Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Jualan Lebih Mudah dengan Fitur Varian, Pembeli Bisa Langsung Pilih!

Pakai varian produk agar calon pembeli lebih mudah dan cepat bertransaksi di tokomu!

Diperbarui 08 Aug Baca 2 menit

Hai Seller, kamu pasti sering dong ditanyain pembeli soal ketersediaan varian produk yang kamu jual? Misalnya varian rasa atau ukuran. Agar lebih memudahkan pembeli saat belanja, gunakan fitur varian untuk mengatur stok dan harga produk sesuai variannya masing-masing.

Kamu jadi enggak perlu repot-repot untuk meng-update ketersediaan varian pada deskripsi produk. Fitur Varian bisa digunakan oleh semua kategori produk dan hanya dapat diakses melalui desktop dan aplikasi Tokopedia Seller.

Kini, kamu enggak perlu khawatir lagi foto produk yang muncul di hasil pencarian pembeli adalah foto produk varianmu. Tokopedia telah melakukan pembaruan sistem sehingga foto produk yang muncul di kolom pencarian adalah foto produk utama. Jadi, udah enggak ada alasan lagi kamu nggak pakai fitur Varian, ya, Seller.

Keuntungan menggunakan fitur Varian

article

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Harus Pakai Fitur Varian!

Menarik, kan? Yuk, simak langkah mudah menggunakan fitur Varian di bawah ini!

Cara menggunakan fitur Varian melalui desktop

1. Masuk ke Halaman Tokopedia Seller, pilih menu Produk lalu klik Tambah Produk.

article

2. Sebelum ke fitur Varian, upload gambar utama produk kamu dari berbagai sisi seperti dari depan, samping, atas, dan detail produk untuk memudahkan calon pembeli melihat gambar produkmu. Gambar utama adalah foto produk yang akan muncul pertama kali saat pembeli melihat produkmu di halaman pencarian.

article

3. Masukkan nama produk dengan menggunakan rumus penamaan produk: Jenis/Kategori Produk + Merek Produk + Keterangan. Selanjutnya, pilih kategori produk yang tepat pada bagian rekomendasi kategori. Pastikan produkmu berada pada kategori yang tepat ya, jika tidak maka produkmu tidak berpotensi untuk tampil di halaman pencarian pembeli. Setelah itu, tambah Spesifikasi dan pilih Etalase.

4. Masukkan deskripsi produk sesuai dengan kondisi produk. Kamu juga dapat menambahkan link video produk yang bersumber dari YouTube. Setelah selesai, klik Simpan.

article

Nah, sekarang kita masuk ke fitur Varian…

5. Pada bagian Varian Produk, klik Tambah.

article

6. Pilih Varian Produk berdasarkan tipe produkmu, misalnya warna dan ukuran.

7. Kini upload foto varian jadi lebih praktis, cuma perlu di Tipe 1 Varian. Tekan tombol di bawah Tipe Varian 1 hingga berubah menjadi hijau untuk meng-upload foto varianmu. Jika kamu sudah upload foto yang sama seperti gambar utama, jangan khawatir! Foto tersebut tetap bisa kamu gunakan sebagai foto varian.

article

8. Upload foto untuk varian warna (Tipe Varian 1) di tempat yang sudah disediakan. Foto varianmu akan secara otomatis muncul sesuai urutan varian warna yang kamu pilih serta muncul di tabel varian.

article

9. Isi detail produk pada tabel Varian. Masukkan harga, stok, dan status produk pada masing-masing varian produk. Pada kolom Status kamu dapat memilih salah satu produk untuk dijadikan produk utama.

article

10. Lanjutkan mengisi informasi mengenai produk seperti harga produk, stok produk, aktifkan status produk, hingga detail pengiriman seperti berat produk, asuransi pengiriman, dan pilihan kurir pengiriman yang ingin kamu gunakan untuk produk tersebut, lalu klik Simpan.

article

Selesai, deh! Mudah, kan? Selain melalui desktop, kamu juga bisa menambah produk dengan varian melalui aplikasi Tokopedia Seller, lho. Ayo, manfaatkan fitur varian untuk memudahkan proses penjualanmu!

Baca juga: Cara Tambah Produk dengan Varian dari Aplikasi Tokopedia Seller (Khusus Android)

Apakah informasi ini membantu?

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual