Kini Anda Bisa Memaksimalkan Toko Dengan Performa Toko

Performa toko adalah salah satu fitur baru yang dikeluarkan Tokopedia untuk mengukur kinerja toko Anda selama 30 hari terakhir. Mulai 27 Maret 2017, Performa Toko menjadi penentu apakah pengguna Power Merchant bisa mendapat Power Badge atau tidak. Berikut adalah tips dan trik untuk meningkatkan nilai Performa Toko.

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Nilai Performa Toko

Tingkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan merupakan tujuan dari semua bisnis. Peningkatan penjualan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan lebih sering promosi. Beberapa fitur Tokopedia yang bisa Anda gunakan untuk promosi adalah:

  • TopAds
  • Promosi Per Jam
  • Post di sosial media

Selain promosi, Anda juga dapat menambah varian produk, terutama produk-produk pelengkap. Contoh, jika toko Anda berjualan handphone, sebaiknya Anda juga menjual casing dan pelindung screen karena pembeli yang sama kemungkinan akan membeli produk-produk tersebut di toko Anda juga.

Jaga Kualitas Produk dan Akurasi Gambar

Produk merupakan bagian penting dari toko. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa produk Anda sesuai dengan ekspektasi pembeli. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kualitas produk dan gambar Anda.

  • Mengecek kualitas produk jualan anda secara rutin
  • Mendengarkan komplain pembeli
  • Menggunakan foto produk asli
  • Menggunakan fitur video produk

Lakukan Prediksi Penjualan

Melalui fitur Statistik, Anda dapat mengetahui penjualan pada bulan bahkan tahun sebelumnya. Gunakanlah data tersebut untuk memprediksi penjualan Anda ke depannya. Jangan lupa untuk menyediakan stok cadangan. Contoh, rata-rata tiap bulannya Anda menjual 20 buah produk A, berarti Anda harus menyiapkan 20 buah produk A beserta dengan stok cadangan produk A. Dengan demikian, Anda tidak akan kekurangan stok barang.

Maksimalkan Respon Toko

Memaksimalkan respon toko dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai fitur dan aplikasi Tokopedia.

  1. Download aplikasi Tokopedia di gadget Anda.
  2. Gunakan fitur tutup toko ketika Anda sedang berlibur atau tidak aktif bekerja.
  3. Mencari bantuan orang lain untuk mengelola toko Anda dengan menggunakan fitur Admin.

Mengurangi Komplain

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi komplain adalah dengan mengambil foto produk sendiri (tidak mengambil foto orang lain), memberikan deskripsi produk secara spesifik, dan melakukan pengecekan terakhir sebelum mengirim produk kepada pembeli.