Jadi Merchant Pintar dengan Fitur Wawasan Pasar

Takut kalah bersaing dengan kompetitor? Makanya, kamu harus tahu langkah yang tepat untuk memasarkan produkmu, mulai dari produk yang dijual, hingga kata kunci yang digunakan. Untuk mengetahuinya, kamu harus aware atau familiar dengan tren di kalangan pembeli. Nah, Tokopedia punya fitur Wawasan Pasar untuk membantumu mendapatkan informasi tersebut.

Apa itu Wawasan Pasar?

Wawasan Pasar adalah salah satu fitur premium yang dapat diakses dengan berlangganan Power Merchant. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui banyak informasi yang menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan penjualan tokomu.

Yuk kita bahas fungsinya satu per satu!

Toko Teratas

Bagian ini menyediakan informasi toko-toko dengan transaksi tertinggi pada kategori jualanmu. Dengan mengetahui toko-toko yang memiliki performa baik, kamu bisa kepo-kepoin faktor apa saja yang membuat toko tersebut laris, contohnya:

  • Branding yang dilakukan toko tersebut, mulai dari foto produk, deskripsi produk yang disenangi pembeli, pengaturan etalase, hingga tampilan sampul dan informasi toko.
  • Pelayanan yang diberikan, seperti bagaimana cara mereka menjawab diskusi, serta berapa lama kecepatan respon toko.

Produk Teratas

Di bagian ini, kamu bisa tau produk apa aja yang lagi laris atau jadi tren di kategori jualanmu. Dengan informasi tersebut, kamu bisa menambahkan produk-produk tersebut untuk dijual di tokomu. Kalau kamu sudah menjual produk tersebut namun penjualannya belum optimal, kamu bisa cek apakah harga, foto, dan deskripsi produkmu sudah sesuai.

Kata Kunci Teratas

Dengan melihat kata kunci teratas, kamu bisa tahu strategi penamaan produk yang baik, mulai dari susunan nama produk, penggunaan istilah, hingga pemilihan kata kunci yang digunakan kompetitor.

 

Ada 2 strategi untuk penamaan produk yang bisa kamu terapkan: Kamu bisa menggunakan nama produk yang serupa dengan nama produk kompetitor, atau justru menggunakan nama yang berbeda. Kamu tidak harus selalu menamakan produk dengan kata kunci teratas. Misalnya, jika ada kompetitor yang menjual produk Redmi 5 Plus dengan harga yang sangat murah dan reputasi tokonya sangat bagus sehingga sulit bagi kamu untuk melawannya, kamu bisa menggunakan nama produk yang sedikit berbeda seperti Redmi 5+. Dengan begitu, saat pembeli mencari dengan kata kunci Redmi 5+, produk kamu memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk muncul di depan dibandingkan kompetitor.

 

Apa Keuntungan Menggunakan Wawasan Pasar?

Seluruh informasi yang Anda dapatkan melalui Wawasan Pasar bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan apakah strategi tersebut juga bisa diterapkan di toko Anda. Jika iya, Anda bisa menirunya. Jika tidak pun, Anda bisa mengira-ngira bagaimana cara menyesuaikan strategi sukses tersebut sesuai dengan karakter toko Anda.

Bagaimana, tertarik mencoba Fitur Wawasan Pasar? Yuk langganan Power Merchant sekarang bisa memanfaatkan fitur ini dan fitur unggulan lainnya! Jangan ragu untuk upgrade ke Power Merchant untuk membuat bisnis online Anda semakin berkembang pesat.

LANGGANAN SEKARANG

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.