Manfaat Menggunakan Video Produk untuk Bisnis Online

Fungsi Video Produk – Baik untuk memperkenalkan atau mengembangkan bisnis, video merupakan media penting yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Apalagi di era serba digital ini dan melihat kebiasaan orang yang lebih tertarik dengan gambar dibanding bacaan, video produk akan sangat membantu untuk perkembangan bisnis kamu. 

Jenis video yang digunakan juga bisa bermacam-macam. Mulai dari video perkenalan, review, testimoni dari pelanggan, sampai animasi yang mendeskripsikan mengenai perusahaan atau produk yang ditawarkan. 

Lalu, kira-kira apa saja sih, manfaat dan fungsi penggunaan video produk untuk bisnis online? Yuk, simak untuk mengetahui lebih lanjut!

Fungsi Menggunakan Video Produk untuk Bisnis

  • Memperkenalkan Bisnis yang Dijalankan

Sebelum berlanjut ke video produk, terdapat video perkenalan yang dapat membangun kepercayaan pembeli terhadap bisnis yang sedang kamu jalankan. Video ini dapat dibuat singkat, berisi profil perusahaan, cerita perjalanan, dan produk apa yang ditawarkan. 

Tujuan dibuatnya video ini adalah agar calon pembeli dapat mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis kamu sekaligus mebangun kepercayaan, karena mereka dapat melihat jelas orang di balik layar dan apa yang dijalankan oleh bisnis tersebut.

Baca juga: Keunggulan Fitur Video Produk

  • Memberi Deskripsi Produk

Video berisi deskripsi produk dan tutorial sangat dibutuhkan oleh calon konsumen, lho. Terutama jika produk atau layanan yang kamu tawarkan belum terlalu umum dan belum terlalu banyak yang memberikan penjelasan terperinci mengenai produk tersebut. 

Video yang dibuat juga tidak harus terlalu rumit, hanya perlu menjelaskan tutorial atau cara kerjanya saja agar konsumen memiliki gambaran yang jelas. 

  • Menunjukkan Kualitas Produk

Kalau hanya menggunakan foto produk, pembeli tidak dapat melihat gambaran jelas mengenai kualitas produk yang kamu jual. Dengan menggunakan video, pembeli dapat menilai kualitas produk dan menjadi lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

  • Meyakinkan Pembeli untuk Membeli Produk

Penggunaan video dalam pemasaran juga dapat mempermudah seller untuk meyakinkan pembeli bahwa produknya worth it untuk dibeli. Agar tujuan ini tercapai, kamu harus membuat video yang informatif sekaligus persuasif. 

Kalau bisa, tambahkan animasi agar video menjadi lebih menarik dan tidak membosankan untuk ditonton. 

  • Membangun Kepercayaan Pembeli

Selain video profil perusahaan, terdapat jenis video lain yang bisa digunakan untuk membangun kepercayaan calon pembeli yaitu video testimoni. Dengan menggunakan video testimoni pengalaman menyenangkan dari pelanggan sebelumnya, para calon pelanggan dapat lebih percaya untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Kamu juga bisa meminta orang-orang yang diberi kesempatan untuk mencoba produk terlebih dahulu untuk memberikan testimoni terhadap produk yang kamu jual. Biasanya, video jenis ini membutuhkan bantuan dari orang-orang yang sudah dikenal oleh masyarakat seperti influencer atau artis dan pelakon dunia hiburan. 

Baca juga: Apa itu Influencer Marketing Serta Keuntungannya untuk Bisnis

  • Memperluas Jangkauan Pembeli

Seperti yang sudah disebutkan di awal, di era yang serba digital ini semua orang dapat mengakses apapun dengan mudah. Nah, ketika menggunakan video produk untuk bisnis, kamu dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah di Indonesia atau bahkan mancanegara. 

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan dan perkembangan bisnis kamu dalam jangka panjang. Video promosi atau produk dapat kamu unggah di situs penjualan produk dan media seperti YouTube agar dapat menarik konsumen dari berbagai daerah dan pasar yang lebih luas. 

  • Situs Menjadi SEO Friendly

Ketika menggunakan video sebagai salah satu teknik pemasaran, secara tidak langsung kamu juga membuat situs bisnis lebih SEO (Search Engine Optimization) friendly. Ketika situs kamu sudah SEO friendly, calon pembeli akan lebih mudah untuk menemukan profil perusahaan dan produk yang dijual. Hal ini dikarenakan YouTube juga merupakan produk dari Google, search engine yang paling dapat diandalkan dan paling sering digunakan oleh mayoritas orang. 

Cara agar video yang kamu unggah teroptimisasi adalah dengan memberikan deskripsi produk dan keyword yang ingin digunakan di video yang akan diunggah. Jika ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, kamu juga bisa mengunggah video di YouTube agar lebih mudah ditemukan di Google oleh orang-orang yang mencari produk yang kamu jual. 

Baca juga: Tips Membuat Video Produk Yang Memikat Pembeli!

Itu dia beberapa manfaat dari penggunaan video produk untuk keberlangsungan dan pengembangan bisnis kamu. Untuk hasil yang optimal, disarankan untuk membuat video singkat, padat, dan jelas, dan juga berkualitas agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaanmu. 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller