Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Statistik
  2. Pantau Kecepatan Operasional Toko di Halaman Wawasan Operasional

Pantau Kecepatan Operasional Toko di Halaman Wawasan Operasional

Kamu juga bisa lihat berapa jumlah pesanan yang dibatalkan di tokomu

Diperbarui 22 Sep • Baca 3 menit

Hai! Pernahkah kamu penasaran dengan kecepatan operasional yang telah kamu lakukan terhadap tokomu? Kamu dapat mengeceknya di halaman Wawasan Operasional. Halaman ini telah menyediakan data performa operasional toko dengan lengkap sehingga kamu dapat mengevaluasi performa tokomu. Hanya satu halaman saja, kamu sudah bisa melihat semua data penting yang kamu butuhkan untuk meningkatkan penjualan. Data-data apa apa yang akan kamu dapatkan?

Berikut data penting di Wawasan Operasional untuk mendukung penjualan toko

  1. Ringkasan Performa toko, berisi rekapan data tingkat pembatalan pesanan, kecepatan proses pesanan, tingkat pesan terbalas, Kecepatan balas pesan.
  2. Pembatalan Pesanan untuk mengevaluasi pembatalan pesanan yang dilakukan oleh pembeli dan oleh tokomu.
  3. Kecepatan Proses Pesanan memberikan informasi tentang kecepatan tokomu dalam memproses pesanan. Informasi tersebut berupa “sangat lama”, “cepat”, “sangat cepat”, dan lainnya
  4. Interaksi dengan pembeli berisi informasi seberapa cepat pesan pembeli terbalas olehmu
  5. Kecepatan Membalas Pesan berisi informasi tingkat kecepatan kamu membalas pesan dan diskusi dari calon pembeli

Cara akses Wawasan Operasional melalui Desktop

  1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller, kemudian klik ‘Statistik’ dan pilih ‘Wawasan Operasional’. Atur rentang waktu performa toko yang ingin kamu lihat kemudian klik terapkan.

article

Di sini, kamu juga bisa memberikan saran untuk Tokopedia di kolom ‘Saran’. Saran darimu sangat berguna untuk pengembangan fitur ke depannya lho.

Setelah masuk ke halaman ini, yuk kita lihat informasi apa saja yang bisa kamu pantau pada halaman ini.

Pantau Ringkasan Performa Toko

Ringkasan Performa Toko menyediakan ringkasan data dalam memenuhi kepuasan belanja pembeli di tokomu seperti Tingkat pembatalan pesanan, kecepatan proses pesanan, tingkat pesan terbalas, dan kecepatan balas pesan.

article

Pantau Tingkat Pembatalan Pesanan

Kamu akan diberikan total pesanan yang baru masuk, pesanan yang dibatalkan oleh pembeli atau oleh tokomu. Nah, fitur ini juga menyediakan persentase pembatalan pesanan yang terjadi di tokomu serta berapa jumlah biaya yang terjadi dari pembatalan tersebut. Dengan data ini, kamu bisa mengevaluasi performa pesananmu. Jadi, kalau persentase pembatalan tinggi, kamu harus mencari tahu penyebab pembatalan terjadi.

article

Kecepatan memproses pesanan

Pada bagian ini kamu dapat melihat seberapa cepat kamu memproses pesanan. Setiap toko, memiliki target kecepatan memproses pesanan. Kamu harus memproses pesanan secepat mungkin ya agar performa tokomu terus naik!

article

Interaksi dengan pembeli dan kecepatan membalas pesan

Terakhir nih, interaksi dengan pembeli dan kecepatanmu dalam membalas pesan. Di halaman ini, kamu akan diberikan data jumlah chat terbalas dan diskusi masuk. Jika angka persentasemu kecil, maka angka tersebut akan berubah menjadi merah. Hal ini juga sama dengan kecepatan membalas pesan, semakin lama kamu membalas maka kamu akan mendapatkan warna merah. Nah, kalau begini, perbaiki kecepatan membalas pesan dan interaksimu kepada calon pembeli agar warna merah pada halaman wawasan operasionalmu berubah menjadi hitam ya!

article

Itulah kehebatan halaman Wawasan Operasional yang memudahkanmu melihat performa operasional toko dengan data. Mulai untuk menganalisa performa tokomu ya. Yuk pantau sekarang!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Pantau Kecepatan Operasional Toko di Halaman Wawasan Operasional

StatistikDiperbarui 22 SepBaca 3 menit
top description

Pantau Performa Toko dengan 1 Halaman di Wawasan Toko!

StatistikDiperbarui 22 SepBaca 3 menit
top description

Fokus Pantau Penjualan Produk Hanya di Halaman Statistik Produk

StatistikDiperbarui 22 SepBaca 4 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual