Atur Strategi Berjualan dengan Data Lengkap Pakai Fitur Statistik!

Hai Seller, Tokopedia telah memperbarui fitur Statistik toko menjadi lebih lengkap dengan menyediakan data performa penjualan toko serta didukung oleh fitur-fitur canggih yang memudahkan Seller dalam penjualan online di Tokopedia. Hanya satu halaman saja, kamu sudah bisa melihat semua data penting yang kamu butuhkan untuk meningkatkan penjualan. 

Kabar baiknya, fitur Statistik versi terbaru juga sudah tersedia di aplikasi Tokopedia Seller lho. Jadi,kamu bisa pantau data-data penting di mana aja dan kapan aja.

Baca juga: Praktis Kelola Bisnis Pakai Aplikasi Tokopedia Seller (Khusus Android)

Berikut data penting untuk mendukung penjualan Seller: 

  1. Ringkasan statistik, berisi rekapan data pendapatan bersih, produk dilihat, konversi, dan pesanan 
  2. Pendapatan Bersih serta produk dilihat dan konversi yang memberikan data detail beserta trend performa 
  3. Perbandingan antara Pendapatan Bersih dan Pengeluaran tokomu
  4. Performa pesanan memberikan informasi data terkait tren pesanan dan tipe pembatalan yang terjadi 
  5. Profil pembeli, dilengkapi dengan detail informasi seperti jenis kelamin, tipe, usia hingga kota asal pembeli

Apa yang baru dari fitur Statistik di Aplikasi Tokopedia Seller?

Tampilan statistik toko di aplikasi Tokopedia Seller sudah selengkap tampilan desktop lho! Tampilan ini bisa dinikmati jika kamu sudah update aplikasi Tokopedia Seller ke Versi 2.20.1. 

Nah, pada aplikasi Tokopedia Seller ini, Seller juga dapat melihat data trend terbaru atau “Real time” tiap jamnya di statistik toko ketika kamu memilih filter “hari ini – real time”. Ini berlaku untuk Pendapatan Bersih baru dan Trend Pesanan lho.

Tampilan fitur Statistik pada halaman Desktop

Tampilan fitur Statistik pada Aplikasi Tokopedia Seller

Nah, kalau kamu mau memantau data-data penjualan dengan menggunakan desktop, pelajari langkah-langkahnya di bawah ini ya.

Cara akses Fitur Statistik melalui desktop

1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller, kemudian klik Statistik dan pilih Wawasan Toko

2. Atur rentang waktu performa toko yang ingin kamu lihat kemudian klik terapkan. Selain itu, kamu juga bisa download laporan dengan mudah dan menuliskan saran di kolom ‘Saran’.

1. Pantau Ringkasan Statistik 

Ringkasan statistik menyediakan ringkasan data seperti pendapatan bersih, produk dilihat, konversi dan pesanan.

2. Pantau Pendapatan bersih serta produk dilihat dan konversi

Diberikan data trendline untuk memudahkan seller dalam memantau grafik perkembangan per hari. Selain itu, dilengkapi juga dengan overall persentase perkembangan (penaikan/penurunan) dibandingkan dengan jumlah pendapatan bersih pada 7 hari lalu. 


Data produk dilihat serta konversi produk dapat membantu seller mengetahui daya tarik pembeli terhadap produk jualan per hari nya sehingga dengan demikian dapat membantu seller mengatur strategi jualan seperti memberikan promo eksklusif.

Seller juga dapat menganalisa dengan detail untuk masing-masing produk seperti informasi nama produk, kategori, etalase dan perubahan data perubahan produk dilihat.

3. Pantau perbandingan Pendapatan Bersih dan Estimasi Pengeluaran

Bagian ini merupakan data terbaru yang diberikan Statistik Toko untuk semua Seller Tokopedia agar kamu dapat melihat estimasi pengeluaran tokomu dalam kurun waktu yang ditentukan. Detail pengeluaran toko terdiri dari potongan biaya dari fitur-fitur yang kamu gunakan seperti Bebas Ongkir, Power Merchant atau Official Store, Broadcast Chat, dan lainnya. Dari jumlah pengeluaran ini bisa kamu bandingkan dengan total pendapatan bersih yang kamu miliki selama kurun waktu yang sama.

4. Pantau performa pesanan

Pada bagian ini kamu dapat melihat berapa total pesanan yang masuk dan pesanan yang dibatalkan. Kamu juga bisa melihat rata-rata transaksi dan jumlah barang yang terjual selama rentang waktu tersebut.

 

5. Ketahui profil pembeli 

Pada bagian ini, kamu dapat menganalisa siapa pembelimu dengan informasi lengkap seperti jenis kelamin, tipe pembeli, usia pembeli hingga kota asal pembeli, sehingga kamu dapat membuat strategi promosi atau launching produk terbaru  berdasarkan sasaran pembeli yang tepat.

Nah, itulah kehebatan halaman Wawasan Toko yang memudahkanmu melihat statistik data dan menganalisa performa tokomu. Namun, pada versi terbaru ini, kamu tidak dapat mengunduh laporan penjualan. Jika kamu ingin mengunduh laporan, kamu harus mengubah tampilan halaman Statistik menjadi tampilan versi lama dengan klik “Pakai Versi Lama”.

Cukup mudah kan Seller?

CEK FITUR STATISTIK

 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller