Bikin Surat Jalan TokoCabang Sekaligus Buat Banyak Barang? Gampang!

Yuk buat surat jalan sebelum kirim barang!

Seller, layaknya berkendara tanpa SIM, mengirim barang jualan ke TokoCabang tanpa Surat Jalan juga dianggap tidak sah. Ketika mengirim produkmu ke TokoCabang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi Surat Jalan.

Nah, agar proses pengiriman barang lebih mudah dan cepat, kini hadir Fitur Surat Jalan yang dapat kamu gunakan di halaman TokoCabang. Pelajari selengkapnya untuk tahu lebih lengkap tentang Surat Jalan ya.

Apa itu Fitur Surat Jalan?

Fitur Surat Jalan atau lebih dikenal sebagai ASN, dibuat khusus agar memudahkanmu dalam proses pengiriman barang. Terdapat dua cara membuat Surat Jalan, yaitu buat satuan Surat Jalan dan buat sekaligus Surat Jalan. Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan surat jalan, pelajari lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: Cara Mudah Kirim Barang Jualan ke TokoCabang Tokopedia

Panduan Pengisian Surat Jalan

1. Masuk ke Halaman Tokopedia Seller melalui desktop, lalu klik Produk. Pilih Surat Jalan, kemudian pilih Buat Surat Jalan.

2. Pilih semua produk yang akan kamu kirimkan ke TokoCabang, kemudian klik Simpan. Kamu dapat melihat jumlah stok saat ini yang ada di gudang serta statusnya sebagai referensi di bagian kanan nama produk. 

3. Pilih waktu paket akan tiba, tujuan pengiriman dan atur alokasi produkmu di TokoCabang.

Baca juga: Cara atur alokasi stok untuk Seller TokoCabang

Catatan:

  • Masukkan waktu minimal 2 hari kerja setelah pembuatan Surat untuk waktu paket sampai di tujuan
  • Pilih gudang terdekat untuk menjadi tempat pengiriman barang yang sebelumnya sudah dialokasikan oleh tim TokoCabang.
  • Pilihlah gudang tujuan akhir menyimpan barangmu, kamu bisa memilih lebih dari satu gudang dan pastikan hanya memilih satu gudang di Jakarta yang sebelumnya telah dialokasikan oleh tim TokoCabang. 

4. Masukkan jumlah produk dari masing-masing gudang. Masukan barcode jika produkmu sudah memiliki barcode bawaan pabrik. Jika produkmu belum memiliki barcode bawaan pabrik, maka klik Buatkan Barcode agar sistem membuatkan barcode untuk produkmu dan menjadi identifikasi pada produkmu agar tidak tertukar di gudang, jadi pastikan untuk menempelkan identifikasi pada produkmu di tiap-tiap satuan unit jual. 

5. Tulis keterangan tambahan seperti total jumlah paketmu dan catatan tambahan lainnya Lalu klik Buat ASN. 

Total jumlah paket wajib diisi untuk memastikan jumlah kardus/koli pada saat penerimaan sudah sesuai. Pastikan kardus/koli untuk masing-masing tujuan dipisah dan diberi keterangan sesuai masing-masing kota tujuan, bisa dengan menggunakan identifikasi atau dengan menempelkan Surat Jalan pada kardus/koli.

Selesai deh! Nggak cuma itu aja, kamu juga bisa membuat surat jalan sekaligus banyak dengan fitur Buat Sekaligus lho. Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini.

Panduan penggunaan fitur Buat Sekaligus pada Surat Jalan

1. Masuk pada halaman Surat Jalan dan Pilih ‘Buat Sekaligus’.

2. Pilih ‘Download File’ untuk mendownload Template File yang akan di upload berikutnya. Ketika sudah berhasil mendownload file, buka file dan isi file tersebut. 

Ketentuan mengisi file Buat Sekaligus:

  1. Isi jumlah stock yang akan dikirim ke gudang tujuan pada masing-masing produk.
  2. Jika tidak ingin mengirimkan item tertentu, biarkan jumlah stok 0 (tidak perlu diisi).
  3. Tidak perlu mengubah kolom Product ID, Product Name, dan Product URL karena kolom tersebut sudah dicocokan dengan sistem Tokopedia.
  4. Manufacturer Barcode bersifat optional (tidak wajib). Manufacturer barcode harus diisi apabila product yang dijual memiliki barcode bawaan dari pabrik. Hal ini berguna sebagai identifikasi produk saat inbound di gudang agar proses inbound lebih efisien. Jika produk tidak memiliki barcode bawaan dari pabrik, silahkan dikosongkan dan kami akan  men-generate QR Code untuk masing-masing item. Hasil QR Code harus ditempel di masing-masing item. Sebagai contoh apabila 1 item terdapat ada 10pcs, maka QR Code harus ditempel pada 10pcs tersebut.
  5. Simpan file dan file siap untuk di upload.

3. Untuk mengupload file, seller perlu untuk memilih Gudang Tujuan Pengiriman dan Estimasi Tiba (pastikan H+2 dari tanggal Surat Jalan di upload).

4. Pilih file dengan cara pilih ‘Pilih File’, setelah file terupload maka klik ‘Upload’.

 

5. Apabila file telah berhasil terupload, maka akan muncul notifikasi di atas.

  1. Apabila upload gagal, maka kamu akan mendapat pop up seperti ini beserta kesalahan penginputan, silahkan Download File Excel untuk melakukan revisi dan melakukan upload ulang.

Surat jalan-mu sudah selesai dibuat. Tim gudang akan memeriksa produkmu dan update status Surat Jalanmu. Apabila Surat Jalan telah disetujui, maka status pada Daftar Surat Jalan-mu akan berubah menjadi Disetujui. Apabila Surat Jalan tidak disetujui, status Surat Jalanmu akan berubah menjadi Ditolak dan kamu akan menerima notifikasi berupa email. Kamu juga bisa melihat rincian produk yang ditolak di Daftar Surat Jalan. Jika Surat Jalan mu ditolak, klik Buat Lagi dan pastikan bahwa produkmu bukan produk yang dilarang di gudang TokoCabang ya!

Setelah status Surat Jalan Disetujui, maka kamu bisa mengirimkannya ke Whatsapp Group dan mencetaknya untuk masing-masing kota tujuan dan dibawa pada saat melakukan pengiriman barang ke gudang.

Cara mencetak surat jalan:

  • Klik Cetak pada Surat Jalan yang ingin kamu cetak.
  • Buka tab kedua yang bernama ASN-NAMATOKOMU/TANGGAL/KotaTujuan/Nomor.
  • Saat print halaman, atur ukuran kertas menjadi A4 dan layout kertas menjadi Landscape.
  • Cetak Surat Jalan.

Cara mencetak label QR code: 

Jika paketmu sudah memiliki barcode bawaan dari pabrik, maka kamu tidak perlu mencetak label QR code.

  • Buka tab QR Label.
  • Siapkan sticker self adhesive label tipe 108 (ukuran 18 x 38mm). Bisa menggunakan stiker Tom & Jerry ataupun merk lainnya.
  • Saat print halaman, atur ukuran kertas menjadi A4; layout kertas menjadi Portrait; dan margin (kanan, kiri, atas, header) menjadi 0.
  • Tempelkan stiker yang sudah dicetak pada setiap satuan jual barang yang akan dikirim ke gudang.
  • Setelah semua ditempel, paketmu sudah siap untuk dikirim ke gudang tujuan.
  • Sertakan ASN/Surat Jalan di dalam paket yang akan dikirim ke gudang!

Nah, itulah langkah mudah untuk membuat Surat Jalan saat kamu ingin mengirim barang ya. Kamu bisa memilih untuk menggunakan Surat Jalan satuan atau langsung sekaligus banyak. Cobain sekarang di sini ya, Seller!

CEK SEKARANG!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller