Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. TopBot
  2. Panduan Balas Pesan di Kolom Diskusi Tanpa Ribet

Panduan Balas Pesan di Kolom Diskusi Tanpa Ribet

Fitur diskusi memungkinkan kamu untuk aktif komunikasi dengan calon pembeli sekaligus menjadi wadah untuk direct marketing!

Diperbarui 21 Sep • Baca 2 menit

Hai, butuh membalas semua pertanyaan pembeli dengan cepat dan mudah membedakan mana pesan Diskusi yang perlu direspon/dibalas? Semua bisa dilakukan lewat fiur Diskusi. 

Pada fitur ini, pembeli bisa menulis pertanyaan yang akan ditampilkan di publik dan dapat dilihat dan dibalas oleh pembeli lainnya. Sebagai admin, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk dijadikan sarana komunikasi dengan potensial pembeli untuk promosi secara tidak langsung. Simak beberapa keuntungan yang bisa didapatkan lewat fitur Diskusi!

Fitur Diskusi memudahkan komunikasi dengan pembeli potensial

Dengan fitur Diskusi, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut:

1. Memantau pesan Diskusi bisa melalui halaman utama Tokopedia Seller

Kamu bisa langsung pantau berapa pesan diskusi yang butuh untuk direspon pada halaman utama Tokopedia Seller-mu pada bagian ‘Penting Hari Ini’. Klik ‘Diskusi’ untuk langsung mengatur dan memantaunya ya.

2. Tidak ada lagi pesan Diskusi yang terlewat untuk dibalas

Dengan fitur Diskusi versi terbaru, kamu dapat lebih mudah membedakan pesan diskusi yang perlu dibalas pada bagian pesan yang berwarna hijau pada pesan yang perlu kamu balas. Selain itu, terdapat filter baru bernama “Belum Direspon” sehingga kamu tidak perlu khawatir lupa dalam membalas pesan diskusi. Pesan balasan di Diskusi ini juga akan tampil di halaman produkmu lho, jadi pastikan kamu menjawab pertanyaan dengan profesional, ya.

article

Nah, sekarang, kita bahas masing-masing fungsi filter yuk!

  1. Belum Direspon: Kamu dapat menyaring pesan diskusi yang butuh direspon dengan filter ini
  2. Bermasalah: Kamu dapat memantau konten diskusi yang pernah kamu laporkan ataupun konten diskusi yang dideteksi oleh sistem Tokopedia sebagai konten SPAM/SARA.
  3. Dibalas Otomatis: Kamu dapat memantau jawaban otomatis yang diberikan oleh bot Tokopedia pada pertanyaan terkait stok produk.

Baca juga: Aktifkan Fitur Balasan Otomatis!

3. Bisa membalas pesan Diskusi lebih cepat dan efektif

Saat membalas pesan, kamu dapat menggunakan template balasan otomatis dan melampirkan produkmu sehingga kegiatan membalas pesan bisa jauh lebih cepat. Nggak hanya itu, Tokopedia juga akan menampilkan jumlah stok dari produk yang sedang ditanyakan oleh pembeli. Apabila stok kosong, kamu bisa langsung memperbarui stok produk dengan klik ‘Edit Produk’.

article

4. Bisa mengelola dan memantau pesan yang dilaporkan

Sistem Tokopedia membantumu mengelola pesan yang dianggap SPAM, SARA, atau berisiko yang masuk ke halaman diskusi produkmu. Kamu bisa bantu validasi pesan tersebut dengan klik ‘Sembunyikan’ pada pesan yang dideteksi bermasalah tersebut.

article

5. Dilengkapi dengan fitur Smart Reply untuk menjawab pertanyaan berulang

Kamu dapat membuat pesan template balasan dengan fitur Smart Reply untuk pesan di kolom Diskusi. Kamu juga dapat membedakan pesan yang dibalas oleh fitur Smart Reply di daftar Pesan Masuk.

article

Setelah melihat keuntungan dengan versi terbarunya, yuk balas pesan diskusi di tokomu! Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah membalas pesan Diskusi melalui Desktop

1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller. Klik ‘Diskusi’ pada halaman Utama

article

2. Terdapat 3 jenis pesan Diskusi yaitu Belum Direspon, Bermasalah, dan Dibalas Otomatis. Untuk membalas pesan yang belum direspon, klik ‘Belum Direspon’

article

3. Tulis pesan balasan pada kolom ’Balas Diskusi’. Klik ‘Lampirkan Produk’ apabila diperlukan. Kamu juga bisa membalas dengan Template Diskusi yang sudah kamu buat sebelumnya. Setelah selesai, klik ‘Kirim’

article

article

Nah, itulah cara mengelola dan membalas pesan Diskusi dengan mudah dan efektif. Jangan lupa untuk rutin cek pesan diskusi yang masuk ya! Dengan begitu, kamu bisa melakukan direct marketing ke calon pembeli yang tertarik dengan produkmu!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Tanggapi Pembeli Lebih Cepat & Praktis dengan Fitur Balasan Otomatis

TopBotDiperbarui 22 SepBaca 2 menit
top description

Panduan Balas Pesan di Kolom Diskusi Tanpa Ribet

TopBotDiperbarui 21 SepBaca 2 menit
top description

Kirim Pesan ke Produk yang Belum Diulas dengan Pengingat Ulasan

TopBotDiperbarui 09 AprBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual