Halaman Tokopedia Seller dengan Tampilan Baru, Memudahkan Kelola Toko

Kelola toko lebih fokus dengan satu halaman

Hai Seller, bayangkan jika kamu adalah seorang pebisnis dan kamu punya banyak asisten yang siap memberikan laporan tentang performa penjualan, info pesanan yang masuk, stok produk, artikel pilihan, dan segala macamnya. Tentu hidup jadi lebih mudah, kan? Itulah peran Halaman Tokopedia Seller. Apalagi, kini Halaman Tokopedia Seller memiliki perubahan yang membuatmu jadi lebih mudah untuk mengoperasionalkan bisnis. Nah, apa aja perubahannya? Yuk simak informasi berikut.

Berikut beberapa informasi tentang Halaman Tokopedia Seller khusus Desktop.

Tampilan Baru Halaman Tokopedia Seller di desktop

Kamu bisa mengakses Halaman Tokopedia Seller melalui link seller.tokopedia.com/home. Kini tampilan Halaman Tokopedia Seller memiliki perubahan letak dari setiap pada setiap fiturnya. Tokopedia telah mengelompokkan fitur-fitur tersebut menjadi dua bagian:

  1. Fitur-fitur operasional dan statistik
  2. Tips & trik berjualan

Nah, jika kamu ingin melihat dan mencoba tampilan halaman Tokopedia Seller dalam versi baru, klik di bawah ini ya!

Cek Versi Terbaru

Tampilan lama Halaman Tokopedia Seller di desktop

Tampilan halaman Tokopedia Seller pada versi yang lama, menampilkan letak yang cukup berbeda dengan tampilan yang baru. Fitur-fitur operasional dan statistik berada pada bagian atas, baik kanan dan kiri, sementara bagian tips & trik berjualan berada di halaman paling bawah. Lihat tampilan versi lama pada gambar di atas ya.

Jika kamu ingin melihat tampilan halaman Tokopedia Seller dalam versi lama, kamu bisa buka link www.seller.tokopedia.com/home-old atau klik di bawah ini. Tampilan versi lama ini hanya dapat kamu lihat hingga tanggal 30 September 2020 aja ya Seller. Yuk cek sekarang!

Cek Versi Lama

Panduan masuk ke halaman Tokopedia Seller dari beberapa lokasi

1. Melalui website Tokopedia

Buka website Tokopedia (tokopedia.com) melalui desktop dan masuk ke halaman utama. Arahkan kursor ke akun tokomu yang berada di bagian kanan atas. Kemudian klik tombol ‘Cek Tokopedia Seller’

2. Melalui pusat notifikasi

Buka aplikasi Tokopedia (tokopedia.com) dari desktop dan masuk ke halaman utama. Klik gambar lonceng di bagian atas layar. Kemudian, klik tombol ‘Cek Tokopedia Seller’

Kenali bagian-bagian penting dari Halaman Tokopedia Seller

Kini tampilan Halaman Tokopedia Seller memiliki perubahan letak dari setiap pada setiap fiturnya. Tokopedia telah mengelompokkan fitur-fitur tersebut menjadi dua bagian, yaitu operasional dan tips&trik berjualan. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

Fitur-fitur operasional dan statistik

Pada kelompok yang pertama ini, kamu dapat melihat operasional dan statistik yang dapat membantumu memantau penjualan tokomu.

1. Cari apa pun yang kamu butuhkan di kolom pencarian 

Seller, punya banyak pertanyaan tapi bingung cari jawaban di mana? Nggak perlu khawatir, kamu bisa mencari informasi apa pun seputar Tokopedia, penjualan, dan fitur di Halaman Tokopedia Seller kamu. Cukup masuk ke halaman Tokopedia Seller, lalu ketik apa pun yang ingin kamu cari tahu di kolom pencarian ya.

Misal:

  1. Butuh info detail order? Kamu bisa ketik nama pembeli, nama produk, nomor invoice, atau nomor resi di Kolom Pencarian
  2. Mau ke halaman produk? Ketik aja nama produknya
  3. Mau cari tau soal fitur baru di Tokopedia? Cus, ketik nama fiturnya (contoh: Dekorasi Toko)
  4. Pengen baca info lengkap soal suatu hal? Ketik pertanyaan yang kamu punya (contoh: Apa itu Saldo Prioritas?)

Nantinya, Kolom Pencarian akan mengarahkanmu ke hasil yang paling tepat. Mudah, bukan?

2. Informasi ‘Penting Hari Ini’, berisi to-do listmu hari ini

Di bagian ini, kamu akan mendapatkan rangkuman informasi penting dan sebisa mungkin harus kamu selesaikan pada hari itu juga agar performa kamu terus meningkat dan tidak ada aktivitas yang terabaikan. Informasinya seputar pesanan baru yang masuk, pesanan yang siap dikirim, ada tidaknya komplain dari pembeli, chat dari pembeli, diskusi yang belum dibaca dan ulasan yang belum dibalas.

3. Statistik Toko minggu ini

Bagian rangkuman penjualan memberikan informasi berapa banyak pengguna Tokopedia yang datang ke tokomu, berapa banyak produk yang terjual, serta pendapatanmu dalam satu minggu. Kamu bisa menggunakan informasi dari rangkuman penjualan untuk membuat laporan keuangan tokomu atau menyusun strategi bisnis ke depannya.

4. Performa toko harian, sudahkah kamu memberikan pelayanan maksimal?

Di bagian ini, kamu akan diberikan informasi dan saran tentang pelayananmu terhadap pengunjung tokomu. Informasi yang diberikan seputar responmu terhadap chat pembeli, kecepatan dalam memproses pesanan, serta penalti toko. Kamu juga akan diberikan saran apakah performa tokomu hari ini sudah baik atau butuh ditingkatkan lagi.

Baca juga: 4 Tips Balas Chat Pembeli Tokopedia Dengan Cepat dan Tepat

5. Lihat produk terlaris dan update stok produkmu

Di bagian ini kamu bisa melihat produk-produk apa saja yang laris manis diburu pembeli. Kamu jadi bisa memperkirakan jumlah permintaan dan potensi penjualan yang bisa kamu dapatkan. Nah, kamu juga akan diberikan informasi untuk produk-produk yang telah habis dan hampir habis, jadi kamu bisa segera update stok sebelum kehabisan. 

Tips & Trik berjualan

Pada kelompok kedua, kamu dapat melihat tips dan trik berjualan di halaman Tokopedia Seller pada sisi sebelah kanan.

1. Info terbaru! Pantau promo, fitur terbaru, dan informasi penting di sini


Nah, ini adalah salah satu fitur terbaru yang ada di halaman Tokopedia Seller. Kamu bisa mengetahui informasi terbaru seperti promo untuk Seller, fitur terbaru atau informasi penting yang wajib kamu tahu. Fitur ini juga bisa kamu geser lho, jadi kamu bisa memilih info terbaru apa yang ingin kamu baca lebih dulu. Jangan lewatkan informasinya ya Seller!

2. Khusus untukmu, dapatkan informasi seputar Seller Tokopedia

Di bagian ini, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru seputar penjualan dan fitur-fitur Tokopedia. Nah, jangan lewatkan berbagai informasi penting yang terangkum dalam Informasi Seller ini ya!

Baca juga: 4 Tips Balas Chat Pembeli Tokopedia Dengan Cepat dan Tepat

3. Artikel menarik, pebisnis sejati tidak pernah berhenti belajar

Halaman Tokopedia Seller akan memberikan rekomendasi artikel-artikel terpilih, Konten Hari Ini, dan Newsletter Seller seputar berbisnis di Tokopedia. Informasinya bisa berupa tips & trik jualan, update seputar informasi dan fitur Tokopedia, serta peluang-peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Tentunya, artikelnya disesuaikan dengan kebutuhan Seller.

Kunjungi juga: Pusat Edukasi Seller Tokopedia

Isi survei untuk pengembangan yuk!

Sama halnya dengan Seller yang nggak pernah berhenti berusaha untuk memberikan hasil terbaik untuk pembeli, Tokopedia juga sama nih. Tim Tokopedia akan terus melakukan pengembangan terhadap fitur-fitur jualan yang dapat membantu Seller mengoperasionalkan toko dan bisnis jadi lebih mudah dan praktis. Untuk itu, saran dan penilaian dari Seller sangat kami butuhkan. Kamu bisa mengisi survei pada ikon smile di pojok kanan bawah pada halaman Tokopedia Sellermu. Yuk isi surveinya!

Nah, perubahan pada tampilan halaman Tokopedia Seller sangat membantumu untuk mengoperasionalkan bisnis di Tokopedia kan Seller? Kesimpulannya, segala informasi yang kamu butuhkan maupun jalan pintas ke berbagai aktivitas penjualan bisa kamu dapatkan langsung dari Halaman Tokopedia Seller. Jadi, manfaatkan dengan sebaik-baiknya ya! Yuk cek Halaman Tokopedia Seller versi terbaru sekarang!

Cek Sekarang

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller