Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Halaman Tokopedia Seller, Pantau Aktivitas Penjualan di Satu Halaman

Fokus kelola toko dalam satu halaman

Diperbarui 06 Sep Baca 3 menit

Hai, Seller! Bayangkan jika kamu punya banyak asisten yang siap memberikan laporan tentang performa penjualan, info pesanan yang masuk, stok produk, hingga artikel pilihan. Tentu hidup jadi lebih mudah, bukan? Itulah peran halaman Tokopedia Seller (Home) yang bisa kamu gunakan di desktop dan aplikasi Tokopedia Seller (Android)

Kenali bagian-bagian penting dari halaman Tokopedia Seller (Desktop)

article

Kamu bisa mengakses Halaman Tokopedia Seller melalui link seller.tokopedia.com/home. Tokopedia membagi tampilannya dalam dua bagian inti, yaitu: 1) fitur operasional dan statistik dan 2) konten informatif, edukatif, dan inspiratif.

1. Fitur-fitur operasional dan statistik

Pada bagian ini, kamu bisa melihat operasional dan statistik yang dapat membantumu untuk memantau penjualan toko.

A) Cari apa pun yang kamu butuhkan di kolom pencarian

article

Di kolom pencarian kamu bisa mencari informasi apa pun seputar Tokopedia, penjualan, dan fitur di halaman Tokopedia Seller. Cukup ketik yang ingin kamu cari di kolom pencarian, kemudian beberapa informasi terkait akan muncul untuk kamu pilih.

B) Informasi “Penting Hari Ini”, berisi hal yang harus kamu kerjakan setiap harinya

article

Di sini, kamu akan mendapatkan rangkuman informasi penting dan sebisa mungkin harus kamu selesaikan pada hari itu juga agar performa tokomu terus meningkat dan tidak ada aktivitas yang terabaikan.

C) Cek rangkuman penjualan melalui statistik toko

article

Rangkuman penjualan memberikan informasi berapa banyak pengguna Tokopedia yang datang ke tokomu, berapa banyak produk yang terjual, serta pendapatanmu setiap harinya. Kamu bisa menggunakan informasi dari rangkuman penjualan untuk membuat laporan keuangan tokomu atau menyusun strategi bisnis ke depannya.

D) Performa Toko, sudahkah kamu memberikan pelayanan maksimal?

article

Di bagian ini, kamu akan diberikan informasi dan saran tentang pelayananmu terhadap pengunjung toko. Informasi yang diberikan seputar respons terhadap chat pembeli, kecepatan dalam memproses pesanan, penalti toko, dan lainnya.

Baca juga: Seller Wajib Tahu: Skema Baru Skor Performa Toko

article

Jika Seller menggunakan TopAds akan muncul tampilan performa iklan berupa berapa kali jumlah iklan tampil, jumlah klik, jumlah barang yang terjual dari iklan, hingga penjualan yang diperoleh dari iklan.

E) Lihat produk terlaris dan update stok produkmu

article

Di sini kamu bisa melihat produk-produk yang laris manis diburu pembeli sehingga kamu bisa memperkirakan jumlah permintaan yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga akan diinfokan mengenai produk yang hampir atau telah habis, jadi kamu bisa segera update stok sebelum kehabisan. Cek juga rekomendasi harga terhadap produk yang harganya kurang kompetitif di tokomu.

2. Konten informatif, edukatif, dan inspiratif

Di bagian kedua, kamu dapat melihat tips dan trik berjualan di halaman Tokopedia Seller pada sisi sebelah kanan.

article

A) Pengumuman, informasi penting ada di sini!

Ketahui informasi terbaru seperti promo untuk Seller, fitur terbaru, hingga informasi penting yang wajib kamu tahu. Geser gambar untuk melihat info terbaru yang ingin kamu baca lebih dulu.

B) Campaign yang bisa kamu ikuti

Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai campaign Tokopedia yang bisa kamu ikuti, seperti flash sale atau promo. Kalau kamu berkesempatan ikutan, jangan sia-siakan ya, Seller. Halaman ini tidak akan muncul apabila kamu belum berkesempatan mengikuti campaign.

C) Bacaan Terkini, pebisnis sejati tidak pernah berhenti belajar

Halaman Tokopedia Seller akan memberikan rekomendasi artikel-artikel terbaru seputar bisnis dan fitur di Tokopedia. Tentunya, artikelnya disesuaikan dengan kebutuhan toko.

Kunjungi juga: Pusat Edukasi Seller Tokopedia

D) Kembangkan toko dengan Rekomendasi

Di sini kamu dapat melihat rekomendasi fitur yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan performa tokomu.

E) Anti kudet dengan Kalender Event

Ikuti berbagai kegiatan tanpa ketinggalan dengan mengecek Kalender Event. Di sini kamu bisa melihat daftar agenda campaign ataupun webinar Seller yang ada di Tokopedia dalam 1 bulan.

F) Pantau kata kunci populer melalui Tren Pasar

Biar makin mudah ditemukan pembeli, cek daftar produk dan kata kunci populer yang ada di daerah Seller. Dengan begini kamu bisa menyesuaikannya untuk kebutuhan iklan ataupun penamaan produk selanjutnya.

Baca juga: Saya Mengalami Kendala Teknis pada Aplikasi Tokopedia Seller

Cara masuk ke halaman Tokopedia Seller (Desktop)

Buka https://www.tokopedia.com/ melalui desktop. Arahkan kursor ke akun tokomu yang berada di bagian kanan atas, kemudian klik tombol “Cek Tokopedia Seller”. Kamu juga bisa menemukan tombol ini di halaman pusat notifikasi.

article

Yuk, permudah urusan operasional bisnis melalui halaman Tokopedia Seller!

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual