Baru! Fitur Cari Driver Baru dan Ubah Kurir Otomatis

“Aduh barangnya kok belum di pick-up kurir ya padahal udah dari tadi nungguin?”
“Driver A tidak kunjung datang dan ini sudah melewati batas waktu yang ditentukan pihak kurir, gimana dong?”
“Kenapa saya selalu bermasalah untuk urusan pick-up dengan kurir Instan, ya? Repot deh!”

Sering punya masalah seperti ini, Seller?

Tenang saja, Tokopedia punya kabar baik buat kamu! Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah-masalah yang terjadi saat melakukan pengiriman menggunakan kurir GoSend atau Grab Express seperti contoh di atas. Karena Tokopedia meluncurkan dua fitur baru yang bisa menyelesaikan masalahmu, yaitu Cari Driver Baru dan Ubah Kurir Otomatis. Penasaran? Ayo cari tahu tentang keduanya!

Cari Driver Baru

Mantap nih! Fitur ini memberi kemudahan buat Seller untuk melakukan pencarian driver baru jika driver yang sudah ditugaskan tidak kunjung melakukan pick-up. Kamu tidak perlu lagi repot-repot menghubungi Customer Service Tokopedia.

Cara menggunakannya mudah! Simak penjelasan berikut:

  • Seller dapat menggunakan fitur Cari Driver Baru untuk melakukan pencarian ulang driver di bagian ‘Penjualan’.
  • Selanjutnya pada bagian ‘Pemesanan’, klik ‘Dalam Pengiriman’, lalu klik ‘Lacak’.
  • Tombol pencarian driver baru akan muncul setelah 1 jam (Instant) dan 3 jam (Same Day) sejak Seller pertama kali melakukan Request Pick Up.
  • Fitur Cari Driver Baru ini hanya bisa dilakukan di Desktop.

 

*Catatan: Timer akan muncul sejak Seller melakukan request pick up.

*Catatan: Setelah waktu pick up yang ditentukan habis, Seller bisa menekan tombol Cari Driver Baru.

Sebagai Simulasi : 

Seller Try Sugiharto melakukan request pick up layanan Instant pada pukul 11:05. Pada pukul 11:10, Seller sudah mendapat driver dan sedang menuju ke lokasi Seller. Apabila pukul 12:05 lewat driver tidak kunjung datang, tombol Cari Driver Baru akan muncul. Seller dapat menekan tombol tersebut untuk mengganti driver baru secara otomatis.

Ubah Kurir Otomatis

Request pick-up kamu sering dibatalkan oleh kurir? Fitur Ubah Kurir Otomatis ini adalah jawabannya. Fitur ini dapat melihat secara efisien batas waktu pick-up yang telah disepakati oleh partner logistik. Jika melebihi batas waktu tersebut, Tokopedia akan melakukan pengalihan order ke partner logistik lain dengan layanan yang sama, tanpa dikenakan biaya tambahan yang dibebankan kepada Seller ataupun Buyer.

Cara menggunakannya mudah! Simak penjelasan berikut:

  • Seller melakukan penerimaan order dan pengemasan sesuai mekanisme kurir Go-Send dan Grab Express.
  • Seller melakukan request pick-up untuk kurir yang dipilih.
  • Apabila kurir tidak kunjung melakukan pick-up atau melakukan pembatalan hingga 2 kali, transaksi ini akan dialihkan kepada kurir pengiriman Instan lainnya.
  • Seller akan mendapatkan notifikasi terkait Ubah Kurir Otomatis atau bisa dialihkan ke kurir lainnya.
  • Apabila berhasil melakukan Ubah Kurir Otomatis, baik Seller atau pembeli akan mendapatkan notifikasi dan nomor resi yang baru. Order atas kurir yang sebelumnya akan dibatalkan secara otomatis.
  • Fitur ini bisa digunakan di App atau Desktop.

Sebagai Simulasi :

Seller Try Sugiharto melakukan request pick up layanan Instant pada pukul 11:05. Pada pukul 11:10, Seller sudah mendapat driver dan sedang menuju ke lokasi Seller. Namun, pada 11:30 driver membatalkan pesanan sehingga dilakukan pencarian driver baru.

Pukul 12:10 driver baru sudah ditemukan dan sedang menuju ke lokasi Seller lagi. Sayangnya, driver juga melakukan pembatalan sehingga penjemputan melewati batas waktu 1,5 jam terhitung sejak pertama kali Seller melakukan request pick-up. Jika hal itu terjadi, pesanan untuk kurir logistik sebelumnya akan dibatalkan dan otomatis dialihkan ke kurir logistik lain dengan nomor resi baru.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Fitur ini hanya berlaku untuk Seller yang melakukan aktivasi kurir pengiriman Go-Send dan Grab Express untuk layanan Instant dan Same Day.
  2. Batas waktu pick-up untuk bisa melakukan Ubah Kurir Otomatis sesuai ketentuan yang ditetapkan, yaitu 1,5 jam (Instant) dan 3 jam (Same Day) terhitung sejak Seller pertama kali melakukan Request pick Up.
  3. Satu order hanya dapat melakukan Ubah Kurir Otomatis sebanyak 1x di dalam 1 invoice.
  4. Fitur ini tidak berlaku untuk:
    Layanan Instant
    a) Jarak pengiriman melebihi 30 km
    b) Berat pengiriman melebihi 10 kg
    Layanan Same Day
    a)Jarak pengiriman melebihi 30 km
    b)Berat pengiriman melebihi 5 kg
  5. Tidak ada biaya tanggungan yang dikenakan kepada Seller.

Perbedaan antara fitur Cari Driver Baru dan Ubah Kurir Otomatis

Sebagai Simulasi :

Seller Try Sugiharto melakukan request pick up atas order dengan kurir Go-Send pukul 11:05 dengan menggunakan layanan Instant. Apabila pada pukul 12:35 driver tidak kunjung datang atau masih dalam pencarian driver, order akan mengalami Ubah Kurir Otomatis menjadi kurir Grab Express.

*Catatan:

  • Fitur Pencarian Driver Baru tetap akan muncul ketika fitur Ubah Kurir Otomatis berjalan atas suatu order.
  • Fitur Pencarian Driver Baru akan muncul 1 jam (Instant) dan 3 jam (Same Day) setelah Driver sudah didapatkan dan menuju lokasi tujuan.
  • Tombol Pencarian Driver Baru akan muncul untuk setiap 1 jam dan 3 jam sesuai tipe layanan dan sesuai cut off pick up yang ditentukan oleh masing-masing kurir logistik.

Bagaimana pendapatmu dengan adanya dua fitur baru ini? Semakin memudahkan Seller, bukan? Ayo segera aktifkan layanan kurir pengiriman Grab Express dan Go-Send karena sekarang proses pengiriman menjadi lebih mudah!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller