide Bisnis dari Hobi yang Bisa Kamu Coba

  • Memasak

Memasak merupakan suatu hobi yang kerap kali dijadikan ide bisnis. Ide bisnis memasak pun sangat beragam karena tersedia banyak tipe bisnis memasak yang dapat kamu coba. Contohnya seperti bisnis katering atau bisnis makanan unik yang banyak menarik perhatian pelanggan. Biasanya, makanan unik dan enak lebih cenderung untuk memiliki sales yang fluktuatif, karena hanya berdasarkan trend saja. 

Baca juga: Langkah Mudah Memulai Bisnis Kue Lebaran Modal Kecil

  • Fotografi

Fotografi adalah bagian dari hobi dan bagian dari karya seni. Jika fotografi yang kamu ambil lebih condong ke seni, sangat mungkin bahwa kamu akan menghasilkan uang lebih dengan hobi ini.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang fotografi. Sejumlah situs web utama seperti Flickr dan Shutterstock memberikan foto kepada pengguna di seluruh web. Kamu dapat memperoleh sejumlah uang dengan membuat akun di situs-situs tersebut dan menambahkan foto kamu untuk dijual kepada klien yang berpotensi.

Cara lain adalah memasarkan pekerjaan kamu langsung ke klien yang sebenarnya. Fotografer profesional cukup mahal, sehingga kamu mungkin dapat menjual layanan kamu sebagai alternatif diskon untuk orang-orang yang membutuhkan foto untuk kelulusan, pernikahan dan acara lainnya.

  • Menulis

Jika kamu suka menulis, ada banyak cara berbeda untuk menghasilkan uang. Freelance writing adalah salah satu peluang terbaik untuk menghasilkan uang secara online.

Ada banyak blog yang membayar penulis, dan lebih banyak blog lainnya diluncurkan setiap hari. Maka dari itu, banyak kebutuhan besar untuk penulis berbakat, dan beberapa peluang membayar dengan sangat baik.

Baca juga: Manfaat Blog untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

  • Desain Grafis

Jika kamu mahir dalam desain grafis, ini adalah peluang yang dapat kamu gunakan. Tanggapi iklan di berbagai situs, dan bahkan pertimbangkan untuk membuat situs web kamu sendiri untuk menjelaskan apa desain grafis yang dapat kamu lakukan dengan memberikan sampel pekerjaan kamu.

Kamu bahkan dapat memulai di situs desain grafis yang dapat mempertemukan kamu dengan banyak client yang membutuhkan desain untuk berbagai produk. Banyak pasar di luar sana untuk desain grafis, meskipun sangat kompetitif. 

  • Video Editing

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di YouTube atau situs video lainnya, kamu dapat menghargai banyak pasar yang berkembang untuk pembuatan video atau film pendek. Banyak bisnis sekarang menganggap bahwa video adalah suatu keharusan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, baik di situs web mereka maupun di situs video itu sendiri.

Jika kamu memiliki bakat untuk membuat video atau hanya mengeditnya, ini adalah waktu yang tepat untuk mengubah hobi ini menjadi sumber pendapatan. Ada berbagai cara kamu dapat menghasilkan uang dengan melakukan ini, dari membuat video instruksional hingga iklan untuk mempromosikan bisnis.

Jika kamu suka musik, kamu juga bisa memulai membuat video musik sendiri dan membangun saluran sendiri. Kamu dapat memperoleh penghasilan dari iklan di video-video ini, dan begitu kamu mendapatkan saluran, penghasilannya bisa pasif dan dapat diandalkan.

  • Musisi

Dengan teknologi media sosial dan platform lainnya seperti YouTube, kamu dapat menjadi musisi terkenal dengan memainkan musik di dalam video dan mencoba mengunggahnya di berbagai platform tersebut. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan jika kamu memiliki bakat di musik. 

Kamu juga dapat mencoba untuk mengajar orang untuk belajar musik seperti instrumen tertentu atau bahkan pengajar vokal. Kamu tidak perlu melamar menjadi tutor di suatu instansi atau tempat les dan sebagainya, kamu juga dapat membuka tutor sendiri dan mengajar secara privat.

  • Web Desain

Jika kamu cukup kreatif dan membangun situs web, terdapat banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan banyak penghasilan. Kamu dapat mulai dengan meminta bisnis kecil lokal atau bahkan dengan menempatkan iklan kecil di publikasi perdagangan.

Dan memiliki situs web yang dapat dihubungkan dengan iklan mana pun, akan menjadi peluang bagus untuk memamerkan karya kamu melalui contoh atau testimoni.

  • Sosial Media

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di media sosial, dan jika media sosial adalah elemen alami kamu, kamu mungkin bisa mengubah hobi itu menjadi penghasil uang. 

Jika kamu tahu cara membangun pengikut media sosial berikut dari Facebook, Twitter, dan lainnya, kamu mungkin dapat mengukir uang dengan membuat peluang untuk diri sendiri.

Sisi bisnis dari penggunaan media sosial terkadang tidak lebih dari sekadar menjadi perwakilan layanan pelanggan online untuk sebuah bisnis. Manajemen media sosial menjadi bidang karier sendiri. Ketika kamu tumbuh menjadi media sosial dari perspektif bisnis, kamu mungkin dapat membangun karier baru untuk diri sendiri, daripada hanya dijadikan sebagai hobi.

Baca juga: Cara Optimasi Media Sosial untuk Berjualan

  • Membeli dan Menjual

Jika kamu suka berbelanja untuk tawar-menawar, di garage sale, dan atau di online, kamu mungkin dapat mulai menghasilkan uang dengan membeli dan menjual barang-barang yang kamu temui.

Cari barang-barang yang bisa dijual di waktu luang kamu, seperti garage sale di akhir pekan. Jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya, kamu mungkin sudah tahu jenis barang apa yang bisa dijual kembali, dan berapa harganya.

Kamu dapat memulai dengan mencari barang-barang bekas dengan harga yang sangat murah dan menjualnya kembali di online dengan harga yang lebih mahal. Kamu akan mendapatkan keuntungan menarik walaupun tidak seberapa.

  • Blogging / Vlogging

Apakah ada topik yang sangat kamu sukai? Ini bisa berupa bisnis, keuangan, politik, kesehatan, hiburan, memasak, atau apapun itu yang ada di pikiran kamu. Cobalah untuk memulai blog sendiri dan menjadi anggota jajaran pakar gaya yang mandiri mengenai topik apapun yang menarik untuk kamu.

Kamu dapat membuat situs web sederhana melalui WordPress, tempat sebagian besar templat blog gratis, lalu buat blog kamu seiring berjalannya waktu. Kamu juga dapat melakukannya melalui YouTube, karena sekarang banyak orang yang menggunakannya sebagai pemasok dana mereka. 

Itulah tadi 10 ide bisnis yang dapat kamu peroleh dari hobi kamu sendiri. Dengan adanya banyak ide di atas, pastikan kamu terdorong untuk menggunakan kreatifitas kamu untuk kegiatan produktif. Yuk, mulai bisnis kamu sekarang dengan Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller